Friday, September 8, 2017

Cara mengatasi & memperbaiki modem yang tidak connect ke internet

Pernah dahulu, Waktu sedang asik coding blog, tiba-tiba koneksi terputus dan modem pun tidak mau connect ke internet. Ternyata setelah ditelusuri operator atau provider yang saya pakai sedang mengalami gangguan. Beberapa waktu kemudian, mengalami hal yang sama dan karena kurangnya pengetahuan, sampai-sampai saya pakai system restore untuk memperbaiki software modem, karena saya pikir pc saya terinfeksi virus. Tentunya cerita diatas mungkin terjadi pada beberapa orang yang mengalami kejadian yang sama. Dimana modem usb tidak mau connect ke internet walaupun sudah diotak-atik pengaturan settingan nya. Entah itu usb modem huawei, zte ataupun modem lainnya. Kebetulan saya masih pakai modem telkomsel flash. Nah, karena itu perlu diketahui penyebab usb modem tidak mau connect ke internet.

Cara mengatasi & memperbaiki modem yang tidak connect ke internet

# Berikut beberapa penyebab usb modem tidak dapat tersambung, atau juga terkoneksi ke internet, dan juga cara mengatasi atau solusi memperbaiki dan mengatasi usb modem yang tidak mau connect ke internet :

A. Kehabisan pulsa atau paketan internet

Sebelum menelusuri dunia maya, hendaknya selalu mengecek kuota dan pulsa anda. Jika keasikan browsing, streaming, download dan lain sebagainya. Anda tidak sadar dengan habisnya kuota paketan internet. Sudah dapat dipastikan nantinya modem tidak dapat terkoneksi ke internet. apalagi jika sampai pulsa anda tersedot habis. Pasti tambah sakit tapi tidak berdarah.

#Cara mengatasi :

1. Pastikan anda punya banyak kuota sebelum surfing di internet
2. Jangan terlalu terlena dengan dunia maya, sering-sering mengecek kuota atau juga pulsa anda

B. Gangguan sinyal atau jaringan

Bagi yang tinggal didaerah terpencil maupun di pegunungan terkadang kesulitan mendapat sinyal, apalagi sinyal 3g, hsdpa, 4g dan lte, paling sering yang tertangkap hanyalah jaringan 2g (gprs) dan edge. Terkadang struktur bangunan yang rapat dan padat juga mempengaruhi jalur lalu lintas jaringan / sinyal provider. Akhirnya sulit terkoneksi ke internet karena tidak adanya sinyal atau jaringan yang mendukung dan memadai.



#Cara mengatasi :

1. Mencari tempat yang memiliki jaringan 3G, HSDPA, 4G maupun LTE (Misalnya pindah rumah)
2. Mengganti modem dengan jaringan lain, misalnya wireless / wifi

C. Masalah di provider atau operator

Jika operator atau provider sedang ada masalah. Misalnya sedang ada perbaikan, tentunya sudah jelas koneksi internet akan diputus untuk sementara, sampai perbaikan dapat diselesaikan. Atau mungkin kartu anda, diblock provider / operator karena anda mencuranginya, mungkin karena tertangkap memakai bug, vpn, dan trik gratisan atau gretongan lainnya.

#Cara mengatasi :

1. Jangan memakai trik gratisan atau bug provider
2. Menunggu sampai perbaikan selesai

D. Kerusakan driver atau software modem

Penyebab kerusakan software modem dapat bervariasi, mulai dari terkena serangan virus. Karena sembarangan melepas modem, atau juga karena tidak sengaja ada file software yang terdelete. Akibatnya menyebabkan kerusakan pada software, dan menyebabkan koneksi menjadi terputus. Dan tidak dapat lagi terkoneksi ke internet.

#Cara mengatasi :

1. Jangan asal mencabut modem usb, usahakan menclose program terlebih dahulu
2. Uninstall driver atau software modem
3. Install ulang driver dan software modem
4. Rajin-rajin menscan komputer dengan antivirus

E. Rusaknya hardware modem

Misalnya modem terkena air, dan langsung dipakai di pc maupun laptop. Akhirnya modem pun menjadi rusak dan tidak dapat dipakai lagi. Solusinya harus beli dan ganti dengan yang baru.

#Cara mengatasi :

1. Beli modem baru atau bekas pakai
2. Perbaiki modem ke tukang servis

F. . Rusaknya port usb komputer

Jika modem tidak dapat dijalankan dengan normal, bisa jadi ada kerusakan di dalam colokan atau port usb. Coba pasang modem di colokan yang lainnya, untuk mengetes kenormalan fungsi modem.

#Cara mengatasi :

1. Servis komputer atau laptop dan notebook anda ke tukang servis yang ahli, mumpuni dan terpercaya

G. Rusaknya simcard (kartu)

Jika kartu simcard rusak atau dalam masa tenggang, atau bahkan sudah mati. Dengan demikian sudah jelas modem tidak dapat mengoneksikan jaringan ke internet.

#Cara mengatasi :

1. Bel simcard baru
2. Jangan sampai kehabisan masa aktif
3. Rajin-rajin membeli pulsa / deposit
4. Jangan sembrono menggunakan simcard

Begitulah beberapa penyebab dan cara mengatasi usb modem yang tidak mau connect ke internet. Untuk mengatasinya, coba terlebih dahulu cek pulsa anda, kemudian cek jaringan provider, baru kemudian cek software modem. Install ulang driver dan software modem. Semoga berhasil.

Cara mengatasi & memperbaiki modem yang tidak connect ke internet
4/ 5
Oleh

Leave your comment