Thursday, September 21, 2017

(persamaan dan perbedaan) Anime vs kartun (cartoon), apakah sama atau berbeda ?

Hanya karena pengertian, perbedaan dan persamaan anime dan juga kartun (cartoon), di berbagai sosial media dan forum-forum, banyak sekali perdebatan sengit yang di adakan, untuk menentukan pendapat mana yang benar. Antara anime dan kartun, berbeda atau tidak, sama atau tidak, dan lain nya. Terkadang perdebatan sampai berujung dengan permusuhan, saling ejek-mengejek, dan debat kusir yang tidak berguna, untuk menentukan pendapat siapa yang paling benar. Nah maka dari itu, saya akan memaparkan sedikit pengetahuan dan pemahaman saya yang sudah di dapat dari dunia maya maupun dari dunia nyata.

(persamaan dan perbedaan) Anime vs kartun (cartoon), apakah sama atau berbeda ?

A. Arti (pengertian) anime dan kartun (cartoon)

1. Anime berasal dari kata “Animation”, karena pengucapan orang jepang agak berbeda dengan bahasa inggris pada umumnya. Maka kata “Animation”, akan terdengar dan terbaca menjadi kata “Animeshon”. Contoh kata yang lain misal “The world”, diucapkan menzadi “Za warudo”, ora ora ora ora. Ya begitulah, Anime lebih singkat dari kata Animeshon, maka dari itulah kata “Anime” digunakan. Animation sendiri dalam bahasa indonesia berarti, gambar atau sekumpulan gambar yang digerakkan dengan cara mekanik maupun elektronik (komputer), sehingga menghasilkan gambar yang bergerak (film / gambar hidup).

2. Kartun, berasal dari kata cartoon. “Cartoon” di dalam bahasa inggris artinya berbeda-beda sepanjang waktu, menurut wikipedia. “Cartoon” merupakan gambar 2D yang berupa karakter yang berisi atau bertema tentang sarkasme, sesuatu yang lucu atau buat hiburan semata. Namun “Cartoon” juga dapat berarti berbagai gambar lucu yang dianimasikan. Sedangkan “Kartun” di dalam kbbi, artinya adalah film yang dibuat dari berbagai gambar yang dikumpulkan (gambar gerak), dan juga dapat berarti gambar dengan penampilan lucu (Untuk sarkasme, politik).

B. Persamaan antara anime dan juga kartun (cartoon)

1. Sama-sama berupa gambar hayalan atau rekaan
2. Sama-sama gambar yang dianimasikan
3. Film anime dan juga kartun, merupakan bagian dari film animasi



C. Perbedaan antara anime dan kartun (cartoon)

1. Gambar anime dan kartun (cartoon)

Gambar “Anime” dijaman ini diidentikan dengan ciri khas tersendiri, misal dengan mata besar, wajah moe, struktur tubuh yang mirip dengan manusia, rambut yang berwarna-warni dan ciri khas lain nya. Sedangkan gambar “Kartun (cartoon)” berbentuk mirip karikatur, dan juga bergaya barat (western), misalnya seperti komik-komik marvel, dengan gambar yang hampir realistis (manusia, hewan).

2. Tujuan pembuatan anime dan kartun (cartoon)

Film “Anime” memiliki banyak genre dan tema, seperti horror, komedi, romance, action, fantasy, dan sebagainya. Sedangkan film “kartun (Cartoon)” kebanyakan diidentikan dengan film animasi bergenre komedi atau humor.

3. Cara pandang antara film anime dan juga film kartun (cartoon)

“Anime” bagi orang diluar jepang, diidentikan dengan kartun nya orang jepang atau animasi berciri khas jepang. Dengan gaya gambar yang ala anime, misal mata besar, wajah moe, dan lain nya seperti tersebut diatas. Sedangkan “Kartun (cartoon)” merupakan film animasi yang bergenre humor atau komedi, dengan gaya gambar yang berbeda dengan anime. Dengan gambar ala karikatur, dan hayalan lain nya (gambar ala barat / western).

D. Apakah sama atau berbedakah antara anime dan juga kartun (cartoon) ?

Karena film anime dan kartun merupakan sama-sama film animasi, jadi film anime dari jepang, dapat disebut sebagai “kartun jepang”, begitu pula film kartun dari amerika dapat disebut sebagai film “anime”, karena memang pengertian anime adalah “animation” atau gambar animasi. Begitupula dengan berbagai film animasi dari lain negara, misalnya china, korea, malaysia atau mungkin indonesia juga. Jika gambar atau artwork film bergaya ala anime maupun kartun, dapat disebut juga sebagai anime korea, anime china, anime indonesia, dan lain nya. Atau juga dapat disebut sebagai film kartun korea, kartun china, kartun malaysia, dan lain nya. Contohnya film upin dan ipin, adit sopo jarwo, battle of surabaya juga termasuk film animasi, kartun atau juga anime.

Dari pemaparan diatas, tentunya kembali kepada persepsi dan pendapat anda masing-masing. Menurut saya anime dan kartun sama saja. Tapi karena, gaya animasi film jepang yang berbeda dengan animasi film barat (western), sehingga timbul lah pendangan yang menganggap anime merupakan ciri khas film animasi jepang, sedangkan yang lain Cuma kartun, padahal film donal bebek dijepang juga disebut film anime (animeshon). :v

(persamaan dan perbedaan) Anime vs kartun (cartoon), apakah sama atau berbeda ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment