Sunday, August 13, 2017

Apa itu arti dan pengertian game MOBA ?

Moba kok analog, mungkin kata ini sering terlihat di berbagai status media sosial dan juga komentar di forum-forum. Entah menjadi bahan candaan, bahkan menjadi bahan ejekan dan cemoohan. Tapi sebenarnya tidak ada salahnya game moba memakai analog, memakai joystick juga tidak ada masalah. Namanya juga game, pasti ada inovasi dan perubahan disetiap seri game moba. Masa iya, game moba smartphone memakai input perintah dari keyboard, kan ngak mungkin dan aneh jadinya. Jadi wajar jika game moba di smartphone (misal android, iphone) memakai input tombol touchscreen secara virtual, entah memakai input arah atau analog, tidak menjadi masalah. Tergantung device dan gadget game tersebut, jika di pc desktop sebagian besar memakai input tombol keyboard dan mouse, jika di console memekai joystick dan di smartphone memakai input tombol virtual / touchscreen. Nah, Jadi sebenarnya apakah arti atau pengertian game MOBA ?.

Game mobile legends

Game mobile legends playstore

MOBA adalah singkatan dari Multiplayer Online Battle Arena. jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia “MOBA atau Multiplayer Online Battle Arena” artinya kurang lebih “Permainan Arena pertarungan online”. Jadi game MOBA adalah sebuah game online multiplayer yang permainanya bertema pertarungan arena (bertarung di dalam arena).

A. Artwork game MOBA

Game moba banyak sekali serinya, jadi tergantung developer game mau membuat game seperti apa, grafik game moba bervariasi mulai dar 2D sampai 3D. sound, suara, bgm, effect dan lainnya juga tergantung kemampuan dan dana dari pengembang atau developer game. Semakin ahli dan kaya, semakin bagus juga game yang dihasilkan. :’v



B. Gameplay game MOBA

Setiap karakter di dalam game moba memiliki pekerjaan (job, class) dan keahlian (skill, magic, esper, dan lainnya) yang berbeda, ada yang fokus ke serangan (attack), ada yang fokus terhadap pertahanan (defend / tanker), ada juga yang fokus terhadap bantuan (assist , misal healer), ada juga yang berimbang, dan lain sebagainya. Tentunya setiap karakter memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Setiap player mengontrol satu atau lebih karakter yang nantinya bergabung dengan team pilihan maupun random (team player maupun komputer) untuk melawan team musuh di dalam suatu arena pertarungan. Tujuan team adalah menghancurkan tower / base utama team musuh. Jika tower / base utama sudah hancur, otomatis team yang menghancurkannya akan menjadi pemenang pertarungan. Tentunya tidak semudah apa yang dibayangkan. Kerja sama team sangat dibutuhkan untuk menaklukkan dan mengalahkan lawan, ada berbagai tower / base lain dan monster team musuh yang harus dikalahkan, belum lagi harus menghadapi anggota team musuh yang memiliki keahlian yang berbeda-beda. Pada intinya kunci kemenangan di dalam game MOBA adalah pemilihan karakter yang tepat dan juga kerjasama team yang kompak dan hebat.

C. Contoh game MOBA

Banyak sekali game moba yang ada di pasaran, salah satunya yang terkenal adalah game DOTA n DOTA 2, ada juga game Mobile Legend, league of legends, garena dan lain sebagainya. Tentunya bisa di temui di playstore, steam dan toko online lainnya.

Begitulah kiranya serba-serbi tentang game MOBA, pada intinya entah memakai analog atau tidak, tidak menjadi masalah, yang penting menikmati permainanya tanpa cheat dan juga kecurangan. Ya begitulah, moba kok analog. .

Apa itu arti dan pengertian game MOBA ?
4/ 5
Oleh

1 comments:

Leave your comment