Sunday, October 8, 2017

Cara cepat mengatasi dan menghilangkan stres (beban pikiran / depresi)

Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya stres. Stres merupakan sebuah gangguan mental, dimana otak mengalami kelelahan dan banyak mengalami tekanan atau masalah yang melanda pikiran. Banyaknya masalah yang dihadapi atau juga banyaknya pikiran dapat membuat seseorang menjadi stres. Masalah dan pikiran tersebut kebanyakan adalah hal yang berbau negatif, seperti masalah dalam kehidupan, beban hidup, hutang piutang, masalah pekerjaan, pengangguran, diputus cinta / patah hati (percintaan), kegagalan dan lain sebagainya yang dapat memicu kelahan dan tekanan batin di dalam pikiran. Ada juga stres yang diakibatkan karena terlalu banyak berpikir, dalam artian positif, seperti dalam masalah pelajaran, pekerjaan (misalnya: programmer dan penulis yang di kejar deadline), dan lain sebagainya.

Cara cepat mengatasi dan menghilangkan stres (beban pikiran / depresi)

Stres yang berkepanjangan atau stres berat (depresi) dapat menimbulkan berbagai masalah yang serius untuk kesehatan, sehingga dapat membuat tubuh dihinggapi berbagai penyakit yang serius, maka dari itu sebaiknya anda harus bisa mengontrol rasa stres anda. Nah, lalu bagaimanakah cara mengatasi dan menghilangkan (mengobati) stres dengan cepat dan mudah ?. Tentunya tanpa obat-obatan dan semacamnya. Langsung saja berikut cara menghilangkan dan mengatasi stres :

1. Mengembangkan sifat Qana’ah

“Qana’ah” merupakan salah satu sifat yang baik dan terpuji, Qana’ah artinya adalah sikap merasa cukup. Merasa puas dengan apa-apa yang di miliki dan di dapatkan (di usahakan), tanpa mengeluh, iri hati, dan juga merasa tidak puas dengan sesuatu yang anda punya. Jadi semua yang anda alami (musibah, cobaan) dan yang anda miliki (rezeki) merupakan pemberian (ujian) tuhan yang terbaik untuk anda. Anda menerima semua kenyataan yang terjadi pada diri anda sendiri, entah itu anda orang yang kaya maupun orang yang kurang beruntung (miskin). Dengan demikian diwaktu susah pun anda akan merasa tenang, karena anda merasa sudah berkecukupan, anda tidak merasa kekurangan, tidak terpengaruh dengan omongan orang lain. Sehingga anda terhindar dari stres dan pikiran buruk lain nya.

2. Tenangkan pikiran anda (rasa bersyukur dan sabar)

Tenangkan pikiran anda, buang dan kesampingkan semua masalah anda. Anda bukanlah satu-satunya orang yang paling menderita di dunia ini. Banyak sekali orang didunia ini yang memiliki masalah yang lebih berat dari anda. Luangkan sejenak waktu anda untuk mengingat nikmat tuhan yang sudah banyak diberikan kepada anda. Anda bukanlah satu-satunya orang yang memiliki masalah, semua orang pasti pernah mengalami masalah, jadi bersabarlah dan tenangkan pikiran anda.




3. Istirahat sejenak dan Mengatur pernapasan

Biasanya saat sedang stres, pikiran kita akan menjadi kacau dan cemas, tubuh pun menjadi tegang tidak karuan. Maka dari itu beristirahatlah sejenak, cari posisi yang nyaman untuk tubuh anda. Misalnya saja duduk atau berbaring, kemudian tenangkan pikiran anda, lalu tarik nafas dalam-dalam, dan hembuskan secara perlahan. Lupakan semua masalah anda, dan ulangi perileksan nafas anda sampai kondisi anda membaik.

4. Tidur

Lupakan sejenak semua masalah anda, hilangkan beban pikiran atau beban hidup anda. Kemudian cobalah berbaring dan tidur. Dengan tidur, anda dapat sejenak melupakan semua masalah anda. Dengan demikian rasa stres dan tekanan batin anda pun akan berkurang.

5. Menjalankan (mengerjakan) hobi anda

Saat stres melanda, tenangkan pikiran anda, kemudian kerjakan hobi anda. Tentunya hobi yang baik, seperti membersihkan rumah, merawat tanaman dan binatang peliharaan, berolahraga, blogging, bermain games, mendengarkan lagu, menonton film / video lucu di youtube, bermain sosmed dan lain sebagainya. Sehingga anda sejenak dapat melupakan semua masalah anda, dan stres anda pun akan segera menghilang.

6. Berbagi cerita kepada orang yang anda percaya

Jangan pendam sendiri masalah anda, sesekali curhat lah kepada orang yang anda percayai. Orang yang tidak akan membocorkan rahasia anda. Seperti orang tua, saudara kandung (adik, kakak), kerabat, sahabat dan teman dekat, dan lain sebagainya. Sehingga masalah anda akan sedikit berkurang dan rasa stres anda pun akan berkurang. Namun curhat yang paling baik bukan terhadap manusia atau makhluk lain nya, namun curhat lah terhadap Tuhan, karena Tuhan selalu mendengar dan mengerti semua permasalahan anda. Jangan pernah curhat kesosial media seperti facebook, twitter, instgram, whatsapp, bbm dan lain sebagainya. Karena sama saja menyebarkan aib anda sendiri di muka umum.

Ya begitulah, cara mudah dan cepat untuk mengatasi dan menghilangkan rasa stres yang anda alami. Nikmati hidup anda, susah dan senang sudah ada yang mengaturnya, jadi bersabarlah dan tetap berusaha. Namanya juga hidup, pasti akan selalu ada masalah yang melanda.

Cara cepat mengatasi dan menghilangkan stres (beban pikiran / depresi)
4/ 5
Oleh

Leave your comment