Monday, October 2, 2017

Apa itu (Arti, Maksud, Mengidentifikasi, Penjelasan berbagai) penampakan cahaya (aneh) di langit malam

Seringkali orang-orang melihat penampakan cahaya di langit mengaitkan nya dengan berbagai hal yang mistis, padahal sebenarnya banyak penjelasan secara sains dan ilmiah dari berbagai penampakan cahaya aneh dilangit tersebut. Di langit malam yang terang, tanpa awan dan polusi cahaya lampu perkotaan, banyak terlihat penampakan berbagai cahaya warna-warni yang berkilauan menghiasi langit. Tak jarang banyak juga penampakan bintang jatuh atau meteor yang melintas di pandangan mata kita. Hanya saja, karena banyak polusi cahaya di wilayah perkotaan, jadi langit malam yang sebenarnya penuh dengan bintang, tak nampak indah lagi karena kalah terang dengan berbagai lampu cahaya perkotaan. Berbeda lagi jika berada didaerah pedesaan dan pegunungan yang masih sedikit terdapat lampu dan listrik, disana kita dapat menemui berbagai penampakan benda langit yang mungkin belum pernah anda ketahui, berbagai bintang berjajar dengan rapi membentuk sungai yang indah diatas langit, penampakan tersebut merupakan penampakan galaksi tempat kita tinggal, galaxi milkyway atau yang lebih terkenal dengan sebutan galaksi bimasakti.

Apa itu (Arti, Maksud, Mengidentifikasi, Penjelasan berbagai) penampakan cahaya (aneh) di langit malam

Nah, berikut penjelasan (maksud) dan cara mengidentifikasi berbagai penampakan cahaya yang sering terlihat di langit malam :

1. Cahaya buatan manusia

Cahaya buatan disini adalah cahaya yang berasal dari buatan manusia, bukan merupakan benda langit alami, namun hasil buah pikir umat manusia.

A. Cahaya dari Satelit buatan

Jika saat anda melihat langit malam, dan anda melihat titik kecil dilangit berjalan dengan garis lurus diantara cahaya berbagai bintang yang berkedip. Entah cahaya tersebut berwarna putih, kuning, merah dan sebagainya, hal tersebut merupakan penampakan dari satelit buatan manusia. Entah itu satelit yang masih aktif, maupun satelit yang sudah mati. Selain satelit, bisa juga merupakan meteoroid (batuan ruang angkasa) yang sedang melintas didekat bumi. Lebih jelasnya tentang cahaya satelit adalah sebagai berikut :

- Titik cahaya kecil bergerak lurus dilangit secara perlahan dan konstan
- Cahaya tersebut tidak berkedip seperti bintang
- Hanya 1 titik kecil saja , tidak bergerombol atau lebih dari satu cahaya. Namun jika banyak titik dan bergerak berlain arah, mungkin saja itu sekumpulan meteoroid
- Cahaya akan menghilang, jika pandangan mata sudah tidak mampu melihatnya lagi (misal : menjauh ke arah utara, sampai tidak terlihat lagi)

B. Cahaya dari Stasiun ruang angkasa ISS (International Space Station)

Sama seperti satelit buatan diatas, stasiun ruang angkasa iss bergerak lurus dilangit malam. Hanya saja cahayanya agak besar dari cahaya satelit. Dan ukuran titiknya juga lebih besar dari satelit, serta lebih cepat dari satelit dan meteoroid yang bergerak di langit malam. Lebih jelasnya :

- Titik cahaya putih, agak besar, bergerak konstan (1 arah)
- Bergerak dengan kecepatan yang lumayan, lebih cepat dari satelit buatan pada umumnya
- Hanya 1 titik cahaya, dan tidak berkedip
- Cahaya akan menghilang, jika pandangan mata sudah tidak mampu melihatnya lagi (misal : menjauh ke arah barat, sampai tidak terlihat lagi)

C. Cahaya lampu pesawat terbang

Jika anda melihat langit malam, dan melihat ada cahaya, lebih dari 1 titik cahaya yang berkedip (biasanya 3 titik), berwarna-warni dan bergerak secara konstan secara bersamaan. Terkadang juga ada suara khas pesawat yang terdengar. Itu merupakan cahaya yang dihasilkan oleh lampu pesawat terbang yang sedang melintas. Lebih jelasnya :

- Cahaya lampu, lebih dari 1 dan terlihat berkedip, agak sedikit besar
- Bergerak bersamaan
- Bergerak secara konstan (1 arah). Tidak berputar-putar dan juga tidak tiba-tiba menghilang, kecuali terhalang oleh awan

D. Cahaya lampu layangan sowangan

Jika dilangit malam anda melihat berbagai jenis kumpulan lampu yang terbang di 1 tempat, dan bergerak secara aneh. Mungkin juga menimbulkan suara yang aneh, seperti berbunyi “weng-weng”. Itu merupakan cahaya lampu layangan sowangan yang dimodif, dengan menambahkan dinamo dan beberapa lampu led. Lebih jelasnya :

- Cahaya berwarna-warni atau satu warna yang banyak dan bergerombol, entah itu membentuk sesuatu (misal : seperti gambar binatang)
- Cahaya terlihat bergerak di satu tempat, kekanan-kekiri, maju-mundur, dsg
- Terdengar suara weng-weng, atau juga tidak bersuara
- Terkadang cahaya berkedip, terkadang juga tidak berkedip, tergantung kecepatan dan arah angin

E. Cahaya lampu sorot

Jika anda melihat cahaya, entah itu berwarna putih neon, atau kuning, dsg. Cahaya berupa sorotan panjang dari bumi, menuju keatas (kelangit), dan bergerak sesuai ritme, entah itu kekanan- kekiri atau memutar dan lain sebagainya. Itu merupakan cahaya lampu sorot suatu event atau pagelaran tertentu, misalnya cahaya lampu sorot di pasar malam, atau di suatu konser. Lebih jelasnya :

- Cahaya terlihat seperti sorot lampu senter, namun lebih besar
- Cahaya terlihat bergerak sesuai ritme (kanan-kiri, memutar, dll)
- Cahaya berasal dari bumi, dan lurus keatas (langit)
- Warna cahaya yang monoton (misal, kuning saja, putih saja, dll). Atau juga bisa berganti-ganti warna.

F. Polusi cahaya lampu perkotaan

Jika anda berada agak jauh dari kota, dan melakukan perjalanan menuju kota pada malam hari. Biasanya dilangit terlihat pancaran cahaya yang meluas. Berwarna sesuai cahaya lampu yang dominan berada di kota tersebut. Cahaya tersebut, merupakan polusi cahaya, atau cahaya dari semua lampu kota, yang terlihat dari kejauhan. Sehingga membuat berbagai penampakan bintang dan benda langit lain nya menjadi tidak terlihat dengan jelas.

G. Cahaya kembang api

Mungkin sebagian besar para pembaca dapat mengenali cahaya yang satu ini, cahaya kembang api diikuti dengan suara ledakan, dan juga berbagai penampakan bentuk cahaya yang indah dan beraneka macam.

H. Cahaya pesawat tanpa awak (drone)

Pesawat mainan, dan juga drone yang diterbangkan dimalam hari, mungkin juga memancarkan cahaya yang bergerak secara tidak beraturan. Dan malah disalah artikan sebagai ufo. Padahal Cuma mainan saja.

I. Cahaya Lampion dan Balon udara

Cahaya lampu lampion yang diterbangkan dimalam hari mungkin terlihat seperti api yang menyala-nyala di langit. Dan cahaya dari balon udara juga nampak seperti api yang menyala-nyala dilangit malam.

2. Cahaya dari berbagai benda langit (cahaya alami)

Nah, setelah beberapa cahaya buatan manusia diatas, selanjutnya adalah cahaya dari berbagai benda langit dan juga cahaya dari berbagai fenomena yang terjadi dilangit, diantaranya seperti.

A. Cahaya Bintang

Cahaya dari kerabat matahari ini selalu berkedip dilangit malam, dan tidak bergerak dari posisinya. Cahaya bintang bervariasi, ada yang berwrana putih neon, ada yang berwarna kuning, merah, dan lain sebagainya. Sebenarnya ukuran bintang sangatlah besar, banyak juga yang lebih besar dari matahari, namun karena jaraknya yang terlalu jauh, jadi ukuran nya terlihat kecil. Hanya seukuran titik yang bervariasi. Lebih detailnya :

- Cahaya bintang tampak berkedip-kedip
- Warnanya bervariasi, mulai dari kuning, merah, putih, putih kebiruan dan lain sebagainya
- Cahaya menetap, tidak bergerak dari posisinya
- Cahaya bintang berukuran kecil, seperti titik yang terdiri dari varian ukuran (misalnya beberapa pixel :v)

B. Cahaya dari Planet

Hampir sama seperti penampakan bintang, namun cahaya dari planet tidak berkedip. Cahayanya terang terus-menerus tanpa berkedip. Sepertihalnya planet venus, Biasanya planet venus sering nampak sebelum matahari terbenam di ufuk timur, dan juga setelah matahari terbenam di ujung barat. Maka dari itulah planet venus mendapat berbagai julukan seperti, bintang senja, bintang fajar dan juga bintang kejora.

C. Cahaya Meteoroid

Meteoroid merupakan batuan ruang angkasa (luar angkasa) yang belum terjatuh kebumi. Karena belum tertarik oleh gravitasi bumi, mungkin karena jaraknya yang masih cukup jauh dari bumi. Cahaya dari meteoroid sama dengan penampakan cahaya dari satelit buatan manusia. Yakni titik kecil, bergerak lurus secara konstan di langit malam, tentunya tanpa berkedip seperti halnya bintang.

D. Cahaya Meteor

Meteor merupakan batuan / benda ruang angkasa yang jatuh kebumi karena tertarik oleh gaya gravitasi bumi. Karena adanya gesekan dengan atmosfer bumi akibatnya nampak seperti segaris cahaya oranye yang melintas dilangit, dan kemudian menghilang / lenyap habis terbakar, atau juga terjatuh kebumi. Meteor mungkin lebih sering dikenal dengan sebutan bintang jatuh. Lebih jelasnya tentang cahaya meteor .

- Cahaya nampak sperti garis berwarna api (merah, oranye)
- Cahaya terlihat seakan terjatuh kebumi (bintang jatuh)
- Kemudian cahaya menghilang dan lenyap dilangit malam

E. Cahaya Hujan meteor

Hujan meteor merupakan suatu istilah, dimana banyaknya benda dan batuan ruang angkasa yang tertarik oleh gaya gravitasi bumi sehingga memasuki atmosfer bumi dan terbakar disana. Hujan meteor terdiri dari banyak meteor yang jatuh kebumi secara bersamaan. Sehingga cahayanya nampak seperti banyak goresan berwarna oranye, atau nampak seperti hujan cahaya garis dilangit malam, dan kemudian menghilang. Lebih jelasnya :

- Sekumpulan cahaya oranye yang terlihat dilangit malam (nampak seperti sekumpulan meteor / cahaya garis / hujan meteor)
- Cahaya seakan terlihat terjatuh kebumi
- Seperti meteor, cahaya terlihat seperti bergaris miring, namun berjumlah banyak, tidak 1 garis seperti meteor
- Tidak lama kemudian cahaya akan hilang

F. Cahaya Komet

Komet atau yang lebih sering disebut dengan nama bintang berekor. Karena komet merupakan batuan dan es yang lewat dekat dengan bumi dan matahari. Sehingga batuan dan es tersebut Nampak seperti bintang yang memiliki ekor. Cahayanya yang terang dilangit malam dan tidak berkedip. Cahayanya bergerak lurus, memanjang melintasi horizon langit malam. Lebih jelasnya :

- Cahaya komet nampak sperti cahaya palanet yang agak besar dan memiliki ekor / buntut
- Warna cahaya bervariasi, tergantung jenis komet, ada yang berwarna putih kebiruan, hijau, dan lain sebagainya
- Komet tidak muncul setiap hari, namun mengorbit tata surya setiap waktu yang sudah ditentukan, misalnya seperti komet haley yang muncul setiap 76 tahun sekali

G. Cahaya Aurora

Aurora hanya terjadi dibelahan bumi paling (daerah sekitar kutub) utara dan selatan saja, cahaya aurora nampak seperti deburan ombak berwarna-warni yang menari menghiasi langit. Warna cahaya bervariasi, mulai dari hijau, merah, kuning, dan lain sebagainya. Aurora terjadi karena gesekan gaya magnet bumi dengan matahari (badai matahari, radiasi matahari).

H. Cahaya Bulan

Tidak usah ditanya lagi, satelit alami bumi ini memantulkan cahaya dari matahari dan memiliki cahaya yang berwarna oranye, terkadang juga berwarna merah dan biru jika terjadi suatu event tertentu, seperti blood moon, bulan purnama, super moon dan lain nya. Bentuk bulan berbeda-beda tiap harinya, karena pengaruh rotasi dan revolusi bumi, sehingga bulan dapat berbentuk seperti sabit, setengah lingkaran, sampai bulat sepenuhnya.

I. Cahaya Kilatan petir

Cahaya kilatan petir merupakan hasil perpaduan berbagai molekul bermuatan positif dan negatif di awan. Sehingga menimbulkan efek listrik statis yang dahsyat, sehingga menimbulkan apa yang disebut dengan petir. Petir dapat menghasilkan kilatan cahaya yang berwarna-warni dan berbentuk seperti ranting pepohonan. Dari berbagai petir dan badai petir, biasanya menghasilkan berbagai fenomena aneh seperti api santo elmo, elves dan juga pijaran cahaya peri.

J. Api santo elmo

Api santo elmo terjadi karena petir yang sangat kuat, menimbulkan pecahnya berbagai molekul dan menimbulkan semburan cahaya plasma yang biasanya berwarna hijau. Api tersebut biasanya menyambar puncak-puncak tinggi. Seperti tiang galangan kapal laut, pipa besi, besi bangunan, dan lain sebagainya.

K. Fatamorgana / pembiasan cahaya matahari

Setelah sesaat matahari tenggelam, biasanya nampak ada cahaya merah dilangit sebelah barat. Namun karena beberapa hal, cahaya tersebut mengalami perubahan dan berubah menjadi warna hijau sesaat setelah matahari tenggelam. Cahaya hijau tersebut nampak jelas digelapnya malam.

3. Cahaya UFO (Unidentified flying object) / objek terbang yang tidak diketahui (ghaib)

Cahaya dilangit malam banyak sekali yang misterius dan tidak dapat dijelaskan dengan sains. Cahaya tersebut biasanya berbentuk seperti pesawat terbang aneh, piring terbang, api terbang, dan lain sebagainya. Cahaya tersebut bergerak dengan aneh dan misterius, terkadang lama sekali muncul penampakan nya, terkadang menghilang dengan seketika. Setelah menghilang terkadang muncul lagi, dan lain sebagainya. Mungkin di luar negri ada ufo, di indonesia ada banaspati, panah santet dan lain sebagainya. Intinya ada mahkluk selain manusia yang tinggal di bumi ini, yakni jin.

Ya begitulah kiranya, berbagai misteri cahaya yang nampak dilangit malam. Setidaknya kita harus mengidentifikasi cahaya tersebut secara sains dan ilmu pasti terlebih dahulu, kalau sudah mentok tidak ada penjelasan nya dimana-mana. Baik di google maupun diberbagai blog, situs dan juga forum, baru memikirkan tentang adanya kemungkinan fenomena ghaib dan juga supranatural (supernatural) (UFO). Semoga bermanfaat.

Apa itu (Arti, Maksud, Mengidentifikasi, Penjelasan berbagai) penampakan cahaya (aneh) di langit malam
4/ 5
Oleh

Leave your comment