Thursday, September 28, 2017

Aneka macam buah berry (beri) yang dapat ditemui di indonesia

Sebenarnya, banyak sekali aneka macam jenis buah berry di dunia, termasuk di indonesia, buah berry banyak kita temui di kehidupan sehari-hari. Misalnya saja, buah pisang dan buah alpukat, kedua buah tersebut termasuk kedalam bagian kategori buah berry secara ilmu botani. Namun jika yang dimaksud adalah buah yang berakhiran dengan nama berry dan juga buah kecil, bulat dan berwarna-warni, maka lain lagi ceritanya.

Aneka macam buah berry (beri) yang dapat ditemui di indonesia

Mungkin diwaktu kecil anda pernah bermain dipematang sawah, dan juga kebun milik tetangga. Anda melihat berbagai tanaman liar dan gulma memiliki berbagai buah bulat kecil, dan berwarna-warni dan tidak tahu buah tersebut dapat dimakan atau malah beracun ?. Dan disaat itulah buah tersebut mendapatkan nama atau sebutan sebagai makanan ular. Nah, buah makanan ular tersebut juga termasuk kedalam buah berry.

Ada juga bunga bacin, atau bunga lamtana yang daun nya berbau tidak sedap, tapi bunganya lumayan indah dan berwarna-warni. Jika berbuah, bunga lamtana dapat menghasilkan sekumpulan buah berry bulat kecil yang berwarna hijau diwaktu muda, dan berwarna hitam diwaktu sudah tua / matang. Namun buah tersebut tidak dapat dimakan, karena dapat membuat sakit perut. Buah tersebut juga termasuk kedalam buah berry. selain ke dua buah tersebut diatas masih ada lagi buah berry yang sering dijumpai dan ditemui di indonesia, diantaranya.

1. Buah cecendet, ciplukan (cape gooseberry)

Buah ciplukan atau cecendet ini merupakan tanaman liar yang banyak ditemui diwilayah persawahan. Buah ini sangat digemari anak-anak, karena memiliki rasa manis yang khas. Selain itu buah ceplukan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain buahnya yang dapat dimakan jika sudah matang, daun, akar dan batangnya juga seringkali digunakan untuk bahan pembuatan obat tradisional.



Diluar negri buah sejenis dengan ciplukan ini lebih sering dikenal dengan nama buah golden berry atau juga cape gooseberry. Nama golden diambil karena (salah satu jenis) buah ciplukan memiliki warna kuning keemasan jika buah sudak masak / matang.

2. Buah murbei (mulberry)

Buah murbei yang terkenal dengan daun nya. Karena daun nya merupakan sumber nutrisi utama, atau sebagai sumber makanan ulat sutra. Buah ini banyak dibudidayakan diseluruh dunia, termasuk di indonesia. Buah mulberry berwarna merah kehitaman jika sudah masak, dan memiliki rasa manis yang membuat ketagihan setiap orang yang memakan nya. Diluar negri buah murbei, lebih sering dikenal dengan sebutan buah mulberry.

3. Buah strawberry

Sudah tidak usah ditanyakan lagi, buah strawberry ini sudah umum dibudidayakan di indonesia. Khususnya didaerah pegunungan. Buah yang berwarna pink kemerahan, dengan bintik putih ini memiliki rasa asam manis yang khas. Dan seringkali digunakan diberbagai macam makanan olahan, seperti untuk topping kue, dan juga sebagai perasa makanan di berbagai makanan dan minuman ringan, eskrim, dan lain sebagainya.

4. Buah kersen, kersem, seri, talok, jamaican cherry

Banyak sekali nama-nama buah yang satu ini, seperti tersebut diatas, buah ini memiliki rasa manis yang pekat jika sudah matang. Banyak sekali biji kecil didalam buah ini, sehingga memberikan tekstur tersendiri ketika kita memakan buah ini. tanaman kersen ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan, ia dapat tumbuh dilingkungan yang sulit. Mulai dari tembok bangunan, aspal dipinggir jalan, celah-celah beton, di besi bekas dan lain sebagainya. Sungguh buah yang kuat dan sterong.

5. Buah wuni

Buah wuni atau buah buni ini memiliki rasa asam manis yang dapat membuat mata anda merem melek (:v). Rasanya yang segar membuat anda mengingat buah ini sepanjang usia anda. Terakhir kali saya memakan buah ini diwaktu saya masih SD. Buah ini memiliki bentuk bulat kecil, bergerombol dalam satu tangkai buah. Dan berwarna merah sampai dengan kehitaman.

Saya rasa masih banyak aneka macam buah berry (beri) yang ada di indonesia ini. Namun, penyebaran nya masih belum meluas, dan hanya penghobi dan segelintir orang saja yang menanam dan membudidayakan nya. Sebut saja seperti buah blueberry, raspberry, blackberry, dan juga buah gojiberry. Ada juga yang masih tumbuh liar di wilayah pegunungan seperti buah arbei gunung. Intinya buah berry banyaklah di indonesia ini.

Aneka macam buah berry (beri) yang dapat ditemui di indonesia
4/ 5
Oleh

Leave your comment