Monday, October 9, 2017

Cara menghilangkan dan menghentikan earworm, lagu yang terngiang di kepala (dalam pikiran)

Anda suka mendengarkan lagu dan musik ?. pasti sesekali anda pernah merasakan yang namanya “earworm”. Fenomena earworm (cacing telinga) ini sering kali membuat kita menjadi jengkel, karena ada musik / lagu yang terngiang-ngiang tanpa henti dikepala kita. Musik tersebut seperti ter auto play didalam benak kita :v. lagu yang auto play di dalam pikiran kita tersebut seakan-akan tidak dapat berhenti dan terjebak di dalam pikiran, lagu tersebut akan terus berputar tanpa henti seperti terpencet tombol loop, ya memang begitulah yang namanya earworm.

Semua lagu yang terputar di benak kita tersebut merupakan lagu yang membekas, lagu yang berkesan di dalam pikiran kita. Semua lagu dan musik yang terdengar akan ditangkap oleh otak, dan secara tidak sadar, alam bawah sadar kita akan merecord (merekam, menyimpan) semua nada, lirik dan alunan lagu yang sudah kita dengarkan. Biasanya, lagu yang menjadi earworm tersebut merupakan lagu-lagu yang berkesan dan menarik bagi diri kita. Seperti lagu favorit anda, atau mungkin lagu yang secara tidak sengaja anda dengar, misalnya lagu bgm di game, lagu di video youtube, lagu jingle iklan, dan lain sebagainya.

Cara menghilangkan dan menghentikan earworm, lagu yang terngiang di kepala (dalam pikiran)

Nah, pada saat waktu tertentu, misalkan diwaktu senggang, mungkin anda teringat dengan lagu tersebut. Atau mungkin karena suasana yang pas, sehingga lagu tersebut terautoplay (terpanggil / tersummon) di dalam benak anda, tanpa anda sadari dan ketahui. Entah apa sebabnya, yang jelas alam bawah sadar kita memutar lagu tersebut di otak tanpa henti, dan terkadang malah membuat kita tersenyum-senyum sendiri. Fenomena earworm atau brainworm ini memang terkadang cukup menyenangkan, terkadang juga malah menganggu jika lagu yang dimainkan dibenak kita tidak dapat dihentikan.

Apakah earworm ini berbahaya ? atau mungkin ini merupakan fenomena ghaib ?. Tentunya earworm ini tidaklah berbahaya, namun jika saat anda sedang beribadah dan mengalami earworm, misalnya di saat sholat, jelas sekali ini merupakan fenomena ghaib, karena ada setan yang menggoda anda. Jika earworm terjadi diwaktu senggang, diwaktu santai atau di waktu lain nya, maka earworm ini normal-normal saja dan tidak berbahaya.




Nah, bagaimanakah cara menghentikan earworm ini ? bagaimana cara menghentikan dan menghilangkan lagu yang terngiang-ngiang di kepala kita ?, langsung saja berikut tata caranya.

1. Mengalihkan perhatian

Jika anda mengalami earworm, segera alihkan perhatian anda, jangan memfokuskan diri anda pada lagu yang anda dengarkan di benak anda. Cobalah melakukan dan memikirkan hal yang lain, misalnya mengerjakan hobi anda, seperti bermain game, membaca novel, membersihkan rumah, bersepeda atau berolahraga, dan lain sebagainya.

2. Mendengarkan lagu yang menjadi earworm

Dengarkan lagu yang menjadi earworm di dalam pikiran anda sampai selesai / full (lagu sungguhan, lagu mp3, dll). Jika rasa penasaran anda sudah menghilang, dan anda sudah puas dengan lagu yang anda dengar. Maka earworm pun akan hilang, karena biasanya lagu yang terngiang di kepala kita hanya sepenggal dan sebagian saja. Jadi dengan mendengarkan lagu sampai tuntas, dapat mengobati rasa penasaran anda.

3. Berbicara atau bercengkrama di dunia nyata

Dengan berbicara dan bercengkrama dengan teman atau saudara, maka secara tidak sadar anda akan melupakan lagu earworm yang berputar di benak anda. Dengan demikian perlahan tapi pasti earworm pun akan menghilang. Selain berbicara secara langsung, mungkin juga anda dapat bercengkrama dengan teman anda di dunia maya (sosial media).

4. Berdoa

Jika earworm terjadi saat anda sedang beribadah, segera berdoa agar tuhan menjauhkan setan dari anda. Tetap lah anda fokus dalam beribadah, maka Perlahan tapi pasti, lama-kelamaan earworm pun akan menghilang.

Ya begitulah sedikit penjelasan dan pengertian tentang earworm dan sedikit cara mengatasi, menghilangkan dan menghentikan lagu yang terngiang di dalam pikiran kita. Semoga bermanfaat.

Cara menghilangkan dan menghentikan earworm, lagu yang terngiang di kepala (dalam pikiran)
4/ 5
Oleh

Leave your comment