Wednesday, September 13, 2017

Cara memainkan game nintendo nes di android dengan software emulator (nesoid, nostalgia.nes)

Konsol game NES (Nintendo Entertainment System) sudah tidak diproduksi lagi, begitupula dengan game nes yang resmi. Jika ada game keluaran terbaru, mungkin saja game tersebut merupakan game nes yang tidak berlisensi atau juga game mod dan game bootleg. Jika anda adalah penggemar retro game / game jadul, mungkin anda dapat membeli konsol dan cartridge (kaset game yang kotak) di berbagai toko online yang ada, seperti di lazada, tokopedia, amazon, ebay, dan lain nya.

Namun pasti kebanyakan merupakan konsol game bekas pakai. Ada juga game remake dan varian game yang mengambil dari ide game nes, seperti cat mario, game sejenis bomberman, dan lain nya. Tentunya, Ada banyak di google playstore. Nah, Untuk memainkan game nintendo nes di android sangatlah mudah, hanya perlu beberapa file saja, diantaranya.

Cara memainkan game nintendo nes di android dengan software emulator (nesoid, nostalgia.nes)

1. Software atau aplikasi emulator nes di android

Ada banyak sekali software atau aplikasi untuk menjalankan game atau rom nes di hp / smartphone android. Ada yang freeware (gratis) ada juga yang berbayar. Anda dapat mencari dan mendownloadnya di playstore maupun di situs pencarian google. Software untuk mengemulasikan game nintendo nes di android yakni software Nesoid.apk dan juga Nostalgia.nes.apk. selain ke 2 software tersebut, mungkin masih banyak lagi emulator yang belum saya ketahui. Setelah mendapatkan software yang tersebut diatas, tinggal di install di hp android anda dan kemudian ikuti langkah di bawah ini.

2. Rom game nes berekstensi file .nes

Setelah menginstal software pengemulasi, selanjutnya tinggal mencari file game atau rom nintendo nes yak berekstensi atau memiliki format .nes, anda dapat mencarinya di google. Misalnya seperti super mario bros.nes, ninja gaiden.nes, bomberman.nes, battle city.nes, tank 1990.nes, excitebike.nes, dst.



Namun biasanya game atau rom nintendo nes berada di dalam file arsip .rar atau juga .zip. namun anda tidak perlu mengekstraknya karena file emulator langsung dapat memainkan game walaupun masih ada di dalam file arsip. Jika tidak dapat dimainkan, coba saja mengekstrak game yang ada di dalam file arsip tersebut.

3. Memulai memainkan game nintendo nes

Tiap software emulator pada umumnya sama saja cara memainkan game nya. Tinggal open atau browse ekstensi file game .nes dan mainkan gamenya. Anda langsung dapat memainkan game dengan mudah. Tinggal pengaturan nya saja yang mungkin beda tata letaknya, silahkan anda otak-atik sendiri. Seperti layout gambar, suara, keypad, analog game, dan lain sebagainya.

Mudah bukan ?, dengan demikian game masa kecil anda dapat anda mainkan sepuasnya. Tentunya game tersebut dapat di simpan / di save ditengah permainan. Tidak seperti zaman dahulu, yang sulit tanpa save-save an.

Cara memainkan game nintendo nes di android dengan software emulator (nesoid, nostalgia.nes)
4/ 5
Oleh

Leave your comment