Monday, October 16, 2017

(Rahasia) cara menjadi orang sukses (pengusaha, cepat kaya di usia muda)

Sebelum membahas cara menjadi sukses alangkah baiknya jika kita membahas tentang pengertian sukses terlebih dahulu.

1. Apa itu sukses ?

Sukses” menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) artinya adalah “berhasil”. Nah, pertanyaannya berhasil dalam hal apa ?. Jawaban nya sangat mudah dan simpel, sukses artinya adalah berhasil dalam mengerjakan sesuatu, hal apapun atau sesuatu apapun yang selesai dikerjakan dan berhasil dicapai dapat disebut sebagai “Sukses”. Namun dewasa ini, kata “Sukses” mengalami penyempitan makna, dimana “sukses” dapat diartikan sebagai orang yang kaya, orang yang mempunyai kehidupan yang mapan, atau orang yang memiliki pekerjaan yang layak dan mumpuni.

(Rahasia) cara menjadi orang sukses (pengusaha, cepat kaya di usia muda)

Mungkin diwaktu anda kecil, anda berjuang dalam mendapatkan suatu hal. Misalnya untuk membeli mainan, mengerjakan pr, mendapatkan nilai 100, dan lain sebagainya. Dan apabila tujuan anda sudah tercapai, maka anda akan berkata “sukses”. Misalnya, “Hore, berhasil, akhirnya sukses juga dapat kartu dewa. Dah sekian lama beli kartu yu gi oh, baru kali ini dapat kartu obelisk the tormentor”. Dari sedikit cerita diatas, ternyata arti kata sukses memang simpel, tidak seperti kata “sukses” yang didengung-dengungkan oleh orang-orang dewasa, yang maknanya dipersempit, sehingga terkadang membuat jengkel setiap orang yang mendengarnya.

Misalnya jika anda mendapatkan pekerjaan yang memiliki gaji yang bisa dibilang sedikit dibandingkan gaji teman-teman anda, teman-teman anda meledek anda, “Bro, lo kerja jadi anu (isi sendiri), kalau gitu terus kapan suksesnya ?”, dan lain sebagainya. Seakan kata “sukses”, menjadi trademark tersendiri yang dikhususkan untuk orang-orang yang sudah mapan, orang kaya, dan juga orang yang memiliki pekerjaan yang wah. Padahal sebenarnya tidak demikian, jadi dapat disimpulkan arti kata sukses adalah “Berhasil dalam suatu hal, termasuk dalam kehidupan”. Walaupun hidup sederhana, asalkan bahagia, juga dapat disebut sebagai “sukses”. Jadi, sukses tidak mesti dimiliki oleh orang kaya dan mapan.

2. Kriteria sukses yang sebenarnya

Sukses yang saya maksud disini bukanlah tentang sukses dalam mengerjakan suatu hal, namun yang saya maksud adalah sukses dalam kehidupan. Sukses yang sebenarnya bukanlah menjadi orang kaya, menjadi terkenal, menjadi jutawan, menjadi milliader, menjadi pengusaha atau yang lain nya. Sukses yang sebenarnya adalah ketika anda merasa bahagia, ya “Bahagia”. Apapun kondisinya, entah saat dimasa senang atau susah, diwaktu kaya atau miskin, diwaktu sehat atau sakit, jika anda merasa bahagia, berarti anda sudah sukses dalam menjalani hidup anda. Apalagi jika anda turut membahagiakan orang-orang disekitar anda, seperti keluarga anda, orang tua, anak, istri, saudara, maka tingkat kesuksesan anda berada pada tingkat selanjutnya. Anda hidup, menjalani hidup anda sendiri, bukan untuk menuruti kemauan semua orang yang ada di sekitar anda (misal : tetangga, dll), jadi bahagiakan lah diri anda sendiri menurut apa yang ada di dalam hati kecil anda, jadilah diri anda sendiri, menjadi diri yang terbaik, tapi yang masih sesuai dengan agama dan norma yang berlaku di masyarakat.

3. Sifat atau ciri orang yang akan sukses dalam hidupnya

Orang yang sukses (dalam hidupnya) pasti memiliki berbagai sifat baik yang melekat dalam jiwa dan raganya, baik itu seoarang pria maupun wanita asalkan memiliki ciri dan sifat orang sukses dibawah ini, kemungkinan dia untuk menjadi sukses akan menjadi semakin besar. Tidak ada itu yang namanya “nakal dulu baru sukses”, yang ada malah nanti muncul berbagai masalah, bahkan banyak anak nakal yang meninggal karena kelakuan nya yang buruk (misalnya mati dijalan yang lurus saat balapan liar). Nah, langsung saja berikut beberapa sifat atau ciri yang sering dimiliki oleh orang sukses.

A. Kerja keras / ketekunan

Dari dahulu memang kerja keras dibutuhkan untuk mencapai suatu hal. Banyak orang-orang yang berbakat tertinggal jauh karena mereka malas berusaha, atau berleha-leha dalam urusan nya. Sedangkan banyak orang biasa yang sukses karena mereka pantang menyerah dalam hidupnya. Mereka berusaha terus, bekerja keras lebih dari orang-orang yang berbakat. Memang benar, siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasilnya, karena memang usaha tak pernah mengkhianati hasil.

B. Fokus dalam 1 hal / bidang

Banyak orang yang ahli dalam segala hal, namun mereka hanya paham sebagian-sebagian saja tentang hal yang dikuasainya. Banyak juga orang yang fokus dalam satu bidang, dan mereka sangat ahli di dalam bidang tersebut. Nah, karena sangat ahli, jadi materi yang ia kuasai perlahan tapi pasti akan membuka berbagai jendela baru, inovasi akan terus berdatangan. Dan usaha yang ia lakukan pun akan berkembang pesat, lebih berkembang daripada orang yang paham banyak hal, namun hanya sebagian saja.

C. Rasa percaya diri

Rasa percaya diri, sangat penting bagi setiap pribadi manusia. Jika anda tidak dapat percaya terhadap diri anda sendiri, bagaimana mungkin orang lain dapat mempercayai anda. Apalagi jika anda merasa minder, maka banyak peluang dan kesempatan yang akan terbuang sia-sia.

D. Kejujuran

Diera modern ini kejujuran sudah semakin menipis, tipu-menipu banyak terjadi disekeliling kita. Namun apabila anda menjadi pribadi yang jujur, maka akan banyak orang yang mempercayai anda. Dalam hal usaha, misalnya perdagangan, tentunya hal ini dapat menguntungkan anda. Selain itu, dengan berbohong anda memang akan mendapatkan banyak keuntungan, namun hanya sementara, selanjutnya usaha anda akan menjadi hancur. Berbeda dengan orang yang jujur, usaha mereka akan mendapat kepercayaan dari berbagai klien dan pelanggan. Sehingga usaha mereka dapat terus berkembang.

E. Rasa ingin tahu / haus dengan ilmu pengetahuan

Dengan rasa ingin tahu yang tinggi, otomatis orang tersebut akan berusaha terus belajar, dan menambah berbagai pengetahuan dan informasi. Dengan demikian, ia memiliki banyak ide untuk mengembangkan berbagai usaha yang dapat membuatnya cepat menjadi sukses dan bahagia.

F. Tepat waktu / disiplin

Orang yang sukses, sangat menghargai waktu. Dengan ketepatan waktu, mereka dapat melakukan berbagai hal dengan tepat, sehingga di lingkungan kerja dan usaha, mereka dapat diandalkan, dan dapat dipercaya oleh banyak orang, karena ketepatan waku yang mereka kerjakan dan jalankan.

Saya rasa begitulah beberapa sifat dan sikap yang umumnya dimiliki oleh orang-orang sukses. Karena sifat tersebutlah, tak jarang banyak pemuda atau orang yang sukses di usia mudanya. Ada yang menjadi pengusaha, ceo, dan lain sebagainya. Banyak dari mereka yang merintis karirnya dari usia sekolah, misalnya pada saat masa sekolah di sma, smk, kuliah, para mahasiswa dan pelajar banyak yang sudah merintis usahanya. Misalnya usaha kecil seperti menjual pulsa, menjadi penulis, blogger, dan lain sebagainya.

4. Rahasia menjadi orang yang sukses

Banyak cara menjadi orang yang sukses, dalam kasus ini artinya adalah menjadi orang yang kaya dan mapan. Ada yang mengandalkan unsur kekeluargaan seperti halnya pada orang tionghoa, ada juga yang mengandalkan pengetahuan seperti halnya para pengusaha. Namun tidak sedikit pula yang memang karena takdir dan keberuntungan nya yang baik sehingga ia menjadi kaya mendadak dengan cepat tanpa perlu terlalu bersusah payah dalam berusaha. Tapi, tentunya lebih banyak orang kaya (orang sukses) yang merintis usahanya mulai dari nol.

Memang rahasia yang diberitahukan kepada orang lain, bukanlah lagi disebut sebagai rahasia. Namun, jika anda ingin segera menjadi sukses, ada baiknya anda menanamkan berbagai sifat orang sukses yang sudah diterangkan diatas, dan juga simak beberapa tips dan cara di bawah ini (bisa dibilang, rahasia dibalik orang sukses).

A. Berani mencoba / mengambil resiko

Banyak orang yang akan membuka usaha ragu-ragu dengan apa yang dipikirkan nya, akibatnya ia hanya akan terjebak di dalam pikiran nya sendiri, dan tidak melakukan apa-apa. Daripada berpikir terus, tidak ada salahnya mencoba, jika belum mencoba, bagaimana mungkin kita tahu akan hasilnya. Jika usaha anda gagal, toh anda sudah mendapatkan pengalaman baru, dan berusahalah memperbaiki kekurangan anda agar usaha atau pekerjaan anda menjadi lebih baik dan sukses. Tidak ada yang namanya usaha tanpa modal, atau menjadi kaya dan sukses tanpa modal, yang ada adalah menjadi sukses dengan modal, walaupun hanya bermodal kecil, yakni bermodalkan keberanian saja. Banyak orang sukses di dunia ini yang berani dalam mencoba sesuatu yang baru, mereka berani mengambil resiko. Ya, karena memang resiko yang besar, tentunya menghasilkan hasil yang memuaskan jika usaha yang dijalankan berhasil dengan mulus.

B. Pandai bersosialisasi

Skill bersosialisasi tentunya sangat penting digunakan di kehidupan ini. terutama dalam bidang pekerjaan dan usaha, tanpa skill bicara, dan sosialisasi yang mumpuni, seorang pengusaha tentunya akan kesulitan untuk memasarkan berbagai produk yang ia buat. Sosialisasi bukan berarti hanya dilakukan dari mulut ke mulut, atau di dunia nyata saja, namun sosialisasi di dunia maya juga sangat penting untuk perkembangan usaha. Karena memang di era modern ini teknologi komunikasi dan informasi berkembang dengan pesat dan cepat. Anda dapat memanfaatkan internet dan berbagai sosial media untuk memasarkan produk maupun skill yang anda punya.

C. Berdoa

Usaha tanpa disertai doa ibarat, makan tanpa menggunakan sendok dan piring. Anda akan kebingungan meletakkan nasi dan lauk pauknya. Setelah anda maksimal dalam berusaha, jangan lupa untuk berdoa kepada Tuhan agar usaha anda dapat berhasil dan menjadi sukses. Jika pun anda gagal, anda menjadi tidak berputus asa, karena anda yakin inilah yang terbaik untuk anda.

D. Sedekah

Berbuat baik terhadap orang lain, sama saja anda berbuat baik terhadap diri anda sendiri. Jika anda memberi atau bersedekah kepada orang yang membutuhkan dengan rasa ikhlas. Maka percayalah, setiap kebaikan yang anda lakukan akan dibalas oleh Tuhan berkali-kali lipat daripada sesuatu yang anda beri. Sedekah tidak harus berupa materi, sedekah juga dapat berbentuk berupa ilmu yang bermanfaat. Ilmu yang bermanfaat buat manusia lain nya, selain sedekah ilmu dan materi kepada orang yang membutuhkan. Setiap kebaikan yang anda berikan terhadap lingkungan dan binatang juga termasuk kedalm sedekah, misalnya memberi makan kucing, menanam pohon, dan lain sebagainya.

5. Kesimpulan

Menjadi sukses bukanlah ketika anda menjadi kaya raya atau menjadi sanjungan dan juga menjadi idola bagi orang lain. Menjadi sukses adalah ketika anda dan orang disekeliling anda menjadi bahagia karena kehadiran anda. Jadi, siapa saja bisa mendapatkan kesuksesan, baik itu anak-anak, remaja, pemuda-pemudi, orang dewasa, orang tua, dan lain nya. Tidak ada kata terlambat dalam memperoleh kesuksesan, semua orang bisa menjadi sukses. Namun, sukses seperti apakah yang diinginkan oleh hati kecil anda ?. menjadi kaya raya diusia muda, menjadi pns, menjadi polisi, menikah dengan wanita yang cantik, punya rumah yang megah, punya sawah dan ladang yang luas, atau mungkin bahagia di dunia dan akhirat ?, tentunya hanya anda sendiri yang mengetahui jawaban nya. Semoga berhasil.

(Rahasia) cara menjadi orang sukses (pengusaha, cepat kaya di usia muda)
4/ 5
Oleh

Leave your comment