Thursday, October 26, 2017

Apa itu pengertian dan perbedaan antara wibu dan otaku, dan mana yang lebih baik di antara keduanya ?

Di dekade ini, di era berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi. Sangat mudah untuk menemukan berbagai konten yang bernuansa jejepangan, misalnya saja seperti anime, manga, lagu jpop, jrock, dan lain sebagainya. Berbeda dengan tahun 90-2000 an, pada tahun tersebut, perkembangan teknologi Komunikasi dan informasi masih sangat terbatas, sehingga kebudayaan jepang seperti anime, sangat sulit untuk diakses. Kecuali oleh orang-orang tertentu saja, orang yang memiliki televisi, dan orang kaya yang dapat mengakses internet melalui komputer jadulnya. Anime hanya tayang di hari-hari tertentu dan pada jam-jam tertentu. Misalnya seperti pada hari minggu, di jaman dahulu, banyak anime yang diputar diberbagai stasiun televisi. Seperti anime Dragon ball z, hunter x hunter, captain tsubasa, hamtaro, sailor moon, inuyasha, lets and go, dan lain sebagainya.

Apa itu pengertian dan perbedaan antara wibu dan otaku, dan mana yang lebih baik di antara keduanya ?

Dilihat dari cerita yang tertera diatas, dapat kita ketahui, bahwasanya banyak sekali generasi wibu dan otaku di bangsa ini. Mulai dari generasi era 90 an, sampai dengan generasi jaman sekarang. Para wibu era 90-2000an, malah banyak yang menjadi penyuplai asupan nutrisi (anime, manga) bagi para wibu di era jaman sekarang. Sebut saja seperti si anu dan si una :’v.

Wibu dan otaku sebenarnya adalah istilah yang berbeda, namun keduanya memiliki keterkaitan satu sama lain. Para otaku belum tentu seorang wibu, dan kebanyakan wibu adalah seorang otaku. Jadi mereka semua saling membentuk simbiosis dalam bentuk lingkaran yang tidak ada hentinya. Untuk lebih jelasnya simak saja penjelasan dibawah ini.

A. Apa itu pengertian wibu (weeaboo / vvibu) ?

Wibu adalah sebutan yang ditujukan kepada siapa saja yang terobsesi dengan negri jepang. mereka mengganggap budaya jepang, orang jepang, segala hal yang berbau jejepangan adalah hal yang luar biasa. Lebih baik daripada budaya negrinya sendiri, mereka mengganggap hal yang bernuansa jejepangan lebih keramat daripada budayanya sendiri. Budaya jepang no 1 dimata mereka, budaya sendiri dianggap tidak ada harganya, kadang malah menganggap nya layaknya sampah. Budaya jepang yang dimaksud seperti halnya Anime, Fashion (cosplay), musik (jpop, jrock, visual kei, dll), bahasa jepang, anak sekolah jepang, seragam sailor, bunga sakura, dan lain sebagainya, intinya semua hal yang menarik dan umum di negara jepang.

1. Ciri-ciri seorang wibu (weeaboo / vvibu)

a. Terobsesi dengan jepang, budaya jepang, bahasa jepang, orang jepang. Jepang no 1, yang lain tak ada harganya. Ya, intinya mendewakan dan mencintai jepang lebih dari negrinya sendiri.

b. Di media sosial memakai nama akun bernuansa jepang, misalnya “Kaneki kun, Lisa chan, Uchiha udin, Suzuki satoru, dan lain sebagainya”.

c. Di media sosial selalu memakai photo profil bergambar anime.

d. Di media sosial suka membahas hal yang berbau jejepangan, seperti anime, manga, lagu j-pop, dll.

e. Dimedia sosial banyak bergabung di grup-grup anime.

f. Suka menggambar karakter anime atau bernuansa anime.

g. Suka membeda-bedakan antara anime dan juga kartun.

h. Sering mengaku dan bangga menjadi otaku.

i. Menganggap anime lebih baik dari sinetron. Mereka menganggap Anime lebih banyak mengandung pelajaran daripada sinetron. Anime derajatnya lebih tinggi daripada perfilman lokal (sinetron).

j. Sering menggangap gambar karakter anime sebagai pacar. Istilahnya sebagai waifu atau juga husbando. Apalagi setiap musim juga gonta-ganti waifu.

k. Sering menghayal menjadi karakter anime. istilahnya Nge chuunibyo.

l. Sering menghayal tinggal di jepang atau menjadi orang jepang.

m. Selalu ikut berbagai event anime, misalnya acara cosplay, j-music, dan lain nya.

Apabila anda memiliki banyak kriteria yang tersebut diatas, selamat berarti anda positif menjadi seorang vvibu.



B. Apa itu pengertian otaku ?

Otaku adalah seseorang yang sangat mencintai hobinya dibandingkan dengan pekerjaan lain yang ada di dunia ini. Hobinya adalah yang nomer satu, sedangkan urusan lain, merupakan masalah nomer ke sekian. Mereka sangat memprioritaskan kepentingan hobinya dibanding kepentingan yang lain nya. Mereka sangat serius dengan hobinya, setiap hari menggeluti dan mengerjakan hobi yang disukainya.

Dalam hal ini misalnya seorang yang hobi menonton anime, mereka setiap hari akan menonton anime. Menonton berjam-jam sampai lupa waktu, urusan yang lain belakangan, pokoknya anime yang nomer 1. Namun otaku bukan hanya berurusan dengan anime saja, seorang yang hobi bermain game dan memprioritaskan gamenya daripada urusan yang lain juga disebut sebagai otaku. Ada otaku anime, otaku game, otaku komputer, dan lain sebagainya.

1. Ciri-ciri seorang otaku anime

a. Setiap hari menonton anime, membaca manga, novel, dan yang berhubungan dengan anime lain nya.

b. Sering berdiam diri dikamar untuk menonton anime. Tak jarang malah banyak yang menjadi NEET (Not in Education, Employment, or Training) / pengangguran, hanya untuk menjalankan hobinya.

c. Tidak memperbolehkan seseorang untuk masuk kedalam kamarnya yang penuh dengan hal berbau anime.

d. Mereka menganggap no anime no life, sehari tidak menyentuh hal yang berbau anime, serasa bosan dan mati.

e. Sangat hafal dan paham dengan berbagai jenis anime, cerita anime yang akan datang, anime semua musim, dan banyak membahas masalah seputar anime. Update terus tentang kabar terbaru seputar anime.

f. Sering kali fanatik dan loyal dengan karakter anime yang mereka sukai.

g. Sering memamerkan waifu mereka, ada juga yang malah menjadi nijikon (hanya tertarik dengan karakter 2D daripada manusia asli. Jatuh cinta pada karakter anime, sampai ada yang rela menjadikan karakter anime sebagai istri.)


Jika anda sangat mencintai anime daripada apapun yang ada di dunia ini. selamat anda sudah termasuk kedalam bani otaku. Dan jika anda memiliki berbagai kriteria yang tersebut diatas, berarti anda sudah layak disebut sebagai otaku.

C. Perbedaan antara wibu dan otaku

Wibu dan otaku merupakan dua istilah yang jauh berbeda. Namun keduanya, masih dapat saling berhubungan. Bahkan banyak juga yang merangkap dan menyandang gelar sebagai otaku wibu atau juga wibu otaku. Seorang wibu dapat menjadi seorang otaku, dan seorang otaku belum tentu seorang wibu. Anda pusing ?, lihat saja perbedaan nya dibawah ini.

Seorang otaku bukan hanya berkaitan dengan budaya jepang saja. Namun dapat mencakup hal yang luas. Ada otaku game, otaku komputer, otaku kebun, dan lain sebagainya. intinya seorang otaku adalah penghobi ekstrim. Sedangkan wibu, sudah pasti bersangkutan dengan hal yang bernuansa jejepangan. Jadi wibu sudah pasti berkaitan dengan jepang, dan otaku tidak.

D. Mana yang lebih baik antara wibu dan juga otaku ?

Mana yang lebih baik antara wibu dan juga otaku ?. Tentunya tergantung situasi dan kondisi terlebih dahulu, ada 2 kemungkinan. Lebih lengkapnya di bawah ini.

1. Wibu dan otaku sama-sama buruk

Jika seorang otaku tersebut adalah penghobi anime, manga, hal jejepangan yang ekstrim dan sampai menjadi hiki NEET serta seorang nijikon. Ia menjadi penggangguran yang tidak berguna di masyarakat. Maka otaku tersebut sama buruknya dengan seorang wibu yang lebih mencintai negri orang lain dari pada dirinya sendiri.

2. Otaku lebih baik daripada seorang wibu

Jika seorang otaku tersebut sangat mencintai hobinya, ia berinovasi sehingga hobinya menjadi ladang penghidupan baginya. Membuat ia berguna di masyarakat, dan tidak menggurung diri dari pergaulan. Ia lebih baik daripada seorang wibu yang lebih mencintai budaya lain daripada budaya negrinya sendiri. Lagipula, otaku tidak mesti berkaitan dengan hal yang berbau jejepangan.

Jadi, dari berbagai penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa seorang otaku lebih baik daripada seorang wibu jika otaku tersebut dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain (masyarakat). Dan wibu lebih buruk daripada seorang otaku, karena ia lebih mencintai negri orang lain daripada negrinya sendiri. Apalagi jika ia seorang wibu dan juga otaku, tambah buruk 2 kali lpat daripada seorang wibu biasa.

Jadi, masih banggakah anda menjadi seorang wibu dan otaku ?.

# Catatan :

Jika anda sebatas hanya menyukai anime dan manga, dan tidak menganggapnya sebagai hal yang no 1 di dalam hidup anda, dan tidak menganggap negri sendiri lebih buruk dari jepang, baik itu budaya, bahasa, orang, dan lain nya. Maka anda bukanlah seorang wibu ataupun otaku, melainkan penghobi saja. Istilahnya “Anime lovers” :v .

Jadi begitulah sedikit pembahasan mengenai arti dan perbedaan dari wibu dan juga otaku. semoga bermanfaat.

Apa itu pengertian dan perbedaan antara wibu dan otaku, dan mana yang lebih baik di antara keduanya ?
4/ 5
Oleh

2 comments

July 3, 2018 at 7:46 PM delete

Thanks informasinya Gan 👍

Reply
avatar
July 4, 2018 at 7:47 AM delete

Ok, masama gan. Thanks dah mau ninggalin jejak / comment.

Reply
avatar

Leave your comment