Wednesday, October 18, 2017

Cara menjadi programmer otodidak (sukses tanpa kuliah)

Untuk menjadi seorang programmer bukanlah perkara yang mudah. Anda harus memiliki niat dan tekad yang kuat, apalagi jika anda ingin menjadi seorang programmer tanpa bantuan pembimbing (sekolah, kuliah, kursus). Namun jika tekad dan niat anda sudah bulat, maka tidak ada kata sulit untuk menjadi seorang programmer seperti yang anda cita-citakan. Jika niat anda sudah kuat, belajar Secara otodidak (autodidak) pun dapat dengan mudah anda lakukan, kuncinya hanya ada pada niat dan kerja keras saja. Dan selanjutnya baru tentang pemahaman dan logika.

Cara menjadi programmer otodidak (sukses tanpa kuliah)

Tidak jarang, malah banyak programmer yang belajar sendiri (otodidak) lebih mahir dan handal daripada programmer yang belajar dengan bantuan pembimbing / guru secara langsung. Mereka para programmer yang belajar secara otodidak, selalu mencoba hal baru, banyak mencoba dan mengedit berbagai contoh kode dan script yang sudah bertebaran di dunia maya. Pada akhirnya, pemahaman mereka akan menjadi lebih luas, karena ilmu yang didapat berasal dari banyak guru atau banyak orang di seluruh dunia, namun mereka tidak mengajarkan nya secara langsung. Namun hanya meninggalkan ilmu berupa tulisan atau video yang mereka sebarkan di dunia maya, seperti pada forum, blog dan juga youtube.

Langsung saja berikut tahapan untuk menjadi seorang programmer mandiri, programmer otodidak, tanpa perlu kuliah dan sekolah :

1. Niat dan tekad yang kuat

Seperti yang sudah tersebut diatas, sebelum belajar untuk menjadi seorang programmer, anda yang masih pemula, baru memulai dunia yang katanya keren, dunia per IT an ini. anda harus memiliki niat dan tekad yang kuat. Agar anda nantinya tidak berputus asa ditengah jalan. Tumbuhkan rasa suka pada semua materi tentang programming, dengan rasa suka dan senang, maka anda akan lebih mudah untuk memahami berbagai perintah, dan kode yang ada pada suatu bahasa pemrograman.

2. Memilih target platform pemrograman

Anda mau jadi programmer untuk membuat apa ?. Mau jadi pembuat aplikasi kah, atau mau membuat game, atau malah membuat cheat game ?, dan lain nya ?. Anda menarget pembuatan aplikasi pada windows, linux, mac, android, mobile, web, konsol, atau malah cross platform (semua device / perangkat dapat menjalankan program) ?. Tentukan lah pilihan anda, mana yang anda tujuh maka tekunilah.

3. Memilih bahasa pemrograman

Fokuslah dalam 1 bahasa pemrograman saja terlebih dahulu. Jika anda sudah mahir dengan satu bahasa pemrograman, nantinya untuk memahami bahasa pemrograman yang lain akan menjadi lebih mudah. Jangan meloncat-loncat kalau sedang belajar bahasa pemrograman, belajarlah dari dasar, dari mulai menuliskan kata “Hello world”, sampai dengan tahap selanjutnya, seperti fungsi variable, array, math, string dan lain sebagainya.

AA. Menjadi programmer software / aplikasi

Tentunya di dunia kerja, banyak sekali aplikasi dan sotware yang dibutuhkan oleh perusahaan, terutama seperti aplikasi pertokoan dan juga pendataan. Namun banyak juga aplikasi lain nya seperti software pengunci folder, anti virus, mp3 dan video player, dan lain sebagainya.

A. Menjadi Programmer dekstop (windows)

Misalkan anda mau menjadi seorang pengembang aplikasi / software yang berjalan di os windows. Misalnya seperti aplikasi perkantoran, administrasi, pertokoan, software gambar, penulisan, anti virus, dan lain sebagainya. Anda dapat membuatnya dengan menggunakan bahasa pemrogramman seperti Visual basic (VB), vb6, vb.net, C, C++, C#, delphi, pascal, ruby, python, java, dan lain sebagainya. Pilih yang menurut anda prospek kedepan nya bagus. Kalau menurut saya sih, yang paling baik dan tren adalah bahasa pemrograman keluarga C dan juga java.

B. Menjadi programmer mobile (android)

Bahasa utama yang digunakan untuk membuat berbagai sotware atau aplikasi di android adalah bahasa java. Selain itu mungkin seperti flash dan juga script html5 dan juga javascript. Dengan demikian anda dapat berfokus kepada bahasa java dan html5 saja.

C. Menjadi programmer web (web developer)

Untuk membuat website dan juga aplikasi berbasis web. Anda membutuhkan banyak sekali gabungan dari berbagai bahasa program, kode dan juga script yang digunakan untuk membuat suatu website. Misalnya untuk membuat blog seperti wordpress, dibutuhkan kemampuan untuk memahami html, css, javascript, php, dan juga database seperti mysql.

Namun anda dapat berfokus pada salah satu bidang dalam dunia web developer, anda dapat menjadi programmer front-end yang berfokus pada design suatu situs (web design), sehingga anda hanya perlu mengetahui beberapa script seperti javascript, jquery, json, dan turunan javascript lain nya. Serta mengetahui kode dan tag html (html5), dan juga css (css3). Tentunya kemampuan design (editing, edit gambar) anda juga harus mumpuni.

Atau anda menarget developer back-end yang berfokus pada kinerja sistem situs dan juga database situs. Maka anda perlu mengetahui bahasa pemrograman seperti php, dan juga database seperti mysql.

D. Menjadi programmer app cross platform

Bahasa yang bisa dijalankan di semua device / platform dengan hanya menulis 1 kali program atau kode adalah bahasa Java. Ya, si kopi hitam ini merupakan bahasa yang sulit namun dapat dijalankan diberbagai platform, baik itu pada windows, linux, mac, dan juga android. Jadi jika anda tertarik untuk membuat software cross platform, maka bahasa pemrogramman java lah yang layak menjadi pilihan bagi anda.

E. Menjadi programmer robot dan mikrokontroler (microcontroller)

Untuk menggerakkan sebuah mesin ataupun robot, diperlukan juga perintah yang kompleks yang digunakan untuk menggerakan mesin atau robot tersebut. Dan biasanya bahasa pemrogramman yang digunakan adalah bahasa keluarga assembly dan varian nya.

BB. menjadi programmer game / game developer

Untuk membuat game diperlukan suatu pengetahuan yang kompleks, seputar logika dan juga matematika. Tanpa keahlian khusus di dalam bidang logika dan juga matematika, rasanya sangat sulit untuk membuat sebuah game. Karena untuk meletakkan gambar, suara dan kontrol game memerlukan presisi yang pas. Sehingga ilmu matematika di sekolah, seperti aljabar, logaritma, sin cos, axis, dan lain sebagainya sangat diperlukan untuk membuat sebuah game dari nol. Namun jika menggunakan game engine, beda lagi ceritanya. Anda hanya perlu drag and drop saja sudah dapat membuat sebuah game sederhana yang menarik untuk dimainkan. Bahkan game online pun dapat dibuat dalam hitungan jam saja.

A. Menjadi programmer game dekstop (windows)

Biasanya bahasa yang sering digunakan untuk membuat game windows adalah bahasa C dan turunan nya. Namun banyak juga bahasa pemrograman lain yang digunakan untuk membuat game, seperti delphi, python dan juga pascal. Namun anda tidak perlu repot-repot untuk memelajari semua bahasa program dari nol. Hanya dengan memakai aplikasi game engine saja, anda sudah dapat membuat game yang bagus. Misalnya seperti Gamemaker studio dengan GMl (gamemaker langguage) nya, ada juga rpgmaker vx ace dengan bahasa ruby nya, ada unity 3D dengan javascriptnya, adobe flash dengan action scriptnya, panda 3D dengan bahasa c++ dan python, dan lain sebagainya.

B. Menjadi programmer game mobile (android)

Untuk membuat sebuah game android biasanya dapat menggunakan bahasa java, atau juga html5. Namun di dunia maya banyak sekali game engine yang khusus digunakan untuk membuat game android. Seperti Unity 3d, Gamemaker studio + android pack, stencyl, construct2, dan lain sebagainya.

C. Menjadi programmer game web (web game)

Biasanya game web, menggunakan html5 ataupun flash. Jadi anda perlu memfokuskan diri untuk belajar html5, javascript, dan juga berbagai library game html5 yang beredar luas di internet. Anda juga dapat membuat game flash dengan adobe flash dan juga berbagai software atau game engine pembuat game lain nya. Selain itu game berbasis text, seperti blackdragon.mobi memakai bahasa program seperti php dan juga database seperti mysql.

D. menjadi programmer game konsol

Untuk membuat game yang dapat dijalankan di konsol, seperti game gba, game ps, game nintendo, dan lain sebagainya. Sepertinya hanya untuk beberapa perusahaan saja yang memiliki tata cara yang lengkap untuk membuat gamenya. Namun biasanya ada game engine yang menawarkan porting game yang langsung bisa dimainkan di konsol seperti game maker studio dan lain sebagainya. Kalau bahasa pemrogramman yang digunakan sepertinya kalau tidak C ya java.

4. Belajar otodidak di dunia maya (internet)

Untuk memulai belajar bahasa pemrogramman dari nol. Di dunia maya banyak yang membahas dan juga membuat berbagai tutorial bahasa pemrogramman yang sudah anda pilih. Seperti php bisa di temui di w3schools.com, atau juga bahasa pemrogramman lain nya dapat anda cari di pencarian google. Jangan khawatir pasti lengkap, dan jangan lupa untuk sering bertanya di berbagai forum programmer di dunia maya seperti di stackoverflow.com. tentunya anda sedikit banyak harus paham dalam berbahasa inggris, karena memang bahasa universal didunia ini menggunakan bahasa inggris, begitu pula dengan berbagai perintah di dalam bahasa pemrogramman.

5. Terus berusaha dan mencoba

Jangan menyerah dan berputus asa. Sering-seringlah mencoba berbagai kode yang ada di dunia maya. Edit dan tambah kode tersebut agar anda mengetahui dimana kekurangan dan kesalahan nya. Jangan takut jika ngebug, karena wajar dalam pemrograman pasti ada saja error yang terjadi di dalamnya. Dengan mencoba banyak kode yang ada, sedikit banyak anda akan memahami berbagai kode dan juga logika yang ada di dalam kode tersebut.

Saya sendiri masi noob atau newbie dalam dunia pemrograman, pertama kali membuat software Cuma dengan Qbasic saja, dan sekarang sudah lupa semua dengan bahasa pemrograman yang pernah saya pelajari, seperti assembly, vb6, dan juga Qbasic. Sekarang Cuma bisa kode html, css dan javascript saja :v . buat anda calon programmer otodidak, selamat belajar dan semoga berhasil.

Cara menjadi programmer otodidak (sukses tanpa kuliah)
4/ 5
Oleh

Leave your comment