Tuesday, October 31, 2017

Apa itu arti bootleg ? (barang, mainan, game, musik, action figure bootleg)

Bootleg. Kata yang satu ini, mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda. Khususnya bagi para wibu dan juga bagi para gamer jadul. Namun tahukah anda tentang pengertian dari kata “BOOTLEG” ini ?. Bootleg jika di artikan kedalam bahasa indonesia, menurut google translate, dapat diartikan sebagai “menyelundupkan”. Jadi dari arti kata diatas dapat disimpulkan bahwa barang bootleg merupakan barang yang tidak asli (palsu) atau kw. Lebih jelasnya ada di bawah ini.

Apa itu arti bootleg ? (barang, mainan, game, musik, action figure bootleg)

1. Apa itu pengertian BOOTLEG ?

Bootleg merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menyebutkan suatu barang atau produk yang tidak asli, produk tiruan, barang kw, barang plagiat, yang mengambil sedikit banyak ide (nama, produk, jenis barang, bentuk, kegunaan, dan lain nya) dari barang / produk yang asli. Barang bootleg biasanya kualitasnya lebih buruk daripada barang yang asli, selain itu harganya lebih murah. Karena memang barang bootleg merupakan barang tiruan yang mencaplok atau mengambil hak cipta dari barang atau produk (asli) yang sudah ada dan terkenal di pasaran. Produk bootleg sangat banyak tersebar di dunia ini. Mulai dari mainan, game, musik, pakaian, makanan, berbagai produk branded yang terkenal, pasti ada saja barang bootleg yang dibuat.

2. Tujuan pembuatan barang bootleg

Barang bootleg pasti dibuat dengan tujuan tertentu. Tidak mungkin seseorang atau kelompok orang membuat barang bootle tanpa tujuan yang jelas. Berikut beberapa tujuan pembuatan barang bootleg :

A. Barang bootleg dibuat untuk mendongkrak penjualan

Seseorang atau kelompok biasanya membuat barang bootleg dari berbagai brand yang sudah terkenal di dunia. Sebut saja seperti adidas, bandai, nintendo, dan lain sebagainya. Pasti ada saja tangan-tangan jail yang memanfaatkan nama brand suatu produk untuk mendongkrak penjualan barang atau produk kw buatan nya. Ada banyak sekali produk palsu dipasaran yang memakai nama brand yang hampir mirip dengan brand aslinya. Sebut saja seperti konsol bootleg polystation, pakaian bootleg adidos yang mirip dengan logo adidas. Sepatu bootleg hike, nkie yang meniru nama brand dan logo dari Nike. Dan masih banyak yang lain nya.

B. Barang bootleg dibuat untuk mendapat keuntungan yang maksimal

Biasanya barang bootleg dibuat dengan kualitas yang buruk. Tidak sehebat dan sebagus yang aslinya. Makanya di indonesia sering muncul berbagai istilah seperti barang kw, kw super, kw 1, kw 2, dan lain sebagainya. semua itu termasuk kedalam kategori barang bootleg. Yakni barang tiruan yang mengambil sedikit banyak ide dan hak cipta dari barang asli yang sudah ada. Barang bootleg dibuat dengan bahan yang murah, dan diproduksi secara masal untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

C. Barang bootleg dibuat untuk menjatuhkan nama produk

Bagi orang yang jahat dan licik. Barang palsu dibuat untuk menjatuhkan barang / produk asli yang sudah mendapat nama di pasaran. Barang bootleg yang palsu disebar dengan barang asli, guna memancing pendapat masyarakat luas. Agar konsumen merasa kecewa dengan produk yang dibelinya. Sehingga produk asli menjadi bahan kritikan dan ejekan konsumen. Dengan demikian, nama brand tersebut akan menjadi tercoreng dan tercemar.



3. Contoh barang bootleg

Barang bootleg banyak sekali tersebar di pasaran. Anda mungkin dapat mengecek contoh penemapakan nya di google gambar dengan keyword nama barang dan juga kata bootleg. Berikut penjelasan mengenai beberapa barang bootleg.

A. Game bootleg

Geme bootleg merupakan game tidak resmi atau juga game yang tidak berlisensi, yang mengambil sedikit banyak ide atau konten dari game asli yang sudah ada di pasaran. Sebut saja seperti game plants vs zombie nes, angry bird 1 2 dan 3 nes, harvest moon nes, final fantasy vii nes, dan lain sebagainya. Game yang tersebut diatas mengkopi ide dari game yang sudah ada, dan diport atau dibuat ulang dalam bentuk game NES (Nintendo Entertainment System).

Ada juga berbagai produk yang berkaitan dengan game bootleg, seperti konsol game, cartridge, cdgame, yang semuanya tidak resmi dari perusahaan game, seperti nintendo, sony, sega, dan lain nya. Dibuat ulang dalam kemasan baru, seperti konsol polystation, pvp, p2p, dan lain sebagainya.

B. Mainan bootleg

Mainan bootleg, merupakan mainan kw yang tidak asli / original. Tidak resmi dan tidak berasal dari perusahaan yang memiliki produk mainan tersebut. Sebut saja seperti mainan action figure, nendoroid, dan lain sebagainya. Jika barang tersebut merupakan produk bootleg, biasanya harganya akan jauh lebih murah dari barang aslinya. Sebut saja seperti action figure gundam bootleg yang ada banyak dipasaran, harganya jauh lebih murah daripada gundam asli buatan Bandai. Dan juga nendoroid yang bukan produk dari perusahaan good smile company. Pasti kualitas dan harganya berbeda jauh dengan barang asli.

C. Pakaian bootleg

Pakaian bootleg, baik berupa kaos, celana, sepatu, dan lain sebagainya. biasanya memakai nama produk yang mirip dengan produk yang sudah terkenal di pasaran. Dan logonya pun mirip dengan produk yang sudah ada. Misalnya di google image, saya dapat menemukan berbagai pakaian bootleg berlogo dan bertuliskan seperti adidos, adadis, hike, dan lain sebagainya.

D. Musik bootleg

Musik bootleg, nama lain nya ya musik hasil plagiat. Seseorang yang membuat musik bootleg, mengambil sedikit banyak atau konten dari musisi lain. Kemudian ia memodif atau membuat lagu baru, dan merekamnya tanpa atau dengan melalui perusahaan rekaman resmi yang sudah ada. Biasanya musik atau lagu bootleg di pertotonkan dalam sebuah konser, sebut saja seperti musik dan lagu-lagu yang di buat koplo.

4. Ciri-ciri barang bootleg

Barang bootleg biasanya memiliki ciri khas seperti di bawah ini.

A. Nama produk dan logo barang bootleg, hampir mirip dengan brand terkenal yang sudah ada.
B. Harga barang bootle lebih murah dari barang original atau asli.
C. Kualitas barang bootleg jauh berbeda dari produk asli.
D. Bahan yang digunakan untuk membuat barang bootleg berkualitas rendah.
E. Produk barang bootleg tidak resmi dari perusahaan asli yang sudah ada.

5. Status kelegelan barang bootleg

Barang bootleg jelas statusnya adalah ilegal. Karena mengambil hak cipta dari brand dan juga produk yang sudah ada. Dengan adanya barang bootleg, sebuah perusahaan akan mengalami kerugian karena barang palsu yang beredar di pasaran. Dan lagipula pelanggaran hak cipta dilarang oleh hukum. Jadi semua barang bootleg yang ditujukan untuk di perjual belikan di masyarakat luas adalah ilegal.

6. Penutup

Pandai-pandailah dalam memilih barang yang akan anda beli. Jangan tergiur dengan harga murah, dan jangan terlalu royal dalam membeli suatu barang. Teliti dan cermati terlebih dahulu barang yang akan anda beli. Agar anda tidak membeli kucing di dalam karung. Sekian, terimakasih. . .

Apa itu arti bootleg ? (barang, mainan, game, musik, action figure bootleg)
4/ 5
Oleh

Leave your comment