Thursday, August 10, 2017

Apa itu arti otome game dan galge game ?

Otome game dan galge game masih tergolong ke dalam bagian game yang berbasis visual novel. Karena termasuk kedalam game berbasis visual novel, gameplaynya pun tidak jauh berbeda dengan game visual novel pada umumnya. Yang membedakan hanya tema, dan tujuan pembuatan gamenya saja. Jadi apakah itu otome dan galge game ?.

Apa itu arti otome game dan galge game ?

Tokyo school life game steam

1. Apa itu otome game ?

Otome game adalah sebuah game berbasis novel atau cerita yang ditujukan untuk para wanita. Biasanya game dibuat dan dipasarkan untuk menarget minat para remaja usia sekolah, atau juga untuk wanita muda yang suka bermain game berbasis dating sim (simulasi percintaan). Pada umumya tema otome game berbasis romance, dating sim, atau simulasi percintaan, tidak menutup kemungkinan ada genre dan tema lainnya. Tapi pada umumnya sih, game otome ya bertema percintaan.



A. Artwork otome game

Graphic dan artwork di dalam otome game sama dengan game asal negeri matahari terbit lainnya, kebanyakan menggunakan gambar bergaya anime, dengan nuansa jepangnya yang khas dan kental. Begitu pula dengan suara dan sound didalam game, tentunya baik lagu opening game, lagu bgm dan effect berciri khas dengan game-game jepang. Dari segi bahasa juga tentunya kebanyakan berbahasa jepang, lah asal otome game juga dari jepang, jadi wajar kebanyakan game berbahasa jepang. Kecuali game-game yang ditujukan untuk pasar internasional, dan juga dibuat oleh developer game diluar jepang.

B. Gameplay otome game

Di dalam otome game, pemain mengambil peran sebagai wanita, yang nantinya akan menemui berbagai karakter lainnya, baik pria maupun wanita, yang akan dijadikan teman maupun pacar dan suami di dalam game. Kebanyakan cerita di dalam otome game, seorang pemain (wanita) akan dikelilingi oleh banyak tokoh pria yang memiliki kepribadian yang bervariasi, sama dengan game visual novel pada umumnya. Player atau pemain game harus memilih berbagai jawaban dari dialog yang disediakn di dalam game. Setiap jawaban menentukan akhir cerita di dalam game tersebut. Dan pemain atau player game dapat memilih dengan siapa nantinya ia akan berpacaran, atau mau dengan pria mana ia akan meneruskan hubungannya. Seorang player bisa jadi menjadi playgirl, atau mungkin juga cuma untuk sekedar hiburan semata, asal klik dialog yang ada :v. tentunya jalan cerita akan selesai seperti apa, tergantung keinginan para pemain game. Selain itu, mungkin juga didalam otome game ditambahkan elemen game lainnya, seperti mini game, puzzle quest, dan lain sebagainya. Sehingga game tidak nampak monoton dan membosankan.



2. Apa itu game galge atau gal game ?

Game galge atau gal game adalah sebuah game interaktif, yang berbasis cerita maupun novel yang berfokus pada interaksi player terhadap karakter-karakter wanita yang ada di dalam game tersebut, game dapat berupa simulasi, rpg, visual novel, dating sim dan lainnya. Gal game atau game galge merupakan kebalikan dari otome game, jika otome game kebanyakan ditujukan untuk para pemain wanita, sedangkan gal game kebanyakan ditujukan dan dibuat untuk kaum pria. Baik anak usia remaja sekolah, maupun pria muda lainnya yang menyukai gadis-gadis moe ala anime.

A. Artwork galge game atau gal game

Sama dengan game visual novel, otome game dan game-game dari jepang lainnya. Gal game atau gam galge memiliki gambar yang bergaya ala anime. Tidak menutup kemungkinan, dengan gambar lainnya, entah bergaya barat, 3D atau mungkin foto asli. Tapi kebanyakan gal game memiliki gambar berstyle anime, dengan ciri khasnya yang manis, cute, kawaii, dan moe-moe.

B. Gameplay game galge atau gal game

Seperti yang disebutkan diatas, gal game atau game galge memiliki game yang hampir mirip atau juga mirip dengan game visual novel dan otome game lainnya. Yang membedakan Cuma tema dan cerita di dalam game tersebut. Tetapi game galge kebanyakan bertema romance dan percintaan, entah yang wajar, maupun dewasa. Intinya seorang player (laki-laki) dituntut berinteraksi dengan berbagai karakter wanita yang ada di dalam game tersebut. Menjawab berbagai pilihan kalimat dalam dialog cerita, dan memilih dengan wanita mana ia akan meneruskan hubungannya. Di dalam gal game juga banyak genre dan tema cerita yang mirip dengan visual novel lainnya, ada yang berupa dating sim, rpg, simulasi, dan lain sebagainya. Intinya menekankan interaksi player dengan berbagai karakter wanita yang ada di dalam galge game tersebut.

Begitulah kiranya perbedaan dan juga arti atau pengertian dari otome game dan galge game (gal game). otome game dan galge game memiliki banyak kesamaan dan perbedaan, yang paling mencolok adalah tujuan pembuatan game tersebut. Pada intinya otome dan galge game berisi rangkaian cerita dan dialog yang harus dijawab dan dipilih oleh para pemain. Sangat miriplah dengan game visual novel pada umumnya, yang membedakan dengan murni visual novel adalah kedalaman kisah dan cerita tiap tokoh atau karakternya. Untuk game otome dan galge dapat ditemui di berbagai toko online dan offline, seperti di playstore dan juga di steam.

Apa itu arti otome game dan galge game ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment