Tuesday, August 15, 2017

Apakah penyebab postingan blog (blogger / blogspot) susah terindeks, bahkan hilang dari halaman pencarian google ?

Terkadang saat membuat atau membuild situs dan blog, banyak sekali halangan dan rintangan yang melanda. Salah satunya yaitu, sulitnya halaman situs atau postingan blog untuk terindex di halaman pencarian (SERP) google. Terkadang juga halaman atau postingan blog sudah terindeks mesin pencari (google), namun beberapa hari, minggu atau bulan kemudian halaman atau postingan blog yang sudah susah payah dibuat hilang begitu saja dari index pencarian google. Kira-kira, apakah penyebab sulitnya terindeks dan juga hilangnya postingan blog atau laman situs di google search ?. apakah ada hubunganya dengan konten situs ?, atau mungkin karena ada kesalahan yang tanpa sengaja anda lakukan ?, langsung saja.

Apakah penyebab postingan blog (blogger / blogspot) susah terindeks, bahkan hilang dari halaman pencarian google ?

1. Penyebab artikel postingan blog dan laman situs sulit atau bahkan tidak terindeks di halaman mesin pencari google.

Banyak sekali faktor-faktor penyebab sulitnya postingan atau laman suatu situs dan blog tidak terindeks di halaman mesin pencari google, berikut beberapa penyebabnya.

A. Server situs sedang down

Jika server suatu situs atau blog sedang down, otomatis mesin pencari (google) akan sulit untuk mengindeks halaman maupun postingan blog anda. Karena situs anda sangat lambat diakses, bahkan tidak dapat diakses sama sekali oleh pengunjung maupun oleh robot google.


B. Ada masalah didalam file “robots.txt”

”robots.txt” di dalam suatu situs maupun blog sangat berpengaruh dalam hal pengindeksan suatu laman maupun postingan artikel blog. Karena didalam file “robots.txt” terdapat sejumlah perintah untuk membatasi robot mesin pencari untuk mengindeks halaman (Disallow) maupun memperbolehkan untuk mengindeks halaman (Allow). File “robots.txt” disuatu situs atau blog biasanya beralamat di root suatu situs. Misalnya “siteanu.com/robots.txt”. namun untuk pengguna Blogger atau Blogspot tidak perlu pusing untuk mengurusi file robots txt, karena memang pada dasarnya situs blogspot mudah terindeks. Namun jika ingin menggunakannya, anda dapat menemuinya di menu “Setelan – preferensi penelusuran – perayapan dan pengindeskan – robots.txt”.

Apakah penyebab postingan blog (blogger / blogspot) susah terindeks, bahkan hilang dari halaman pencarian google ?


C. Ada masalah dengan dns domain

Jika anda memasang kustom domain atau domain tld di suatu blog maupun situs, apalagi jika yang dipasang merupakan domain bekas pakai. Butuh beberapa saat untuk penyedia layanan domain menyingkronkan data dengan host maupun situs blogspot anda. Jadi setidaknya tunggu 1 hari untuk memulai mensubmit situs anda ke mesin pencari (google), agar tidak terjadi error.


D. Situs, Konten situs atau postingan anda terdeteksi sebagai spam

Algoritma mesin pencari google sangatlah canggih, jika anda asal copas postingan artikel blog atau situs orang. Blog anda akan dinilai jelek oleh google, pada akhirnya bukan saja sulit terindeks, bahkan hilang dari halaman pencarian google. Jadi buatlah sebanyak-banyaknya konten original, atau menulis ulang artikel, dan jangan lupa sertakan sumber. Selain itu terlalu banyak backlink yang tidak jelas asal-usulnya dapat menyebabkan situs anda di cap jelek, karena anda di cap sebagai spammer oleh google. Jadi otomatis blog anda akan sulit terindeks, dan perlahan turun rank dan menghilang dari google serp.


E. Terlalu banyak iklan (popup, popunder, redirect)

Jika situs atau blog anda terlalu banyak memasang iklan yang tersebut diatas, apalagi iklan redirect. Maka otomatis situs anda akan dibenci oleh google. Karena iklan anda sangat menganggu kenyamanan pengunjung, dan berpotensi menyebarkan malware, virus dan adware. Jadi wajar google enggan dan malas untuk mengindeks situs atau blog anda.


Begitulah beberapa penyebab sulitnya suatu halaman situs, maupun postingan blog (blogger / blogspot, dll) sulit terindeks di mesin pencarian google. Untuk mencegahnya terjadi, ya ikuti saja beberapa petunjuk yang sudah dijelaskan diatas. Dan jangan lupa daftarkan situs anda ke google webmaster, agar anda lebih mudah mengetahui setiap masalah yang menimpa situs atau blog anda.


2. Penyebab menghilangnya artikel postingan blog atau halaman situs dari serp google.

Setelah mengetahui penyebab sulitnya suatu situs maupun blog terindeks mesin pencari, sekarang saatnya membahas penyebab hilangnya laman situs atau postingan artikel blog (blogger / blogspot, dll) dari pencarian google.

A. Iklan popup, popunder dan redirect

Bukan hanya saja sulit terindeks, jenis iklan diatas juga dapat menyebabkan hilangnya berbagai laman dan postingan anda di halaman pencarian google. Karena iklan tersebut berpotensi menyebarkan virus, malware dan adware. Apalagi iklan yang menutupi semua konten dan halaman situs, malah tambah dibenci google.


B. Terlalu banyak backlink spam

Asal komentar dan menempel link di forum-forum, komen blog, maupun situs tanpa alasan dan teknik yang jelas. Dapat menyebabkan domain situs anda di cap sebagai tukang spam, akibatnya domain anda perlahan akan turun posisinya di serp google. Dan pada akhirnya akan menghilang begitu saja. Maka dari itu tanamlah backlink pada situs, forum maupun blog yang seniche dan tidak dicap buruk oleh google. Dalam artian da dan pa, serta rank situs yang lumayan tinggi.


C. DMCA, mengkopas artikel postingan orang lain

Nah ini yang paling sering terjadi, jika anda tukang kopas (copy paste) dan ketahuan author artikel aslinya. Postingan blog anda akan dilaporkan kepihak google. Dan otomatis postingan blog atau konten anda akan hilang dari mesin pencari google. Karena anda dicap sebagai pencuri. Jadi usahakanlah untuk menulis artikel original. Hargailah karya penulis lain, yang lelah berjam-jam mikir, menulis dan mengedit artikel yang anda curi.


D. Konten atau postingan hilang, 404 not found, karena dihapus atau tidak sengaja terhapus

Mungkin juga anda tidak sengaja menghapus postingan di blog anda, atau mungkin akun anda diretas orang jail. Jadi otomatis jika google bot mengindeks ulang halaman maupun postingan blog anda, postingan anda ternyata tidak ada. Seketika itu hilanglah, artikel anda dari halaman pencarian google.


Ya begitulah, beberapa penyebab hilangnya postingan artikel blog anda di halaman pencarian google (SERP). Maka dari itu usahakanlah memilih iklan yang baik untuk dipasang di situs anda, dan jangan mengcopas artikel orang lain, buatlah artikel original, maupun menulis ulang artikel agar blog maupun situs anda selamat dan tidak hilang dari serp google.


Apakah penyebab postingan blog (blogger / blogspot) susah terindeks, bahkan hilang dari halaman pencarian google ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment