Monday, October 30, 2017

Cara cepat menghilangkan rasa pedas di mulut, lidah, kulit tangan, perut

Masakan khas nusantara rasanya tidak dapat dipisahkan dari yang namanya sambal. Dari sabang sampai merauke, dari a sampa z, banyak sekali varian sambal di indonesia ini. Ada yang namanya sambal kecap, ada sambal terasi, sambal balado, sambal tahun, sambal goreng, dan lain sebagainya. berbagai jenis sambal ini tentunya memakai bahan pokok yang tentunya memiliki rasa pedas. Bahan pokok untuk membuat berbagai jenis sambal tersebut adalah cabai (cabe).

Cara cepat menghilangkan rasa pedas di mulut, lidah, kulit tangan, perut

Selain cabai ada juga rempah-rempah yang biasanya digunakan di dalam masakan khas ala nusantara. Yakni seperti merica atau lada, bawang merah dan bawang putih. Semua rempah-rempah diatas memiliki rasa pedas yang khas apabila dikombinasikan dengan cabai, sebagai bahan bumbu masakan yang ada. Selain itu di negara-negara barat ada juga yang namanya paprika, di jepang ada wasabi. Dan lain sebagainya, semuanya memiliki citarasa yang membakar dan pedas di mulut, bagi siapa saja yang memakan nya. Tentunya setiap buah, rempah dan sayuran yang ada memiliki kadar pedas yang berbeda-beda. Sebut saja seperti cabai (cabe) rawit. Walaupun bentuknya kecil, Namun jangan remehkan rasanya, pasti pedas nya luar biasa. Tak khayal banyak anak kecil yang memiliki kemampuan lebih dan populer sering mendapat julukan “kecil-kecil cabe rawit”.

Mungkin anda pernah memakan sambal yang dapat membuat anda menitihkan air mata. Atau mungkin anda tidak sengaja menggigit cabai saat akan memakan gorengan atau jajanan yang anda suka. Dan disaat itu anda merasa menjadi orang yang paling sedih diseluruh dunia. Anda pun akan merasa kepedasan dan tidak henti-hentinya menangis sambil menetekan air mata anda. Mulut anda pun akan bergerak-gerak membuka menutup seolah seperti ikan yang sedang kelelahan habis di kejar-kejar pemangsa.

Untuk mengatasi rasa pedas dengan cepat sangatlah mudah. Anda tidak perlu repot-repot terlalu banyak minum air putih sampai bergalon-galon. Atau anda sibuk memakan gula pasir ber ton-ton. Atau mungkin anda malah mencoba menenggak madu, dan air kelapa muda ber liter-liter ? :’v . semua cara yang disebutkan diatas memang dapat membuat rasa pedas dimulut dapat menghilang. Namun dalam waktu yang tidak singkat atau masih tergolong lama.




Untuk menghilangkan rasa pedas yang membakar dimulut dan lidah anda. Apalagi sampai membuat anda menangis pilu dan sampai meneteskan air mata. Tentunya hal tersebut sangat tidak enak dipandang mata. Apalagi jika anda seorang pria, padahal katanya pria sejati tidak akan menangis. Masa iya anda tega meruntuhkan harga diri anda ?, Kan malu dengan kucing.

Maka dari itu, setiap mengkomsumsi makanan pedas sediakan lah “Garam” di samping anda. Ya, garam. Garam dapur dapat dengan cepat menetralisir setiap rasa pedas yang ada. Saya sudah mencobanya sendiri. Jika gula pasir dimakan saat kepedasan, maka rasa pedas dan sensasi terbakar masih menempel kuat di mulut dan lidah saya. Namun, jika saya mengkomsumsi sedikit garam saat saya sedang kepedasan. Maka rasa pedas itu pun langsung berkurang dan menghilang. Yak, begitulah rahasianya. Anda tidak perlu mengkomsumsi makanan yang manis, atau juga terlalu banyak minum air putih untuk menghilangkan rasa pedas di mulut anda. Anda hanya memerlukan sedikit garam saja, ya garam halus secukupnya. Jangan terlalu banyak-banyak, agar tidak keasinan.

Jika rasa pedas dan panas ada pada kulit, misalnya ada di tangan. Coba cuci kulit tangan anda dengan sabun mandi sampai benar-benar bersih, atau juga cuci dengan air bersih dan tambahkan sedikit garam pada saat mencuci tangan anda. Agar rasa pedas dan panas segera cepat menghilang. Karena rasa pedas dikulit merupakan hasil iritasi dari zat pedas yang ada di cabai dan sejenisnya. Nama zat tersebut adalah “Capsaicin”.

Jika rasa pedas dan panas ada di perut. Berarti perut anda sedang bermasalah. Kemungkinan penyakit lambung / maag anda sedang kumat. Coba saja minum obat maag dan sejenisnya yang mengandung antasida.

Maka dari itu, sebaiknya anda jangan sampai terlalu banyak mengomsumsi makanan yang pedas. Agar kinerja lambung dan usus anda tidak terganggu. Jika anda terlalu banyak mengomsumsi makanan yang pedas, besar kemungkinan dapat membuat anda terkena sakit maag dan juga mencret / diare.

Cara cepat menghilangkan rasa pedas di mulut, lidah, kulit tangan, perut
4/ 5
Oleh

Leave your comment