Thursday, October 19, 2017

Cara mencegah munculnya pikiran negatif (prasangka buruk, overthinking, ngeres, kotor, dll)

Jika seseorang terus-menerus berpikiran negatif, maka akan ada banyak masalah baru yang akan ditimbulkan, baik itu masalah kesehatan mental dan juga kesehatan fisik. Pikiran negatif dapat memicu stres dan depresi, sedangkan stres dan depresi merupakan awal dari segala penyakit yang cukup membahayakan. Seperti penyakit maag, asam lambung, gerd, darah tinggi, rhinitis vasomotor, sesak nafas, penyakit jantung, dan lain sebagainya. Maka dari itu, sebaiknya sedia payung sebelum hujan, lebih baik mencegah penyakit daripada mengobati, karena jika sudah terlambat, akan cukup susah diatasi.

Cara mencegah munculnya pikiran negatif (prasangka buruk, overthinkng, ngeres, kotor, dll)

Pikiran negatif disini bermacam-macam, ada yang berupa prasangka buruk terhadap orang lain atau sesuatu. Ada juga yang berupa pikiran ngeres, jorok dan kotor. Ada pula yang overthinking atau terlalu berlebihan dalam berpikir. Intinya semua pikiran yang buruk adalah pikiran negatif. Nah pertanyannya, bagaimanakah cara mencegah munculnya pikiran negatif ini ?. langsung saja lihat tata caranya di bawah ini.

1. Berprasangka baik / positif thinking

Jangan asal menjudge atau menilai segala tindak tanduk dan juga tingkah laku yang dilakukan oleh orang lain. Baik itu berupa gaya hidup, perkataan, maupun tingkah laku orang lain. Anda tidak tahu dengan niat, maksud dan tujuan orang lain untuk melakukan sesuatu hal. Jadi jangan asal menilai, apalagi sampai percaya dengan berbagai gosip yang beredar di wilayah anda. Bisa jadi seseorang yang terlihat melakukan hal buruk, namun sebenarnya ia sedang mencegah hal yang lebih buruk terjadi pada orang lain. Misalnya ada orang yang sedang memukul anjing, mungkin saja anjing tersebut sudah melakukan hal yang buruk, seperti menggigit anak orang yang memukul tadi, Dan lain sebagainya. Intinya ambil positifnya saja lah, Namun bukan berarti anda menganggap semua orang adalah orang baik, jadi sewajarnya saja, jangan berlebihan.




2. Tidak ada makhluk (manusia) yang sempurna

Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan. Semua rencana yang anda atur, pasti pernah mengalami kegagalan, karena memang anda bukanlah Tuhan. Jadi jangan terlalu banyak memikirkan tentang segalanya, baik itu tentang masa lalu dan juga masa depan, ataupun segala sesuatu yang akan anda perbuat dan sudah anda perbuat. Agar anda tidak was-was, maka lakukan saja yang terbaik, dan sisanya serahkan kepada yang diatas. Anda memang dapat merencanakan sesuatu dan mengusahakan sesuatu, namun tetap takdir ada di tangan Tuhan. Jadi jangan terlalu overthinking, let it flow, biarkan berjalan mulus, apa adanya.

3. Menghindari sendirian dan menganggur

Disaat sendirian, apalagi sedang tidak ada kerjaan. Terkadang pikiran kita akan ngelantur kemana-mana, menghayal yang tidak-tidak. Akhirnya pikiran kita banyak terisi banyak hal yang negatif, entah itu pesimis dengan kehidupan, berputus asa, merasa bersalah dan tidak berguna, atau mungkin malah berpikiran jorok dan kotor. Maka dari itu usahakanlah jangan terlalu lama menyendiri, kerjakan sesuatu hal, atau paling tidak anda dapat chit-chat dengan teman anda di sosial media.

4. Jangan lupa beristirahat

Jika anda sudah lelah, pikiran dan mental anda sedang kelelahan karena habis bekerja. Misalnya jika anda seorang programmer, penulis, jurnalis, dan lain sebagainya. Jangan lupa beristirahat jika anda sudah lelah, jangan terlalu memaksakan dalam berpikir. Jika tidak, maka pikiran anda akan menjadi kacau, dan ujung-ujung nya malah menjadi stres. Segala ide dan inspirasi pun akan menghilang, dan anda pun akan jatuh sakit. Jadi istirahat sangat penting untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Misalnya istirahat itu seperti duduk-duduk bercengkrama bersama teman, piknik dan berekreasi, merilekskan diri, bermain game, menonton film, tidur dan lain sebagainya, pokoknya rileks saja.

Ya, begitulah cara sedehana untuk mencegah timbulnya berbagai pikiran negatif yang menjadi beban di hati dan benak kita. Dengan mencegah, maka kita akan terhindar dari berbagai masalah dan penyakit yang menghantui. Jadi positif thinking saja, keep smile ya kids jaman now. :v

Cara mencegah munculnya pikiran negatif (prasangka buruk, overthinking, ngeres, kotor, dll)
4/ 5
Oleh

Leave your comment