Friday, October 20, 2017

Cara melawan, mengatasi, menghilangkan rasa malas (pada anak, belajar, bekerja, beribadah)

Malas merupakan salah satu sifat yang selalu saja ada pada diri manusia, sifat buruk yang satu ini jika dibiarkan begitu saja, maka akan sangat merugikan bagi siapa saja yang memeliharanya. Apabila seseorang membiasakan diri untuk bermalas-malasan, maka akan sangat sulit untuk menghentikan sifat malas ini, karena sifat tersebut sudah mendarah daging pada diri nya. Bukan hanya anak-anak saja yang sering memiliki sifat malas ini, para remaja dan orang dewasa pun sering kali bermalas-malasan dalam mengerjakan suatu hal. Maka dari itu, sebaiknya para orang tua, sejak dini harus mendidik anaknya agar tidak bermalas-malasan dalam melakukan suatu hal, misalnya seperti malas belajar dan juga ibadah (sholat). Soalnya jika dibiarkan terus-menerus, maka sang anak akan menjadi pribadi yang pemalas, setelah dewasa iapun akan malas melakukan berbagai hal, termasuk malas bekerja dan malas untuk membantu orang tua, yang ada hanya nyantai saja dan menikmati hidup yang ada.

Cara melawan, mengatasi, menghilangkan rasa malas (pada anak, belajar, bekerja, beribadah)

A. Penyebab munculnya rasa malas

Rasa malas, tidak mungkin datang secara tiba-tiba. Pasti ada saja penyebab yang membuat rasa malas ini muncul dalam diri tiap manusia. Diantara penyebab rasa malas tersebut adalah :

1. Rasa bosan / Kebosanan

Dalam melakukan suatu hal, ada kalanya kita merasa bosan untuk mengerjakan suatu hal. Entah itu dalam masalah belajar, sekolah, pekerjaan dan lain sebagainya. akibatnya kita akan merasa malas menyelesaikan dan mengerjakan sesuatu, karena memang hal tersebut membuat bosan.

2. Menunda-nunda waktu / menunda-nunda pekerjaan

Percaya atau tidak, semakin anda menunda-nunda waktu, maka akan menjadi semakin malas anda untuk melakukan sesuatu. Akhirnya pekerjaan atau sesuatu yang anda rencanakan dan lakukan pun tak pernah terlaksana. Atau paling tidak rencana atau pekerjaan yang akan anda lakukan akan menjadi molor / telat.

3. Terjebak di zona nyaman

Entah itu anda sedang keasyikan bermain game, menonton film, membaca novel, dan lain sebagainya. Hal tersebut mengakibatkan anda merasa malas untuk melakukan suatu hal yang lain. Karena anda menganggap yang anda lakukan sangatlah penting dan nyaman (lebih menyenangkan). Misalnya seorang Hiki NEET yang merasa nyaman menonton anime dikamar, daripada mencari pekerjaan ataupun bekerja. Yang ada mereka menjadi pengangguran senior.

4. Menyepelekan sesuatu (menganggap enteng atau remeh pada suatu hal)

Karena anda merasa lebih tinggi, merasa hal yang akan anda lakukan sangat mudah dikerjakan dan mudah diselesaikan. Jadi anda lebih memilih bermalas-malasan dulu, baru mengerjakan hal tersebut setelah anda nyantai dan mengerjakan sesuatu yang anda anggap lebih penting, misalnya seperti bermain game online, dll. Akibatnya rasa malas pun akan mulai muncul, dan andapun akan menunda-nunda waktu.

5. Sedang sakit (lemas, mengantuk)

Sakit yang biasanya menyebabkan seseorang merasa mengantuk, lelah dan juga lemas, adalah sakit anemia (kekurangan sel darah merah). Selain itu juga penyakit cacingan dan juga tekanan darah rendah. Jika anda mengantuk terus-menerus, jadi wajar jika anda akan merasa malas dalam melakukan sesuatu.

6. Diganggu setan

Sebagai orang yang beriman, kita wajib mempercayai yang ghaib. Termasuk setan, jin, dkk, mereka seringkali membisikkan sesuatu yang buruk ke dalam hati dan pikiran manusia. Sehingga seseorang menjadi bermalas-malasan dalam melakukan suatu hal. Termauk dalam beribadah.

B. Akibat yang ditimbulkan dari rasa (sifat) malas [pemalas, sering bermalas-malasan]

Jika anda sering bermalas-malasan, tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan mental dan juga tubuh anda. Selain itu, masalah finansial, keluarga dan lain nya juga akan turut terganggu. Lebih detilnya tentang dampak buruk dari sifat malas ada di bawah ini :

1. Mengantuk

Jika anda selalu saja bermalas-malasan, maka anda akan di landa rasa ngantuk yang luar biasa. Akibatnya anda akan sering tidur dan jarang beraktivitas. Tentunya hal ini akan menganggu kinerja fisik tubuh anda, sehingga anda akan terjangkit berbagai penyakit.

2. Sakit tekanan darah rendah / hipotensi

Jika anda sering malas-malasan dan tidur, maka anda akan terkena penyakit hipotensi. Anda akan lebih sering mengalami rasa pusing, lemas, mengantuk, denyut jantung tidak teratur, dan bahkan sesak nafas jika sudah terlalu parah. Maka dari itu, sering-seringlah berolahraga, walaupun hanya sekedar jalan kaki saja.

3. Terpuruk / tertinggal

Ada yang bilang, “orang yang bekerja keras dapat mengalahkan orang yang berbakat tapi pemalas”. Orang yang bermalas-malasan, akan tertinggal jauh dari orang yang bekerja keras. Baik itu dalam hal akademik, seperti nilai sekolah, dalam hal pekerjaan, materi, keuangan, jodoh, dan lain sebagainya. Intinya orang yang pemalas akan tertinggal jauh dengan teman-teman nya yang pekerja keras. Walaupun si pemalas itu adalah orang yang berbakat dan pandai.

4. Banyak masalah dalam kehidupan

Jika anda malas dalam mengerjakan sesuatu, dan sering menundanya. Maka anda akan terasa gelisah dan dikejar waktu, karena anda mengerjakan suatu hal pada masa atau akhir waktu yang sudah ditentukan. Akhirnya akan banyak error dan masalah disana-sini pada sesuatu yang sedang anda kerjakan. Apalagi jika anda malas dalam bekerja, maka di masa tua, anda akan merasa kesulitan, karena kekurangan dana atau biaya hidup. Karena kemalasan anda itulah yang membuat banyak masalah terus bermunculan dalam hidup anda.

5. Meresahkan dan merugikan orang lain

Jika anda bermalas-malasan, bukan hanya anda sendiri yang akan terkena dampak dari kemalasan anda. Namun orang disekitar anda pun akan terkena dampak juga, orang tua anda, saudara anda akan kebingungan untuk menanggung beban hidup anda. Jika anda tidak bekerja, anda akan menyulitkan orang lain, apalagi jika anda sampai menggelandang dan mengemis dijalanan.




C. Cara mengatasi dan melawan rasa malas

Untuk melawan dan mengatasi rasa malas cukup mudah jika memang anda sudah berniat untuk melawan rasa malas anda. Jika tidak, ya dijamin rasa malas akan muncul terus dalam diri anda. Nah, langsung saja, berikut langkah-langkah untuk mengatasi dan melawan rasa malas :

1. Niat

Tanpa niat yang kuat, percuma jika anda ingin mengatasi rasa malas anda. Pasti tidak akan pernah berhasil. Jadi kuatkan niat dan tekad anda, jika niat anda sudah kuat maka perlahan tapi pasti, kemalasan dalam diri anda akan berhasil diatasi.

2. Menjaga pola makan dan hidup

Agar tidak mengantuk terus-menerus (sering mengantuk), pastikan diri anda untuk mendapatkan nutrisi makanan yang seimbang. Jangan terlalu banyak makan nasi dan jangan terlalu kekenyangan, jika tidak nanti pasti anda akan cepat merasa mengantuk. Jangan keseringan begadang, karena jika terus-menerus demikian, maka kesehatan tubuh anda akan terganggu, selain itu diwaktu pagi juga anda akan mengantuk dan malah tertidur. Selain itu sering-seringlah berolahraga, agar tubuh anda menjadi kuat dan sehat, sehingga anda akan terhindar dari rasa kantuk yang dapat membuat anda menjadi malas.

3. Jangan menunda-nunda waktu dan pekerjaan

Jika anda mendapatkan tugas atau mau melakukan sesuatu, segera mungkin selesaikan. Jangan ditunda-tunda, jika tidak, maka rasa malas akan muncul di hati anda. Akibatnya, anda akan lebih lama menunda-nunda tugas yang akan anda selesaikan, Dan malah bermalas-malasan.

4. Keluar dari zona nyaman

Jangan terjebak dalam kenikmatan, semuanya hanya kesenangan sesaat. Pikirkanlah tentang masa depan, jika anda bermalas-malasan, pikirkan lah bagaimana nasib anda nantinya di masa yang akan datang. Jadi, semangatlah, jangan terus-menerus keasyikan melakukan hobi dan juga permainan. Misalnya main game dan nonton anime terus. Kalau bukan anda sendiri yang merubahnya, lalu siapa lagi ?.

5. Jangan meremehkan sesuatu / orang lain

Jangan meremehkan suatu hal, pekerjaan, atau orang lain. Semuanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Semut yang kecil saja dapat membuat gajah lari tunggang langgang. Jadi segera kerjakan tugas anda, jangan meremehkan waktu, atau juga jangan berpikir jika anda adalah anak orang kaya dan sebagainya. lakukan secepatnya dan jangan bermalas-malasan.

6. Berusaha menyukai pekerjaan / sesuatu hal yang dilakukan

Jika anda adalah seoarang pelajar, atau seorang pekerja. Sukailah mata pelajaran dan juga pekerjaan anda. Dengan rasa suka, maka tidak akan pernah ada rasa bosan, anda pun akan senang mengerjakan semua tugas dan pekerjaan yang dibebankan kepada anda. Maka dari itu, anda pun akan terhindar dari kemalasan.

7. Berdoa

Jika saat anda ingin beribadah (misal : sholat), anda merasa malas. Maka sudah jelas, anda sedang diganggu setan, maka berdoalah kepada tuhan agar rasa malas dan kemalasan pada diri anda dicabut atau dihilangkan. Sehingga anda akan merasa giat dalam melakukan kebaikan.

C.A Tambahan | Cara mengatasi rasa malas pada anak

1. Didik anak secara baik, jangan sering memarahi anak jika anak sedang bermalas-malasan. Tapi nasehati lah ia dengan baik, dan ceritakanlah kisah tentang akibat dari orang yang malas dan juga cerita tentang orang yang pekerja keras.

2. Beri hadiah jika anak sudah selesai mengerjakan tugasnya. Beri ia semangat, jika ia sudah selesai melakukan sesuatu, misalnya mendapat nilai 100. Namun, jangan keseringan memberi hadiah, karena jika tidak, nanti si anak jadi suka pamrih dan meminta imbalan. Ajarkan si anak juga tentang keikhlasan dan kejujuran.

C.B Tambahan | Cara mengatasi rasa malas belajar / sekolah

1. Seperti yang sudah diterangkan diatas (pada poin C). Berusahalah menyukai semua materi pelajaran yang ada, agar anda tidak merasa bosan dan malas dalam belajar.

2. Pikirkan masa depan anda. Bagaimana jika saya terpuruk, bagaimana jika saya tidak naik kelas, bukankah ini memalukan orang tua. Bagaimana nasib masa depan saya, dan lain nya.

C.C Tambahan | Cara mengatasi rasa malas dalam bekerja

1. Seperti yang sudah diterangkan diatas (pada poin C), pikirkanlah masa depan anda. Jika anda malas bekerja, bagaimana nasib anda, keluarga anda, dan orang disekeliling anda nantinya. Apakah anda mau mengemis dan meminta-minta pada orang lain ?. apakah mau harga diri anda direndahkan, jika anda dipecat, anda dapat uang darimana, makan apa dan lain nya.

C.D Tambahan | Cara mengatasi malas dalam beribadah (misal : sholat)

1. Berdoa pada tuhan agar kemalasan anda dihilangkan dan dijauhkan dari setan, misalnya membaca ta’awudz sebelum sholat.

2. Pikirkan kehidupan setelah kematian, apakah anda ingin masuk neraka ? atau masuk ke surga ?. intinya motivasi diri anda agar semangat dalam beribadah.

D. Cara menghilangkan rasa malas / sifat malas

Semua penjelasan diatas mungkin dapat digunakan untuk mengatasi dan melawan rasa malas anda. Namun untuk menghilangkan sifat malas dan rasa malas dalam diri anda akan cukup sulit, karena sudah menjadi kebiasaan. Namun tidak ada salahnya anda mencoba berbagai cara diatas, dan juga langkah dibawah ini.

1. Niat dan Motivasi diri

Yosh, tanpa niat, rasanya rasa malas dalam diri anda akan melekat lebih lama. Jadi niatkan pada diri anda untuk menghilangkan rasa malas dan sifat malas anda. Dengan niat, maka anda akan mudah untuk melakukan semua langkah yang sudah tersebut diatas.

Setelah niat, motivasi diri anda. Jika saya malas, jika saya bermalas-malasan, bagaimana bisa saya menggapai cita-cita saya, bagaimana bisa saya membahagiakan diri dan orang tua saya, bagaimana masa depan dan masa tua saya dan seterusnya. Intinya motivasi diri anda untuk berubah.

2. Berdoa

Memang manusia Cuma bisa berusaha saja. Hasil akhir, kita tidak akan pernah tahu, Cuma bisa merencanakan dan memprediksi, namun tidak tahu hasil akhirnya (masa depan). Maka dari itu, semuanya serahkan kepada Tuhan, berdoalah agar rasa dan sifat malas dalam diri anda segera dikurangi atau dihilangkan. Sehingga tidak membebani diri anda dan orang disekeliling anda.

Ya, begitulah sedikit penjelasan tentang cara melawan, mengatasi, dan juga menghilangkan rasa malas dalam diri anda, dalam belajar dan juga bekerja. Semoga rasa malas dalam diri anda dapat berkurang dan bahkan dapat dihilangkan, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Cara melawan, mengatasi, menghilangkan rasa malas (pada anak, belajar, bekerja, beribadah)
4/ 5
Oleh

Leave your comment