Friday, August 18, 2017

Kunyit (Kunir) terbukti ampuh obati sakit maag

Kunyit atau juga disebut sebagai kunir (jawa) termasuk kedalam tumbuhan berumbi sejenis dengan tumbuhan jahe-jahean. Umbi kunyit merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang sering digunakan untuk memasak berbagai makanan tradisional di indonesia, selain sebagai rempah-rempah untuk bahan bumbu dapur, ternyata kunyit juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya untuk mengobati masalah lambung, seperti sakit maag. Karena saya juga memiliki penyakit maag, jadi saya sering sekali mengomsumsi kunyit, baik berupa jus / ekstrak kunyit maupun juga dimakan langsung setelah dikupas (Jika terpakasa, karena mendadak kumat).


Kunyit (Kunir) terbukti ampuh obati sakit maag

Penyebab kambuhnya atau terjadinya sakit maag memang banyak, berikut beberapa penyebab kambuhnya sakit maag.

1. Stress

Karena terlalu keasyikan memikirkan sesuatu (tema blog, dll :’v), terkadang kita tidak sadar hal tersebut dapat memicu stress, jika demikian maka asam lambung akan bertambah dan membuat perut menjadi sakit, alhasil maag pun menjadi kumat.


2. Makan-makanan pedas, dan bersantan

Memakan-makanan yang pedas dan bersantan apalagi berlebihan, dapat memicu kambuhnya penyakit maag, karena bertambahnya jumlah asam lambung dan membuat dinding lambung menjadi teriritasi.


3. Makan dan minum yang mengandung kafein

Saya pernah mencoba meminum kopi asli, kopi tanpa campuran bukan kopi instan, alhasil perut saya langsung sakit dan maag pun kumat. Mungkin juga anda pernah mengalaminya.


4. Asap rokok

Bagi yang memiliki penyakit lambung, dengan aktif merokok dapat memperparah kondisi lambung, alhasil sakit maag pun terus-terusan kambuh. Maka dari itu kebanyakan orang yang memiliki penyakit maag tidak merokok atau bukan perokok, termasuk saya sendiri.


5. Makan tidak teratur dan Telat makan

Jika makan tidak teratur, misalnya jarang makan, menunda waktu makan, terlalu banyak makan. Dapat mengganggu ritme kinerja lambung, sehingga produksi asam lambung jadi kurang terkontrol, akhirnya sakit maag pun akan kambuh.


6. Kurang istirahat / kelelahan

Jika anda memiliki penyakit maag, disaat kelelahan jangan dipaksakan untuk terus beraktivitas. Jika tidak, maka maag anda akan kambuh.


7. Syok atau terkejut

Entah mengapa jika saya mendengar kabar buruk, atau terjatuh dari sesuatu pasti perut saya langsung sakit, misalnya lutut tidak sengaja terbentur meja. Pada saat itu juga perut saya langsung sakit, mungkin berlaku juga bagi para pembaca yang memiliki penyakit maag.


Nah, Untuk mengobati sakit maag dengan kunyit sangat mudah, rimpang (umbi) kunyit yang sudah tua, dikupas kemudian dicuci dan diparut / diblender (tambahkan air secukupnya) untuk diambil sarinya, lalu direbus. Kemudian dinginkan, dan dapat diminum langsung, atau juga bisa ditambahkan gula dan madu untuk menghilangkan atau mengurangi rasa kunyit yang wah :), sari kunyit dapat diminum rutin setiap hari. Misalnya segelas setiap hari. Atau mungkin jika anda berani, langsung memakannya setelah dikupas dan dicuci, tentunya nantinya gigi anda akan menjadi kuning. Terkadang saya melakukannya, jika terpaksa tidak ada obat dan ada kunyit didapur, sedangkan penyakit maag sedang kambuh : ) .

Maka dari itu, untuk mencegah kambuhnya penyakit maag, jangan lupa menjahui berbagai pantangan yang disebut diatas, jika ada tambahan atau kekurangan dari tulisan saya silahkan saja menulisnya dikotak komentar.

Kunyit (Kunir) terbukti ampuh obati sakit maag
4/ 5
Oleh

Leave your comment