Sunday, August 27, 2017

5 Lightnovel dan webnovel genre isekai yang wajib dibaca

Webnovel maupun lightnovel dari jepang sangatlah banyak, tentunya karena memang novel ringan sangat laris disana. Khususnya dikalangan para remaja usia sekolah, selain banyak seri dan judulnya. Genre novel yang akhir-akhir ini sedang booming adalah genre novel isekai (dunia parallel / different world). Novel isekai pada umumnya mengangkat tema dunia sword and magic atau dunia pedang dan sihir. Dimana banyak mahkluk buas, demon dan sihir berkeliaran di dunia tersebut, tapi tidak jarang banyak tema novel isekai lainnya yang bahkan dibuatkan animenya, seperti bertema mecha, militer, dan sci-fi.

Seperti halnya pada anime youjo senki yang mengangkat tema militer, perang dengan senjata modern dan sihir. Nah berikut berbagai judul webnovel dan lightnovel isekai yang wajib dibaca, karena ceritanya sangatlah unik dan menarik, dengan plot cerita yang unik. Tidak mesti mencari miso, nasi dan kecap, menjadi adventurer, mencari harem dan mengalahkan demon king.

5 Lightnovel dan webnovel genre isekai yang wajib dibaca

1. Overlord

Novel karya “maruyama kugane” ini menceritakan tentang seorang pemain game dmmorpg yang bernama suzuki satoru. Ia tetap bermain game ‘yggdrasil’ walaupun game akan dihentikan dan dibubarkan. Semua teman sepermainan dan seguild sudah banyak yang pensiun dan berhenti bermain game. Hingga detik-detik akhir ia menunggu penutupan game, namun tak disangka ia masih berada di dalam game. Ia pun kebingungan karena tidak dapat logout dan terjebak didalam game dengan akun elder lichnya (tengkorak), ia mencoba mengontak game master namun tidak berhasil. Dari sinilah awal petualangan momonga atau ainz, anggota terakhir dari guild ainz owl gown. Bersama para npc yang telah dibuat dan dikumpulkan teman-temanya dahulu, ia mencoba mencari tahu tentang dunia baru yang ada dihadapannya. Dan perlahan menguasainya.

2. Kono subarashii sekai ni shukufuku o! / konosuba

Konosuba adalah sebuah novel komedi karya “akatsuki natsume”. Satou kazuma seorang siswa hikikomori yang suka bermain game dan menghabiskan waktunya didalam kamar. Suatu ketika saat setelah membeli sebuah game baru, kazuma melihat seorang gadis yang menyebrang jalan. Karena terlalu lama begadang, kazuma mengira gadis tersebut akan ditabark truk padahal Cuma traktor pembajak sawah, seketika ia pun mendorong gadis tersebut. Lalu kazuma pun pingsan dan meninggal, ia bertemu dewi aqua yang menawarkannya untuk pergi ke dunia isekai. Pada akhirnya ia menyetujuinya, dan membawa dewi yang agak oon tersebut bersamanya. Dari sanalah petualangan kazuma yang ngenes dan penuh komedi dimulai.

3. The death mage who doesn’t want a fourth time

Webnovel karya “Densuke” ini menceritakan tentang seorang anak yang bernama amamiya hiroto, yang mengalami kesialan demi kesialan dalam hidupnya. Saat sedang study tour dan menaiki kapal laut, ia dan semua teman-teman sekelasnya mengalami musibah. Ia pun mati saat akan menyelamatkan salah satu teman sekelasnya. Setelah meninggal, amamiya hiroto bertemu dengan dewa yang mengatur tentang reinkarnasi “rodcorte”, dari ke 100 orang murid yang berada di kapal, ternyata ada doplenger dari amamiya hiroto yang ikut masuk kedalam putaran reinkarnasi.



Karena kesalahan dewa tersebut, Amamiya pun tidak mendapatkan cheat saat akan bereinkarnasi, semua cheatnya diberikan kepada orang lain, dan dia harus memulai kehidupan barunya dari minus, bukan dari nol, iapun bereinkarnasi menjadi kelinci percobaan sihir hitam di planet atau dunia yang bernama origin. Sampai akhirnya ia meninggal karena dibunuh oleh teman-temanya sendiri, dan bereinkarnasi di planet lambda, ia menjadi dhampir, mahkluk yang lahir dari ayah vampire dan ibu darkelf, dari sanalah petualangan dan kisahnya dimulai, ia akan menjadi seorang yang hebat pengguna sihir kematian (death attribute). Dan berusaha membalas apa yang diperbuat oleh teman-teman dan para dewa terhadapnya.

4. Evil god average

Novel karya “kitaseno yunaki” menceritakan tentang seorang gadis yang bernama anri, seorang gadis cantik yang memiliki mata yang seram. Suatu ketika ada dewa yang mendatanginya dan mau mengirimnya ke dunia lain, anri pun langsung menolaknya. Setelah berunding akhirnya ia pun setuju jika ingin dikirim ke dunia parallel ia meminta kepada dewa untuk membuat mata, penampilan, kekuatan dan keahliannya yang sedang-sadang saja. Dewa pun mengabulkannya, namun setelah dikirim ke isekai, bukannya standar manusia yang dimaksud, namun standar dari semua mahkluk (termasuk naga, hydra, dll) kemudian dibagi dan diberikan kepada anri, ia pun menjadi sangat kuat. Namun tatapan matnya malah membuat takut kepada siapa saja yang melihatnya, ia pun memutuskan untuk tinggal di dungeon dan menjadi dungeon master disana. Semua item dan benda yang disentuhnya otomatis menjadi cursed item (item terkutuk). Dari sinilah petualangan dan kisah anri yang penuh dengan kelucuan dimulai.

5. Tensei shitara slime datta ken

Novel karya “fuse” ini menceritakan tentang seoarang pekerja yang jones, ia ditusuk perampok ditengah jalan, karena berusaha menyelamatkan teman dan rekan kerjanya dari serangan perampok. Iapun meninggal dan kemudian bereinkarnasi menjadi slime di dunia lain. Dari sinilah petualangannya dimulai, ia memakan berbagai jenis monster untuk mendapatkan berbagai skill dan magic. Hingga akhirnya ia dapat bertransformasi menjadi seperti manusia dan menjadi demon king. Banyak peperangan yang dilaluinya, sehingga menjadikan dia menjadi demon king yang paling terkuat.

Selain ke 5 judul novel diatas sebenarnya masih banyak lagi novel isekai yang menarik seperti.

6. Kumo desu ga, nani ka?
7. Kuma-kuma bear
8. Skeleton knight in another world
9. Summoned slaughterer
10. World teacher other world style education & agent
11. Legend
12. Ore kawazu-san no isekai hourouki
13. Goblin kingdom
14. Lazy dungeon master
15. I said make my abilities average
16. Re zero kara hazimeru isekai seikatsu
17. Dan lain-lainnya

Kamu dapat menemui berbagi webnovel dan lightnovel isekai lainnya di internet, seperti di syosetu, wattpad atau di novelupdates (tempat direktori novel fantasy asia). Tentunya kebanyakan masih raw dan terjemahan bahasa inggris, tetapi yang sudah diterjemahkan kedalam bahasa indonesia juga banyak.

5 Lightnovel dan webnovel genre isekai yang wajib dibaca
4/ 5
Oleh

Leave your comment