Saturday, October 21, 2017

Penyebab, cara mengatasi dan menghilangkan rasa bosan, suntuk, jenuh dalam (hidup, belajar, bekerja, rumah, hubungan, pasangan)

Rasa bosan memang sudah menjadi makanan sehari-hari bagi umat manusia. Apalagi di era yang serba modern ini, Dengan banyaknya gadget yang ditemukan dan di sebarluaskan, seperti smartphone, laptop dan lain sebagainya. Malah membuat manusia semakin menjauh dari keluarga dan teman-teman dekat, mereka lebih asyik berkicau di dunia maya daripada bercengkrama dengan orang di dunia nyata. Akibatnya jika gadget mereka sudah kehabisan baterai, atau mati lampu (listrik) mereka pun akan cepat sekali merasa bosan, seakan tanpa gadget mereka akan binasa :v .

Penyebab, cara mengatasi dan menghilangkan rasa bosan, suntuk, jenuh dalam (hidup, belajar, bekerja, rumah, hubungan, pasangan)

Ya dari pembuka diatas, sudah dapat diketahui sedikit penyebab dari rasa bosan, jenuh atau suntuk ini, namun sebelum membahas penyebab dan cara mengatasi rasa bosan. Ada baiknya kita membahas terlebih dahulu tentang akibat yang ditimbulkan dari rasa bosan, jenuh dan suntuk ini.

1. Rasa bosan dapat menyebabkan Kebingungan

Rasa bosan dapat membuat orang menjadi bingung. Mereka yang dilanda rasa bosan, suntuk atau jenuh ini merasa bingung untuk melakukan sesuatu. Kesannya serba salah, mau melakukan ini malas, mau melakukan itu bosan, tidak ada semangat hidup, entah apa sebabnya, yang jelas rasa bosan dapat membuat seseorang menjadi bingung. Tak jarang malah banyak yang merasa bosan untuk hidup, dan karena kebingungan nya banyak dari mereka yang berupaya untuk mengakhiri hidupnya sendiri.

2. Rasa bosan dapat menyebabkan rasa kantuk (ngantuk) dan tertidur

Seringkali, jika anda merasa bosan, anda akan dilanda rasa kantuk yang hebat. Dan karena anda kebingungan mau berbuat apa, tidak ada yang dikerjakan. Anda pun malah memutuskan untuk tidur. Hal ini dapat membuat anda menjadi pemalas, dan sakit-sakitan. Karena anda terlihat mengantuk setiap harinya.

3. Rasa bosan dapat menyebabkan Stres dan Depresi

Seseorang yang merasa bosan dengan hidupnya, bosan dengan pekerjaan nya. Dapat membuat orang tersebut memikirkan banyak hal yang tidak-tidak (berpikir negatif), akibatnya ia menjadi stres. Apabila kebosanan tersebut terus berlanjut, maka bukan tidak mungkin orang tersebut malah menjadi depresi.

4. Rasa bosan dapat menyebabkan seseorang berlaku liar dan negatif

Tidak jarang, karena seseorang merasa bosan, ia atau mereka malah melakukan sesuatu yang dilarang agama, norma masyrakat dan hukum. Misalnya seperti anak alay yang selfie di tengah lampu merah, atau juga anak nakal yang ngefly dengan menghirup lem kuning, dan lain sebagainya. intinya dari rasa bosan, menjadi bingung, kemudian stres, dan kemudian berlaku negatif.

Dari keterangan diatas, dapat disimpulkan. Jika anda tidak dapat mengontrol rasa bosan anda, maka akan berdampak buruk bagi diri anda sendiri dan juga orang disekitar anda. Maka dari itu simak saja beberapa penyebab dan cara mengatasi rasa bosan, suntuk dan jenuh di bawah ini. Agar anda dapat terbebas dan terhindar dari rasa bosan yang menghantui hidup anda. Sehingga rasa bosan anda akan cepat menghilang.

1. Melakukan hal yang monoton

Jika anda sedang belajar, bekerja, dan melakukan kegiatan sehari-hari begitu-begitu saja. Dalam artian monoton, setiap hari ritme kehidupan anda begitu-begitu saja, tanpa ada perubahan. Dengan demikian, jelas sekali anda akan cepat merasa bosan. Jadi alngkah baiknya jika anda merubah gaya hidup dan cara kerja anda. Seperti anda setiap hari makan nasi, anda tidak pernah bosan, karena lauk pauk, sayur dan dan makanan tambahan selain nasi selalu berbeda setiap harinya. Bayangkan jika anda memakan nasi putih saja setiap harinya, pasti anda akan cepat merasa bosan.

# Cara mengatasi :

A. Rubah gaya hidup dan cara kerja anda.
B. Buatlah inovasi dalam setiap kehidupan anda, jika anda belajar sendirian, cobalah belajar sambil mengajak teman anda.

2. Tidak ada yang dikerjakan / nganggur

Jika anda menganggur, dan tidak ada kerjaan, tidak tahu mau melakukan apa. Jelas sekali anda akan merasa cepat bosan, apalagi jika anda berdiam dirumah terus. Maka anda akan cepat merasa jenuh dan suntuk dengan kehidupan anda. Maka dari itu rubahlah sikap dan tingkah laku anda, carilah pekerjaan, walaupun sekedar hanya membersihkan rumah anda sendiri.

# Cara mengatasi :

A. Mencari pekerjaan.
B. Menjalankan hobi anda.
C. Bermain bersama teman, baik didunia nyata maupun chattingan di dunia maya.

3. Tidak suka dengan sesuatu hal

Jika anda seoarang pelajar atau seorang pekerja, misalnya anda tidak suka dengan pelajaran atau pekerjaan anda. Maka anda akan merasa cepat bosan jika belajar atau bekerja dengan sesuatu yang anda tidak suka. Anda akan merasa malas untuk mengerjakan sesuatu, dan akhirnya akan merasa cepat bosan.




# Cara mengatasi :

A. Belajarlah menyukai apa yang anda tidak suka, boleh jadi apa yang anda anggap buruk bagi anda, adalah yang terbaik bagi anda. Maka dari itu sukailah pelajaran dan pekerjaan anda, pikirkan masa depan anda, jangan mementingkan ego anda.
B. Melakukan inovasi pada cara belajar dan kerja anda, agar tidak monoton.

4. Menunggu

Menunggu, memang menunggu sesuatu akan membuat anda cepat merasa bosan. Apalagi jika anda sedang menunggu pasangan anda (pacar / istri) yang lagi dandan. Pasti dapat membuat anda cepat merasa bosan, maka dari itu, diselah waktu menunggu lakukanlah aktivitas lain yang dapat menghilangkan rasa bosan anda. Seperti bermain game di hp, facebookan, twitteran, dan lain sebagainya.

# Cara mengatasi :

A. Mengerjakan sesuatu di sela waktu tunggu anda, seperti bermain game.

5. Mendengarkan pidato atau ceramah

Jika anda mendengarkan pidato, cerita atau ceramah. Terkadang anda malah menjadi suntuk dan jenuh, anda pun akan diserang rasa kantuk yang luar biasa, dan andapun akan tertidur. Jika demikan, sebaiknya anda berdoa saja agar tidak diganggu setan, atau anda juga dapat melakukan sedikit gerakan atau bicara ringan dengan teman dekat anda. Agar anda tidak merasa bosan.

# Cara mengatasi :

A. Jika anda mendengar ceramah pengajian, sebaiknya anda berdoa terlebih dahulu agar tidak merasa jenuh. Apabila rasa kantuk datang, basuh wajah anda dengan sedikit air.
B. Jika anda mendengar cermah atau pidato di sekolah, dan lain nya. Agar tidak merasa bosan, alihkan perhatian anda kepada teman anda yang lain. Misalnya melihat ekspresi muka teman anda yang sedang kebosanan, tertidur, dan lain sebagainya. atau melihat cewek yang anda suka :v , atau mungkin sedikit berbincang ringan dengan teman anda. Tentunya jangan terlalu keras dan gaduh.

Ya begitulah, sedikit penyebab dan cara mengatasi rasa bosan, suntuk dan jenuh pada umumnya. Dengan demikian, semoga kebosanan, kejenuhan dan rasa suntuk anda dapat segera teratasi. Untuk menghilangkan rasa bosan, kejenuhan, rasa suntuk yang lebih spesifik mungkin anda dapat melanjutkan membaca sedikit penjelasan dibawah ini.

1. Cara menghilangkan rasa bosan hidup, rasa jenuh dengan kehidupan

Jika anda berpikir demikian, merasa jenuh dengan kehidupan anda, merasa tidak berguna, merasa rendah, merasa bosan dan lain sebagainya. berarti anda sedang dalam kondisi depresi, segera sembuhkan kondisi anda, datangilah dokter dan juga psikolog, agar depresi anda cepat teratasi. Selebihnya ikuti langkah di bawah ini. (Baca juga : Cara mengatasi rasa stres dan depresi)

A. Lihatlah kebawah

Banyak orang yang lebih menderita dari anda, jangan selalu melihat ke atas. Lihatlah nasib orang-orang di afrika, lihatlah gelandangan disekeliling anda, mereka kebingungan mau tidur dimana, mau makan apa, hari esok mau bagaimana. Jangan terhanyut dalam emosi anda, lakukan saja yang terbaik, sisanya serahkan kepada Tuhan.

B. Merubah pola pikir dan pola hidup

Jika hidup anda monoton. Rubahlah ritme kehidupan anda, tambahkan aktivitas baru dalam hidup anda. Dan jangan mengurung diri dikamar, cobalah bermain dengan teman-teman anda. Tentunya dalam hal yang positif, bukan yang negatif.

2. Cara menghilangkan kejenuhan dan rasa suntuk (bosan) dalam belajar

Dalam belajar mesti kita pernah mengalami yang namanya rasa bosan. Misalnya disekolah dalam pelajaran sejarah, matematika, sosiologi dan lain sebagainya. Dan Anda malah lebih menyukai pelajaran olahraga, dan tidak pernah bosan dengan nya. Dari sini dapat disimpulkan, “Rasa suka” terhadap mata pelajaran berperan penting untuk mengatasi kebosanan dalam pelajaran disekolah anda. Jadi belajarlah menyukai semua mata pelajaran disekolah anda. Dan juga pikirkanlah masa depan anda, orang tua anda, orang disekitar anda. Jika anda terpuruk dan tertinggal, bukankah hal tersebut dapat membuat orang tua anda malu. Karena anda mendapat nilai mata pelajaran yang buruk. Jadi untuk mengatasi rasa bosan dalam belajar, lakukan langkah di bawah ini.

A. Mencoba menyukai mata pelajaran yang anda tidak sukai.
B. Memikirkan masa depan dan orang tua anda.
C. Mengajak teman untuk belajar bersama.
D. Memprotes guru agar mengajar dengan lebih baik, mengajar dengan cara yang tidak membosankan.

3. Cara menghilangkan kejenuhan dan rasa suntuk (bosan) dalam bekerja

Dalam bekerja, seringkali anda akan mengalami kejenuhan. Hal tersebut, wajar karena setiap hari anda bekerja ditempat yang sama, dengan pekerjaan yang sama. Maka dari itu untuk mengatasinya lakukan langkah-langkah di bawah ini.

A. Pikirkan keluarga anda, jika anda tidak bekerja, maka mereka akan makan apa ?.
B. Beristirahat sejenak jika anda sudah jenuh dalam bekerja, dan melakukan sedikit hiburan agar stres dan kejenuhan menghilang. Misalnya bermain game, bercanda tawa bersama rekan kerja.
C. Mencoba menyukai pekerjaan anda.
D. Lakukan inovasi dalam pekerjaan anda, agar tidak monoton.
E. Jika anda sudah yakin, dan tidak akan mendapat masalah dikemudian hari. Silahkan anda resign dan mencari pekerjaan yang baru.

4. Cara menghilangkan kejenuhan dan rasa suntuk (bosan) dalam hubungan (rumah tangga, pasangan)

Dalam berkeluarga dan juga menjalin hubungan dengan pasangan. Ada kalanya seseorang akan dilanda rasa bosan, entah apa sebabnya, yang jelas anda merasa bosan karena keluarga anda begitu-begitu saja. Monoton tanpa ada hiburan dan perubahan yang signifikan, maka dari itu coba lah lakukan langkah dibawah ini agar keluarga anda, pasangan anda menjadi bahagia. Dan kejenuhan anda dalam hubungan dan pasangan akan cepat menghilang.

A. Mencari hiburan, berekreasi bersama keluarga.
B. Menyempatkan waktu bersama keluarga, memperbanyak waktu bersama.
C. Pikirkan masa depan anak anda, apa anda tega melihat anak anda menjadi anak broken home ?.
D. Membuka hati, saling berbagi cerita dan terbuka dengan pasangan atau istri anda.
E. Mencoba hal yang baru dalam keluarga dan hidup anda.
F. Jangan terlalu sering melihat rumput tetangga, omongan tetangga, kehidupan orang lain. Ini hidup anda bukan hidup tetangga atau orang lain.
G. Berdoa kepada Tuhan, agar setan yang berupaya meretakkan keluarga anda, dijauhkan dari hidup anda.

5. Cara menghilangkan rasa bosan, rasa jenuh dan suntuk di rumah

Jika anda berada di rumah terus, berdiam diri dikamar, menjadi vvibu, hiki NEET. Wajar jika anda sering dilanda rasa bosan. Sesekali keluar rumah dan bermainlah dengan teman anda, walaupun admin juga neet juga :v, (jadi malu). Untuk mengatasinya lakukanlah langkah di bawah ini.

A. Keluar rumah, mencari hal baru, misalnya bermain bersama teman.
B. Bermain game online, chattingan, menonton film, atau mencari hiburan di dunia maya.
C. Menjalankan atau mengerjakan hobi anda (misal berkebun).
D. Memelihara hewan peliharaan seperti kucing, burung, ikan hias, dll.

Cukup segitu saja. Semoga rasa bosan, jenuh dan suntuk anda cepat teratasi dan menghilang, agar hidup anda menjadi lebih berwarna dan bahagia. Keep smile ya kids jaman now. .

Penyebab, cara mengatasi dan menghilangkan rasa bosan, suntuk, jenuh dalam (hidup, belajar, bekerja, rumah, hubungan, pasangan)
4/ 5
Oleh

Leave your comment