Wednesday, August 16, 2017

Apa itu pengertian fanfiction, fanfic, ff dan fanficcer ?

Apakah pengertian dari fanfiction, fanfic atau ff itu ?. langsung saja, fanfic, fanfiction atau yang sering disingkat dengan huruf “ FF ”, jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia artinya adalah “ fiksi penggemar ”, dimana fan artinya adalah “ penggemar ” dan “ fiction ” artinya adalah “ fiksi “.


Apa itu pengertian fanfiction, fanfic, ff dan fanficcer ?

Fanfiction atau fanfiksi adalah sebuah cerita atau kisah fiksi yang ditulis oleh para penggemar. Cerita di dalam fanfic dibuat berdasarkan karakter atau cerita yang sudah pernah ada (asli), kemudian diedit, ditambah, diubah sesuai imajinasi para penggemar. Sehingga menghasilkan sebuah cerita yang berbeda dari plot, dan kisah asli cerita yang dijadikan bahan fanfic. Cerita fanfiction dapat mengambil dari kisah ataupun cerita didunia nyata, legenda, buku, novel, film, drama, manga, anime, game dan lain sebagainya. Pada intinya cerita di dalam fanfic dibuat oleh para fans (penggemar). Dan cerita di dalam fanfiction mengambil karakter, tema, latar dari cerita yang sudah ada kemudian diedit, dikurangi dan ditambah.


Dalam setiap cerita fanfic yang dibuat, seorang penulis wajib menyertakan nama sumber asal cerita yang dibuatnya, serta memberikan peringatan bahwa cerita yang dibuatnya adalah fanfic, dan bukan dengan maksud memplagiat, maupun mengolok-ngolok karakter atau cerita asli yang dieditnya. Dengan demikian, maka penulis akan terhindar dari tuntutan dmca / tuntutan dari pemilik kisah atau cerita asli yang dijadikan bahan fanfic nya. Nah setelah mengetahui sedikit banyak tentang Pengertian fanfiction, sekarang saatnya menerangkan beberapa istilah di dalam fanfiction yang saya ketahui.

1. Fanart = Art (gambar, foto, video karakter atau latar cerita asli) yang dibuat oleh fans (Gambar penggemar, berdasarkan imajinasi para fans.)
2. Fanficcer = Penulis cerita fanfic / fanfiksi.
3. Fanservice = Bagian cerita fanfiction maupun fanart yang dibuat penulis untuk menyenangkan para pembaca (biasanya berkonotasi negatif atau berbau dewasa).
4. OC = Singkatan dari “Original Character”, karakter asli yang dibuat penulis fanfiksi dan tidak ada didalam cerita bahan (asli).
5. POV = Singkatan dari “Point Of View”, artinya adalah sudut pandang. Misal untuk membuat cerita sampingan, atau side story yang menerangkan pendapat atau sudut pandang karakter sampingan terhadap kelakuan karakter utama.
6. Canon = Cerita asli (plot, tema, latar, karakter asli), yang dijadikan bahan penulisan para penulis cerita fanfict.
7. Crossover = Penggabungan lebih dari 1 bahan cerita atau penggabungan lebih dari cerita asli. Misalnya membuat cerita fanfiksi naruto berkunjung kedunia dragonball.

Sebenarnya masih banyak istilah lainnya didalam dunia fanfic, namun yang tersebut diatas adalah yang terpenting dan yang paling saya tahu. Selebihnya berada diluar kepala atau lupa :’v. Semoga saja ada yang mau menambahkan istilahnya di komentar. Terima kasih.

Apa itu pengertian fanfiction, fanfic, ff dan fanficcer ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment