Saturday, August 12, 2017

Pengertian game rpg, jrpg, mmorpg, vrmmorpg, dmmorpg, arpg dan trpg

Rpg, merupakan salah satu genre video game yang paling populer di abad ini. Karena banyaknya fitur, pertarungan, mini game dan berbagai cerita kisah petualangan di dalam game, tak heran game bergenre rpg ini diminati banyak orang. Dari anak kecil hingga orang dewasa yang mengenal game, pasti kebanyakan pernah bermain dan menikmati permainan game rpg. Jadi apakah pengertian game rpg itu ?

Pengertian game rpg, jrpg, mmorpg, vrmmorpg, dmmorpg, arpg dan trpg

RPG adalah kependekan atau singkatan dari Role Playing Game, jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia, Role playing game artinya adalah “permainan peran”. Maksudnya adalah, kita sebagai seorang player bermain video game dengan memerankan salah satu atau lebih karakter (misal jika ada party atau guild) yang ada di dalam game. Setiap karakter didalam game memiliki nama, pekerjaan (job), keahlian (class), kemampuan (skill, magic, dsb) dan cerita yang berbeda. Kita diharuskan memainkan satu atau lebih karakter untuk merajut cerita didalam game. Sehingga game dapat ditamatkan dengan semaksimal dan selengkap mungkin. Cerita di dalam dunia rpg biasanya berhubungan dengan tema penyelamatan, misalnya menyelamatkan dunia dari ancaman iblis atau monster, atau juga menyelamatkan kerajaan yang dilanda kehancuran, Dan lain sebagainya. Namun dewasa ini game rpg semakin berkembang, banyak juga game rpg yang digabungkan dengan game strategi, tactic, puzzle, action, dan lainnya. Sehingga membuat game rpg berbeda dari pada game rpg classic lainnya yang temanya mainstream, hanya menyelamatkan sesuatu dari bahaya. Intinya didalam game rpg seseorang dituntut untuk mengembangkan karakternya (level up, build stat, dan lainnya), dan menghadapi semua rintangan dan quest yang ada.



1. Apa itu pengertian JRPG ?

JRPG adalah singkatan dari Japanese Role Playing Game. Secara sederhana JRPG dapat diartikan sebagai game rpgnya orang jepang, atau game rpg asal jepang. Secara spesifik game JRPG adalah sebuah game yang mengandung unsur jepang.

A. Artwork game JRPG

Artwork game JRPG ya tentunya berchiri khas jejepangan, mulai dari graphic, suara, bgm, effect, text dan bahasa. Misalnya saja gambar karakter bernuansa anime baik berupa gambar 2d maupun 3d.

B. Story / cerita game JRPG

Game JRPG mulai dari classic sampai modern, cerita atau story line nya sama saja dengan game rpg pada umumnya. Yaitu bertema penyelamatan. Tentunya, tema yang lainnya juga banyak. Misalnya saja game final fantasy series.

C. Gameplay game JRPG

Gameplay game JRPG biasanya sudah ditentukan batasan dan tujuan karakternya. Setiap tempat dan karakter di game JRPG sudah ditentukan kapan waktunya terbuka, jika sudah menyelesaikan quest atau misi misalnya, seorang player baru mendapatkan karakter baru, atau juga sudah dapat mengakses tempat baru. Sistem pertarungan yang kebanyakan strategi turn based, menghajar musuh / monster secara bergiliran. Bukan hack and slash yang langsung menghajar musuh atau monster secara serampangan. Worldmap, Item, magic dan sistem leveling sama saja dengan game rpg lainnya. Berdasarkan pengalaman (experience), dan juga mendapatkan berbagai drop item dan crafting.

Tentunya penjabaran diatas merupakan keterangan mainstream atau umum di dalam game JRPG, selain diatas masih banyak lagi varian dan inovasinya.

2. Apa itu pengertian MMORPG ?

MMORPG adalah singkatan dari Massively Multiplayer Online Role Playing Game, yang artinya secara singkat adalah game rpg online yang mengikutsertakan banyak player atau pemain didalamnya. Jadi game rpg dibuat online, dan dimainkan oleh banyak orang, baik secara lokal maupun mendunia atau international.



A. Artwork game MMORPG

Artwork game mmorpg bervariasi, mulai dari 2d sampai 3d. tergantung selera pasar dan developernya. Tapi di dewasa ini dengan semakin berkembangnya teknologi, baik dari hardware dan software gadget dan komputer. Maka para developer berlomba-lomba membuat berbagai game online bergraphic 3D yang wah, membuat kagum siapa saja yang memainkannya.

B. Story / cerita game MMORPG

Cerita diberbagai game MMORPG sangat bervariasi, karena memang dimainkan banyak orang jadi game berfokus pada leveling, raid, perang antar gang / guild dan pvp (duel adu jotos antar player). Ceritanya bervariasi, entah mengambil tema kerajaan, fantasy, naga, monster, dan lainnya.

C. Gameplay game MMORPG

Gameplay game MMORPG sangat bervariasi, ada yang murni leveling karakter dengan membantai berbagai monster, dan menamatkan berbagai misi. Ada juga yang bergenre puzzle, dan mengumpulkan berbagai kartu. Ada juga yang menekankan terhadap strategi, dan lain sebagainya. Intinya tergantung tema game tersebut. Tapi pada umumnya hanya fokus di leveling, build stat, gatcha, farming monster, pvp dan duel baik antar player maupun guild.

D. VRMMORPG dan DMMORPG

Mungkin menurut anda istilah diatas agak asing, karena VRMMORPG dan DMMORPG masih tergolong ke dalam game fiksi yang masih belum terwujud. Dan hanya muncul di dalam cerita dan film, seperti di dalam novel, anime dan manga. Jadi apakah pengertian VRMMORPG dan DMMORPG itu ?.

VRMMORPG adalah kependekan dari “Virtual Reality Massively Multiplayer Online Role Playing Game”. Dimana seoarang player harus menggunakan alat VR (Virtual Reality) yang dipasang dimata dan kepala, untuk memulai permainan. Karena teknologi VR masih dalam tahap pengembangan, jadi masih belum ada game online vr dipasaran. Apalagi full dive seperti di anime sword art online. Jadi game VRMMORPG masih belum terwujud dan masih masuk ke dalam kategori fiksi. Semoga saja dimasa depan memang benar ada game vr dipasaran, sehingga kita dapat merasakan dunia game yang jauh berbeda dari game online yang ada di zaman sekarang.


DMMORPG merupakan singkatan dari “Dive Reality Massively Multiplayer Online Role Playing Game”. sama saja dengan VRMMORPG, dimana seorang player memakai alat khusus / VR untuk dapat memasuki dunia game. Namun ini masih dalam ranah fiksi, dan ditampilkan di salah satu lightnovel berjudul overlord.

3. Apa itu pengertian ARPG dan TRPG ?

Banyak sekali sub genre di dalam game rpg salah satunya adalah game ARPG dan juga TRPG. ARPG adalah singkatan dari “Action Role Playing Game”, game ini mementingkan aksi di dalam setiap permainannya. Biasanya game berupa platformer, dimana karakter berjalan lurus sambil menghajar musuh. Tidak seperti game rpg classic yang memiliki peta dunia / worldmap yang luas, dimana karakter bisa berjalan dan menelusuri dan menjelajahi seluruh dunia. Di dalam game ARPG, tempat dibatasi hanya sebatas fight hack and slash (pertarungan langsung melawan musuh) dalam tempat lurus.

Lalu, TRPG adalah singkatan dari “Tactical Role Playing Game”. Game TRPG adalah game yang mengedepankan tactic, biasanya turn based game dengan grid seperti game fire emblem. Setiap karakter bergiliran menghajar musuh, sesuai peraturan yang sudah ditetapkan didalam permainan.

Sebenarnya masih banyak sub genre game rpg, tapi saya kira diatas sudah cukup untuk menambah pengetahuan anda.

Pengertian game rpg, jrpg, mmorpg, vrmmorpg, dmmorpg, arpg dan trpg
4/ 5
Oleh

3 comments

July 31, 2018 at 10:09 AM delete

Entahlah, sekarang ja dev game masih pada ngembangin vr. Dmmorpg mungkin puluhan tahun lagi baru ada.

Reply
avatar

Leave your comment