Monday, October 23, 2017

Cara mengatasi dan mengusir rasa sepi (kesepian dan kesendirian)

Gaara pernah mengatakan “Manusia tidak akan pernah menang dari rasa kesepian”. Ya memang begitulah kodrat manusia, karena memang manusia adalah makhluk sosial, makhluk yang membutuhkan kehadiran orang lain di hidupnya. Tanpa bantuan orang lain dan tanpa bersosialisasi dengan orang lain, rasanya manusia akan dilanda kesepian yang mendalam. Dan akhirnya banyak pikiran negatif yang akan muncul dibenaknya. Rasa sepi, kesepian akan menemani hari-harinya, ia pun menjadi sedih dan gunda gulanah. Hati menjadi pilu, menderita dan merana. Bayangkan saja jika anda sendirian di dunia ini, apa yang anda akan lakukan ?, Pasti anda akan kebingungan.

Cara mengatasi dan mengusir rasa sepi (kesepian dan kesendirian)

Walaupun sebenarnya banyak juga orang yang berusaha menjauhi lingkungan dan menutup diri dari dunia luar, mereka adalah orang-orang yang memiliki latar belakang dibalik tingkah lakunya tersebut. Ada orang yang anti sosial, ada juga orang yang introvert, ada juga orang yang terkena fobia sosial, ada juga orang yang kecewa dengan orang-orang yang pernah dikenalnya, sehingga ia menutup dirinya dari pergaulan. Ada orang lansia (orang tua), Ada juga anak broken home, Ada juga yang karena orang tua yang overprotective sehingga ia menjadi sendirian tanpa teman, Ada juga yang karena terpengaruh perkembangan jaman, seperti para otaku wibu yang menutup dirinya, ada juga para neet yang tidak pd dengan penampilan atau sifatnya, ada juga yang trauma karena berbagai sebab, seperti pernah di bully, dan lain sebagainya. intinya mereka yang menutup dirinya dari pergaulan pasti punya latar belakang yang berbeda-beda. Semua orang diatas, walaupun mereka nyaman dengan kesendirian nya, namun tidak dipungkiri, pasti mereka akan merasa kesepian juga. Karena memang manusia kodratnya adalah sebagai makhluk sosial.

Ada sebuah kuote / pepatah yang mengatakan “Manusia terlahir sendiri, hidup sendiri, dan mati juga sendiri, mereka membuat pertemanan, dan juga cinta kasih, hanya untuk membuat ilusi, seakan mereka tidak sendiri.”. Ya begitulah kehidupan, bagaimanapun kondisi dan situasinya, pada akhirnya manusia berjuang untuk dirinya sendiri, untuk kepentinganya sendiri, walaupun kelihatan nya dibungkus untuk kepentingan orang banyak, tapi nyatanya hanya untuk mendapat keuntungan dan keselamatan diri sendiri (misalnya : pahala).




Untuk mengatasi dan menghilangkan rasa kesepian dan kesendirian, caranya sebenarnya cukup mudah, jika anda memang ingin berubah dan sudah bertekad bulat. Untuk lebih jelasnya, baca saja cara mengatasi rasa sepi dan kensendirian dibawah ini.

1. Jawaban nya ada di dalam hati anda sendiri

Mengapa anda bisa merasa sepi, hati anda merasa kesepian, anda menyendiri, apakah sebabnya ?. Tanyakanlah pada hati kecil anda sendiri, mungkin anda memiliki masalah dalam kepribadian anda, seperti phobia, atau mungkin karena anda memang tidak punya teman sebaya (teman dekat) di lingkungan tempat anda tinggal (di sekitar rumah), anda anak orang kaya yang saling tidak kenal dengan tetangga, atau mungkin anda seorang wibu yang terpengaruh budaya anime. Anda baru saja diputus cinta, atau mungkin karena anda menjomblo terlalu lama, anda seorang jones tanpa kekasih atau istri, dan lain sebagainya. Temukan jawaban nya, kemudian selesaikan semua masalah yang ada.

2. Mencari atau menggundang teman untuk bermain bersama

Jika anda selalu sendirian tanpa teman, wajar jika anda selalu dilanda rasa sepi, karena memang manusia adalah makhluk sosial. Jika demikian, keluar lah dari kamar dan rumah anda, carilah teman yang baik, mungkin teman yang sebaya dan sehobi dengan anda, atau mungkin teman sekolah anda. Kemudian bermainlah bersama mereka. Jika anda menjomblo, segera carilah jodoh dan menikah. Memang berkata itu gampang, tapi tidak ada salah nya mencoba mencari teman atau pasangan.

3. Mengerjakan hobi

Tidak jarang, dikala sepi melanda, maka rasa kesedihan pun akan muncul, dan berbagai pikiran negatif pun akan menyerang. Untuk mengusir rasa sepi, anda cukup menjalankan atau mengerjakan hobi yang anda sukai. Misalnya bermain game, main ke warnet, mengurus tanaman dan kebun, chattingan di media sosial, menulis (ngeblog) dan lain sebagainya.

4. Memelihara hewan peliharaan (pet)

Jika anda sedang kesepian, hewan peliharaan anda dapat membantu mengatasi rasa kesepian anda. Cobalah pelihara hewan yang dapat di pangku atau dielus, misalnya seperti kucing. Sehingga disaat rasa sepi datang, anda dapat bermain-main dengan hewan peliharaan anda. Sehingga rasa sedih anda dapat terobati, dan anda pun tidak lagi merasa sendiri dan kesepian.

5. Mendengarkan lagu yang membuat bersemangat

Jika anda sedang kesepian, jangan mendengarkan lagu yang galau, hal demikian malah akan membuat anda merasa sedih. Dengarkan lah lagu yang membuat anda bersemangat, tentunya jangan mendengarkan lagu disco apalagi sampai pergi ke tempat hiburan malam. Hal demikian malah akan semakin merusak mental dan fisik anda.

6. Melihat ke bawah (merasa bersyukur)

Ingatlah nikmat tuhan yang sudah diberikan kepada anda. Banyak orang lain yang lebih menderita dari anda. Lihatlah bencana kelaparan di afrika, atau mungkin lihatlah sibuknya orang-orang yang bekerja, seakan mereka di perbudak pekerjaan nya sendiri. Nikmati hidup anda, dan jangan merasa seperti sendiri, karena ada sesuatu yang selalu melihat anda. Sesuatu apakah itu ? pikirkan sendiri :v

7. Curhat kepada Tuhan

Jika anda sedang sendiri dan kesepian, cobalah berdoa kepada Tuhan, sampaikan semua keluh kesahmu, agar perasaanmu membaik. Lagipula, siapa tahu doamu akan dikabulkan oleh Tuhan. Sehingga rasa sepi dan kesendirianmu pun perlahan akan menghilang. Misalnya buat yang beragama islam, dapat menjalankan 5 obat hati, seperti sholat dan membaca alquran.

Ya, begitulah kiranya cara untuk mengatasi dan menghilangkan rasa sepi dan kesendirian. Intinya jawaban nya hanya ada pada diri anda sendiri. Jika anda ingin menghilangkan rasa sepi di hati, lihatlah hati kecil anda, dengarkan jerit tangis hati anda, dan selesaikan semua masalah yang anda miliki. Tenang saja, anda tidak sendiri, banyak orang diluar sana yang merasa sepi dan merasa sendiri.

Cara mengatasi dan mengusir rasa sepi (kesepian dan kesendirian)
4/ 5
Oleh

Leave your comment