Wednesday, August 23, 2017

72 Nama macam jenis buah berry di dunia

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman yang memiliki akhiran nama “berry. Banyak sekali jenis buah berry di dunia ini, sebut saja yang terkenal seperti strawberry, blueberry dan blackberry. Tanaman tersebut diatas banyak dipakai diberbagai produk makanan dan minuman, seperti pada makanan ringan atau snack, selai, permen, susu, berbagai jenis kue, dan makanan dan minuman lainnya. Selain buah berry yang disebut diatas, banyak sekali nama dan jenis buah berry yang ada di dunia ini. Tidak semua buah berry dapat dimakan, ada juga buah berry yang beracun dan berbahaya jika tertelan. Ada juga yang hanya beracun saat buah berry masih mentah, dan dapat dimakan setelah buah matang.

Daftar list nama macam jenis tanaman buah berry di dunia beserta gambar foto dan keteranganya

Buah berry banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan, selain rasanya yang bermacam-macam kandungan gizi dan vitamin didalam buah berry juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Misalnya saja buah goji berry yang bermanfaat untuk kesehatan mata, jantung dan juga untuk kecantikan. Tentunya setiap buah berry memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Selain untuk bahan makanan, nama tanaman berry juga sering digunakan didalam berbagai video game, seperti didalam game pokemon, ada yang namanya oran berry, pecha berry, mint berry, chesto berry, ice berry, burn berry, dan lain-lainnya.

Tanaman berry biasanya memiliki ciri buah yang bulat kecil, atau sekumpulan buah bulat yang berwarna-warni (merah, biru, ungu, hitam, dsb), buahnya sedikit berair jika dimakan, dan memiliki berbagai rasa asam manis yang khas. Selain itu biasanya tanaman berry berbentuk semak terkadang ada juga yang berupa tanaman rambat. Biji buah berry terkadang sangat kecil dan sedikit jumlahnya, jadi untuk menanam beberapa jenis buah berry diperlukan teknik khusus, agar tanaman dapat tumbuh dan berkembang, entah menggunakan biji atau benih maupun dengan metode lainnya seperti stek dan cangkok batang. Tapi yang saya maksud bukanlah tanaman berry secara sains atau botani, namun hanya “namanya saja yang bisa disebut sebagai berry”. karena jika secara sains, pisang dan alpukat juga termasuk kedalam jenis tanaman berry. jadi ada berapa banyak tanaman berry didunia ini ?, tentunya sangat banyak, termasuk di indonesia ada juga buah berry lokal seperti ciplukan atau cecendet. Tapi langsung saja, berikut daftar list nama jenis buah / tanaman berry beserta sedikit karakteristik dan keteranganya, yang mungkin belum pernah anda ketahui.

1. Amla berry

Tanaman berry atau juga gooseberry nya india, berry ini banyak dijumpai di india. Batang tanaman dapat tumbuh dalam ukuran kecil hingga menengah. Rasa buah agak asam dan berserat.

2. Autumnberry

Autumn berry merupakan buah merah kecil, dari tanaman autumn olive (elaegnus umbellata). Memiliki bunga yang harum berbentuk seperti gading, dan memiliki daun yang berwarna hijau keperakan. Buah matang pada saat musim gugur, dan memiliki rasa buah yang manis dan mengandung banyak antioksidan.

3. Baneberry

Buah berry kecil berwarna merah atau putih, dan beracun.

4. Barberry

Tanaman perdu yang biasanya digunakan untuk tanaman pagar, buahnya merah kecil dan disukai burung. Rasa buah terlalu asam, maka dari tu perlu ditambahkan gula untuk menikmatinya.

5. Bearberry

Buah yang biasanya ditemukan di derah arktik dan subartik (bumi belahan utara), buah berwarna merah. Dan dari namanya sudah jelas buah ini disukai beruang. Selain buahnya yang dapat dimakan, Daun tanaman ini dapat digunakan untuk mengobati rematik, asam urat, sakit punggung, sakit kepala dan batu ginjal.

6. Beautyberry

Tanaman semak yang banyak ditemui diasia timur dan juga asia tenggara. Merupakan tanman tropis, memiliki buah yang berwarna merah sampai ungu.

7. Bilberry

Mirip dengan blueberry, tumbuh liar disekitaran daerah eropa utara. Buah mudah rusak, jadi sangat sulit untuk diperdagangkan, biasanya buah dijadikan selai atau juga langsung dapat dimakan.

8. Bittersweet berry

Buah berry yang berwarna oranye terang ini tumbuh liar disekitaran kebun anggur didaerah inggris, buah sangat pahit dan beracun.

9. Blackberry

Sudah pasti banyak yang tahu dengan tanaman ini, buah nya yang hitam dan enak jika dimakan. Dan juga menjadi salah satu brand atau merk smartphone yang pernah booming di indonesia, pada beberapa tahun yang lalu.

10. Blueberry

Blueberry buahnya berasa asam manis, sangat segar dan enak untuk dimakan. Biasanya digunakan didalam berbagai produk makanan. Pasti sudah banyak yang tahu dengan buah berry yang satu ini jadi tidak perlu dijelaskan.

11. Blue lilly pilly berry

Seperti biasa tanaman berry ini tumbuh dalam bentuk tanaman semak, hidup didaerah tropis dan subtropis, dengan bunga berwarna putih, dengan buah yang berwarna pink sampai keungguan, biasanya digunakan untuk membuat selai. Dimakan langsung juga bisa, asalkan buah sudah matang.



12. Boysenberry

Seorang ahli botani mengembangkan boysenberry pada tahun 1920an, dengan mengabungkan raspberry, blackberry dan juga logan berry. walterr knott, menanam berry ini di lahan pertaniannya. Dan sejak saat itulah berry ini menjadi terkenal dan mendunia.

13. Brazillian berry

Nama lain dari tanaman berry yang tumbuh di brazil, kurang info dengan berry yang satu ini.

14. Buffalo berry

Buffalo berry tumbuh liar di seluruh padang savana, buahnya berwarna merah besar dan dapat dinikmati oleh manusia maupun binatang. Dapat dimakan langsung, atau juga dapat dimakan setelah diolah, misalnya dikeringkan atau dipanggang.

15. Bunchberry

Buah berry ini berasal dari daerah amerika utara, rasanya agak tidak enak, jadi hanya untuk makanan burung saja.

16. Cape gooseberry

Cape gooseberry diindonesia biasa disebut dengan nama ciplukan, cecendet dan sebagainya. Biasa tumbuh liar di pekarangan, sawah dan kebun. Rasanya agak mirip dengan tomat, tapi lebih manis dan enak.

17. Chokeberry

Biasanya berry ini digunakan untuk tanaman pagar, karena tanaman dapat tahan didalam cuaca kering dan berbagai penyakit. Buahnya biasanya digunakan untuk membuat anggur, dan manisan.

18. Chukleberry

Chukleberry berasal dari peranakan gabungan antara redcurrant, gooseberry dan juga jostaberry. Buahnya bulat, berwarna hitam gelap. Rasanya manis dan berair (juicy). Dapat digunakan untuk es krim, selai, kue dan berbagai makanan lainnya.

19. Cloudberry

Tumbuh di dataran dingin amerika utara, buah berry berwarna kuning dan terasa hambar.

20. Cotoneaster berry

Buah berrynya beracun, berwarna merah atau oranye. Hanya digunakan untuk tanaman hias saja, karena bunganya lumayan indah.

21. Cowberry

Tumbuh liar diseluruh belahan eropa utara dan kanada. Menghasilkan buah berry yang berwarna merah dan berasa asam, hampir mirip dengan cranberry. Biasanya digunakan dalam bentuk makanan olahan.

22. Cran berry

Buah berry ini biasanya digunakan atau dimasak saat festival thanksgiving, rasanya segar dan manis.

23. Crimson berry

Dari namanya saja sudah ketahuan, buah berry ini menghasilkan buah yang berwarna crimson / merah tua.

24. Currant berry

Biasa disebut juga dengan nama kismis, buah kecil bulat dan berwarna merah atau juga keunguan. Berasa asam manis.

25. Dewberry

Berry liar yang tumbuh didaerah pasifik utara, buah berwarna hitam. Berasa agak sedikit pahit. Biasanya digunakan untuk selai dan makanan olahan.

26. Elderberry

Tanaman liar yang sering dijumpai di kebun, bukit dan pegunungan. Batang berbentuk semak, dengan buah bulat kecil berwarna hitam, bergerombol dalam satu tangkai.


27. Farkleberry

Berry yang mirip dengan blueberry, berasa hambar dan disukai burung dan hewan lainnya.

28. Foxberry

Nama lain dari cowberry atau juga lingon berry.

29. Goji berry

Buah berry yang kaya dengan antioksidan, buah berwarna merah cerah, tanaman berbentuk semak. Dan berasal dari daerah pegunungan china dan himalaya.

30. Gooseberry

Tanaman buah berry ini berduri, buahnya berwarna merah atau putih, berkembang didaerah tanah yang sejuk dan agak lembab. Biasanya digunakan untuk tambahan kue dan manisan.

31. Hair birds eye berry

Kurang info dengan tanaman berry yang satu ini.

32. Hawthorn berry

Hawthorn berry, merupakan tanaman berduri keluarga mawar-mawaran. Dan tumbuh meluas diseluruh dunia. Biasanya digunakan untuk pengobatan, dan dibuat menjadi teh. Tapi jika tidak ahli cukup berbahaya untuk menggunakannya.

33. Holly berry

Buah berry ini beracun, buah bulat berwarna merah. Tanaman berbentuk semak.

34. Honey berry

Tanaman semak keluarga honeysuckle, berbuah lonjong panjang berwarna biru. Agak mirip dengan blueberry.

35. Huckleberry

Tumbuh liar disekitaran daerah pasifik utara, berkembang dalam hutan yang bersuhu dingin dan agak lembab. Mirip dengan blueberry, rasanya asam manis dan segar.

36. Ivy berry

Tanaman berry yang memiliki batang daun tipe rambat, atau juga tanaman rambat. Memiliki buah berwarna ungu sampai kehitaman dan beracun jika dimakan.

37. Juneberry

Tanaman liar didaerah amerika utara, tahan dengan daerah kering, dingin dan tanah yang tidak subur. Rasa buah mirip dengan blueberry.

38. Juniper berry

Buah juniper berry menyerupai blueberry, tapi rasanya tidak enak.

39. Josta berry

Tanaman hasil penggabungan antara blackcurrant dan gooseberry.

40. Lingonberry

Nama lain dari cowberry.

41. Loganberry

Tanaman hasil penggabungan raspberry dengan balckberry.

42. Marion berry

Salah satu jenis dan varietas dari blackberry.

43. Mistletoe berry

Tanaman semak, dengan buah bulat kecil berwarna putih atau merah, bertekstur keras dan beracun.

44. (Black, red, white) Mulberry

Buah mullberry hampir mirip dengan buah murbai, tapi agak sedikit lebih lonjong dan panjang.

45. Nannyberry

Tumbuh liar didaerah bumi belahan utara, biasanya digunakan untuk manisan dan sirup.

46. Olive berry

Nama lain autumn berry.

47. Pineberry

Salah satu jenis strawberry yang berwarna putih. Dikembangkan dieropa, penanamannya dalam skala kecil, karena susah ditanam. Jadi harganya pun mahal.

48. Pyracantha berry

Tanaman berry berduri keluarga mawar-mawaran, dan beracun.

49. Pokeberry

Tanaman berry beracun yang mirip dengan blueberry, namun memiliki buah bulat bergerombol dalam satu tangkai, berwarna biru kehitaman.

50. Porcelain berry

Tanaman rambat yang sangat mengganggu, tanaman ini sangat cepat tumbuhnya dan menjadi hama dan gulma bagi tanaman lainnya. Buah berry beracun, berbentuk bulat kecil berwarna-warni dan berkilauan.

51. Privetberry

Buah berry ini berwarna ungu atau hitam, bulat kecil dan tumbuh dialam liar dalam bentuk tanaman semak. Dan beracun.

52. Raspberry

Buah berry ini berasa manis dan segar, cocok untuk dibuat menjadi selai eskrim dan berbagai makanan lainnya. Bentuk buah hampir mirip dengan strawberry.

53. Rosa rugosa berry

Salah satu jenis tanaman mawar yang berasal dari daerah asia timur (jepang, china, korea). Memiliki batang berbentuk semak, dengan bunga berwarna merah keunguan, pink atau juga merah tua. Dan buah yang menyerupai tomat.

54. Rowanberry

Yang jelas bukan tanamanya mr. bean atau rowan atkinson. Tanaman yang masuk kedalam genus atau marga sorbus ini berwarna oranye, berbentuk bulat dan bergerombol. Buah dapat ditemukan didaerah eropa dan amerika utara.

55. Salmonberry

Tanaman berry asal alaska dan kanada, buah berwarna oranye atau merah mirip dengan raspberry, dapat dimakan langsung atau juga dapat dijadikan manisan.

56. Sarvisberry

Hampir mirip dengan blueberry, buah berwarna merah dan keunguan.

57. Sakaton berry

Ya ini juga mirip dengan blueberry, tanaman semak dengan buah berwarna ungu.

58. Sea berry

Tanaman berry yang memiliki batang pohon yang tinggi dengan buah berwarna kuning bergerombol.

59. Sea Buckhthorn berry

Nama lain dari sea berry.

60. Sloeberry

Kurang info dengan berry yang satu ini.

61. Soapberrry

Buah dari tanaman semak ini berwarna merah, dan berasa agak pahit. Dapat ditemui diwilayah amerika utara.

62. Strawberry

Sudah jelas banyak yang tahu dengan buah yang satu ini, buah nya berwarna merah dengan biji putih yang kecil mengelilingi kulitnya. Rasa buah asam manis, banyak digunakan diberbagai kue dan olahan makanan lainnya.

63. Sugarberry

Tanaman kesukaan berbagai serangga dan burung, buah berwarna oranye atau kuning dan tumbuh diwilayah sekitar amerika selatan.

64. Squash berry

Tanaman berry keluarga honeysuckle dengan buah berwarna oranye atau merah. Dengan daun berwarna hijau kemerahan.

65. Tayberry

Tanaman hasil penggabungan antara loganberry dan juga raspberry, buah berwarna merah dan memiliki rasa yang manis.

66. Thimbleberry

Mirip dengan raspberry tapi mereka tumbuh liar, dan buahnya mudah rusak. Jadi jarang diperjual belikan seperti raspberry.

67. Wineberry

Raspberry liar yang banyak ditemui di daerah inggris, berasa lembut dan asam.

68. Wintergreen berry

Tanaman liar yang tumbuh merambat didaerah kanada dan amerika utara, buah berwarna merah dan berasa asam.

69. Worcester berry

Gooseberry hybrid, buah berwarna merah kehitaman.

70. Yew berry

Buah merah yang ditemukan di tanaman cemara, dan beracun.

71. Young berry

Tanaman silang antara dewberry dan juga blackberry. Diperkenalkan oleh byrnes m. young pada tahun 1905. Sering kali ditanam d daerah australia, selandia baru dan afrika selatan.

72. Acai berry

Buah berry yang tumbuh dari salah satu jenis tanaman palm yang berasal dari hutan amazon di amerika selatan. Buah berwarna ungu kehitaman, berbentuk bulat kecil, bergerombol. Memiliki kandungan berupa asam lemak, protein dan antioksidan yang cukup tinggi.

Tentunya selain yang disebut diatas masih banyak lagi buah berry yang ada di seluruh dunia ini, ada yang dapat dimakan dan banyak juga yang beracun. Untuk info lebih mendetail tentang berry diatas silahkan saja cari sendiri di google :v, terimakasih.

#Referensi

1. https://en.m.wikipedia.org/wiki/Berry
2. https://www.gardeningchannel.com/list-of-types-of-berries/
3. http://www.autumnberryinspired.com/about-autumn-berry
4. http://www.tradewindsfruit.com/content/blue-lilly-pilly.htm
5. http://grownintheuk.co.uk/chucklberry/
6. http://homeguides.sfgate.com/cotoneaster-poisonous-86362.html
7. http://www.livestrong.com/article/126295-benefits-hawthorn-berry-tea/
8. https://en.m.wikipedia.org/wiki/Pineberry
9. https://en.m.wikipedia.org/wiki/Pyracantha
10. https://projects.ncsu.edu/goingnative/howto/mapping/invexse/porcelai.html
11. https://en.m.wikipedia.org/wiki/Rosa_rugosa
12. https://en.m.wikipedia.org/wiki/Rowan
13. https://en.m.wikipedia.org/wiki/Soapberry
14. http://www.darktickle.com/content/11-squashberry

72 Nama macam jenis buah berry di dunia
4/ 5
Oleh

Leave your comment