Sunday, August 13, 2017

Tempat ngeblog atau blog builder gratis yang mudah digunakan selain blogspot

Menulis memang menjadi hobi bagi sebagian orang, selain menjadi hobi terkadang juga menulis dapat menjadi sebuah lahan pekerjaan. Banyak sekali para penulis yang sukses meniti karirnya, baik di dunia nyata maupun didunia maya, entah menjadi novelis, jurnalis, editor maupun menjadi seorang blogger. Nah kali ini saya akan membagikan sedikit tempat baru atau mungkin sudah banyak yang tahu, tempat ngeblog atau blog builder gratis yang mudah digunakan selain di blogspot.com / blogger.com


Penyedia layanan blog selain blogger atau blogspot

1. Wordpress

Sudah tidak asing lagi bagi kita semua, ngeblog di wordpress memang no 2 terbaik setelah blogspot, apalagi jika memakai wordpress self host, bisa tambah lebih baik lagi. Fitur-fitur blogging di “wordpress.com” sudah cukup lengkap, dengan panel yang mudah dipahami dan mudah dipakai, tapi sayang ada iklan wordpress yang tidak dapat dihilangkan jika tidak membayar sejumlah uang bulanan, jadi masih mending ngeblog di blogspot. Tapi kalau worpress selfhost, beda lagi ceritanya. tentunya mau ngeblog dimana, sesuaikan dengan kemampuan dan keinginan anda sendiri.


2. Nextwapblog

Nextwapblog.comBlog builder atau penyedia layanan blogging terbaru buatan anak bangsa anak indonesia, blog pengganti mywapblog yang sudah tidak aktif lagi. Blog builder ini sangat mudah diakses melalui handphone maupun smartphone, mudah digunakan dan juga mendukung fitur grab youtube dan soundcloud. Sangat mobile friendly, dapat diakses melalui hp java sekalipun, admin panelnya sangat bersahabat dan sangat mudah digunakan. Selain itu adminya juga sangat aktif menanggapi berbagai keluhan user. Ada fitur chat antar member, jadi memudahkan tiap member berinteraksi langsung dengan admin dan sesama blogger. Karena blog gratisan dan dimiliki perorangan, ada iklan disetiap postingan yang kita terbitkan, hampir mirip dengan iklan wordpress, namun lebih bersahabat.


3. Blogponsel

Blogponsel.net” juga merupakan blog builder karya anak bangsa, fiturnya yang standar ala blog, namun karena dimiliki perorangan ada iklan disetiap postingan yang kita terbitkan. Iklannya cukup mengganggu, karena bertema download, jadi agak kurang sedap dipandang mata.


4. Hatena blog

Hatena.com” merupakan blog builder asal negri matahari terbit, karena saya belum mendaftar, anda dapat mendaftarkan diri anda disana. Kelihatannya cukup menarik dan profesional.


5. Xtgem

Xtgem.com” merupakan mobile site builder yang mendukung fitur blogging, jadi anda diharuskan membuild atau menyusun kode dari xtblog anda sendiri untuk memulai melakukan kegiatan blogging atau menulis. Admin panelnya cukup bersahabat, bisa upload file format apapun tanpa batas asalkan tidak melanggar hak cipta. Agak sulit bagi pemula, iklan atau ads situs ada di setiap halaman yang kita buat, ada 1 iklan melayang disetiap halaman situs, saya rasa juga cukup mengganggu.


6. Wapka

Wapka.mobi” sama dengan xtgem, merupakan mobile site builder. Situs ini hanya untuk orang yang bisa coding saja. Karena fitur dan kode blog yang cukup rumit, harus mulai dari nol untuk membuild blog. Kelebihannya ada di batasan upload file nya yang unlimited, dengan batasan maximal 100 mb per file, dan terlebih lagi gratis. Tapi sayang di bawah halaman situs atau blog, pasti terdapat banyak iklan default milik wapka. Jadi memang terasa agak sedikit menganggu.


Sebenarnya masih banyak blog builder gratis selain yang tercantum diatas, namun yang terpercaya saya rasa ya ke 6 blog builder diatas. Namun saya kira masih lebih baik ngeblog dan menulis di blogspot, tapi semua kembali kepada pilihan anda masing-masing. Semua platform blog mudah bagi siapa saja yang dapat menggunakannya, jadi begitu juga dengan ke 6 situs penyedia layanan blogging diatas, semua memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Tempat ngeblog atau blog builder gratis yang mudah digunakan selain blogspot
4/ 5
Oleh

Leave your comment