Friday, November 3, 2017

15 kekurangan yang dimiliki orang introvert (sisi negatif kepribadian introvert)

Sebenarnya pengelompokan tipe kepribadian ini di cetuskan oleh seorang ahli psikologi yang bernama “Carl Jung”. Tipe kepribadian ini diantaranya yakni adalah introvert, ambivert dan juga ekstrovert. Dari ke 3 jenis tipe kepribadian diatas tentunya masih banyak lagi pengelompokan nya. Namun, kali ini saya hanya akan membahas mengenai kekurangan dari orang yang memiliki tipe kepribadian introvert. (Baca juga : Apa itu introvert ? dan bagaimana ciri orang introvert ?)

15 kekurangan yang dimiliki orang introvert (sisi negatif kepribadian introvert)

Setiap tipe kepribadian pasti memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masing. Termasuk introvert, setelah beberapa waktu yang lalu saya selesai membahas sedikit tentang kelebihan yang dimiliki oleh orang introvert. Kali ini saya akan sedikit membahas mengenai kekurangan (sisi negatif) dalam tipe kepribadian introvert ini. langsung saja . .

1. Orang introvert sering kali terlalu banyak berpikir (overthinking) dan sedikit bertindak

Tidak seperti orang ekstrovert yang spontan dalam melakukan suatu hal. Orang introvert selalu memikirkan setiap langkah dan apa saja yang akan ia lakukan. Terkadang, hal tersebut malah membuatnya menjadi overthingking. Sehingga ia hanya banyak berpikir saja, tanpa melakukan hal yang nyata. Akibatnya, semua rencana dan angan-angan yang ingin dia wujudkan hanya sebatas imajinasi saja. Dan tidak ada tindakan yang nyata, karena takut dengan berbagai dampak yang sudah mereka bayangkan. Adakalanya malah mereka menjadi overthinking dan mengecek segala sesuatu yang mereka perbuat berkali-kali.

2. Orang introvert sering kali dicap sebagai orang yang sombong dan berbahaya

Jika dilingkungan tempat tinggal anda ada orang yang pendiam dan jarang bersosialisasi. Baik itu teman atau tetangga anda. Pasti sebagian orang akan mencurigainya, ada yang mengecap dia psikopat lah, ada yang mencap tero**s lah, dan lain sebagainya. Terkadang, karena saking pendiam dan seriusnya mereka, malah mereka sering kali dicap sebagai orang yang sombong dan sok cool. Padahal sebenarnya tidak demikian.

3. Orang introvert sering kali terjebak di zona nyaman (pemalas)

Jika sudah terjebak di dalam zona nyaman nya. Kebanyakan Orang introvert akan malas untuk melakukan segala hal. Mereka terlalu asyik dalam mengerjakan sesuatu / hobi yang mereka suka. Sehingga pekerjaan lain nya ditinggal begitu saja. Mereka merasa masa bodoh dan malah asik memanjakan diri, sehingga akhirnya mereka jadi bermalas-malasan.

4. Orang introvert kesulitan memulai pembicaraan (sulit bersosialisasi)

Orang introvert akan merasa akward dengan orang yang baru ia temui. Mereka lebih suka bergaul dengan orang yang itu-itu saja. Jika ditanya untuk berkenalan dengan orang lain, mereka akan ogah-ogahan. Apalagi berkenalan dengan lawan jenis (cowok-cewek). Pasti tambah akward dan malu-malu. Mereka menjadi canggung dalam bersosialisasi dan berubah total (keluar sifat asli) jika sudah akrab dengan orang.

5. Orang introvert akan merasa cepat lelah jika dihadapkan dengan keramaian (sosialisasi)

Jika terlalu banyak berhubungan dengan orang banyak. Orang introvert akan merasa cepat lelah dan letih. Mereka akan sesegera mungkin menyelesaikan segala sesuatu yang berhubungan dengan sosialisasi, agar mereka dapat menikmati waktu “me time” nya.



6. Orang introvert kesulitan menerima suasana baru (sulit menerima perubahan)

Orang introvert sangat menyayangi tempat atau benda dan segala sesuatu yang menjadi kesukaan nya. Ia dengan telitinya mengatur semua barang yang ada. Jika ada yang mengubah tata letak barang yang ia simpan, maka mereka akan sangat marah, dan merasa cemas. Apalagi jika ada orang asing yang memasuki wilayahnya (misalnya kamar). Mereka akan dengan tegas menolaknya. Jika mereka mendiami atau berkunjung ketempat baru, mereka akan menjadi akward dan canggung.

7. Orang introvert banyak yang egois

Karena mereka bergerak sesuai dengan apa yang ada di hati mereka. Mereka terkadang bersifat egois, sak karepe dewe. Semaunya sendiri, asal dia senang dan puas. Ya sudah, mereka akan melakukan nya, tanpa peduli dengan omongan orang dan saran orang lain.

8. Orang introvert sulit dimengerti

Ya, orang introvert kebanyakan sulit dimengerti. Segala tindakan dan tutur katanya berada diluar nalar orang pada umumnya. Mungkin karena mereka yang pendiam dan jarang mengutarakan isi hatinya (curhat), jadi segala tindak tanduknya sangat sulit dipahami. Jadinya terkesan seram dan misterius.

9. Orang introvert mudah mendendam

Hati orang introvert sangatlah rapuh. Mereka sangat suka mendendam, apabila mereka dilukai. Mungkin jika anda menyakiti teman anda yang pendiam. Di dalam benak mereka sudah ada puluhan rencana untuk membalas segala perbuatan anda. Namun kebanyakan rencananya hanya sebatas imajinasi saja, Dan tidak pernah terwujudkan. Namun jangan salah, Semua kelakuan buruk anda akan membekas diingatan mereka seumur hidup.


10. Orang introvert banyak yang suka menghayal

Banyak dari orang introvert yang pandai merencanakan sesuatu, dan banyak pula diantara mereka yang suka menghayal. Pagi, siang, malam kerjaan nya menghayal terus. Daya imajinasi mereka sangatlah kuat, tak jarang banyak anak chuunibyo yang sudah dewasa kebanyakan adalah orang introvert.

11. Orang introvert memiliki amarah yang besar

Jangan sekali-kali anda membuat teman anda yang introvert sampai marah. Karena jika sampai marah, murka mereka seperti sudah kerasukan kyuubi ekor 9. Marahnya sangat luar biasa dan menakutkan. Dibalik sifat pendiam dan kesabaran mereka, terdapat amarah yang sangat besar. Mungkin karena mereka selalu menyimpan perasaan nya. Sehingga barometer amarah mereka sudah keluar batas / jebol.

12. Orang introvert banyak yang terkena phobia dan penyakit mental

Mungkin karena kesendirian nya, dan susahnya dalam berkomunikasi dan bersosialisasi. Orang introvert banyak yang kesulitan mengendalikan emosi dan ketakutan mereka. Sehingga mereka terkadang mudah menjadi stres, depresi, dan juga mudah terkena phobia sosial. Rasa malu yang tak terkontrol malah menjadi bom waktu bagi mereka, dan malah membuatnya menjadi phobia sosial. Dan rasa kesepian yang mereka sering kali hiraukan, malah membuat mereka menjadi stres dan depresi.

13. Orang introvert Diam-diam menghanyutkan

Banyak dari orang introvert yang kelihatan nya diam. Namun menyimpan berjuta rahasia dibalik diamnya tersebut. Jika banyak orang introvert yang cerdas dan pandai, maka banyak juga orang introvert yang mesum. :v

14. Orang introvert banyak yang cuek dengan penampilan (jarang mandi)

Banyak orang introvert yang perfeksionis dan juga menjaga kebersihan nya. Namun tidak sedikit juga yang cuek dengan penampilan nya. Bahkan malah jarang sekali membersihkan lingkungan dan tubuhnya (jarang mandi). Namun, tentunya hal tersebut hanya berlaku dirumahnya, dilingkungan lain ya beda lagi ceritanya.

15. Orang introvert suka berdiam diri dikamar

Banyak dari mereka, yang jika sudah nyaman disuatu tempat. Maka akan sulit keluar dari wilayah mereka tinggal. Misalkan jika mereka menyukai menonton anime, bermain game, dan lain sebagainya. maka mereka akan senantiasa melekukan hobinya semaksimal mungkin. Tak hayal banyak wibu yang memiliki kepribadian introvert. Atau juga jika seorang introvert menyukai alam bebas mereka akan jarang pulang. Dan lebih suka tinggal di alam liar (mbolang dan bertapa), mendaki gunung lewati lembah, dan lain sebagainya.

16. Orang introvert bicaranya pedas #Tambahan

Orang introvert memang tidak suka basa-basi. Tapi kalau dia sudah bicara langsung to the point, dengan bahasa yang pedas dan lumayan kurang enak didengar oleh telinga. terkadang maksudnya baik, namun malah terkesan buruk karena salahnya gaya bicara / pemilihan kata. Tapi tidak semua orang introvert bicaranya pedas dan kasar (sarkas). ada juga orang introvert yang pemalu dan tidak pandai merangkai kata.

Ya begitulah sedikit banyak mengenai kekurangan dari tipe kepribadian introvert ini. Anda tidak perlu berupaya mengubah diri anda menjadi seperti orang ekstrovert. Namun cukup perbaiki saja sifat buruk (kelemahan) yang ada di dalam diri anda. Dan jangan pedulikan segala ejekan dan cemoohan yang diutarakan dan dituduhkan kepada anda. Mungkin orang lain tidak tahu apa itu introvert, karena memang kebanyakan manusia berkepribadian ekstrovert. Jadi mereka suka menjudge orang introvert sebagai orang yang berbahaya dan penyakitan. (Baca juga : 16 kelebihan yang dimiliki orang introvert)

15 kekurangan yang dimiliki orang introvert (sisi negatif kepribadian introvert)
4/ 5
Oleh

13 comments

February 15, 2018 at 9:29 PM delete

Ya begitulah gan. kelemahan kebanyakan anak introvert.

Reply
avatar
March 14, 2018 at 6:58 PM delete

Menurut aku nmr 14 tulisan enggak banget ya masa orang introvert banyak yg cuek dengan penampilan.aku aja introvert memperhatikan penampilan . mungkin cuma sebagian introvert

Reply
avatar
May 9, 2018 at 10:15 PM delete

and yes, i’m an introvert person☺️

Reply
avatar
August 9, 2018 at 1:37 PM delete

Saya sudah trbiasa dg kesendirian, bagiku sendiri itu nyaman apalagi menikmati hobi atau kebiasaan yg ku sukai. Tapi sayang, ketika masa SMP saya jadi korban Bully,karena ku terlalu pendiam. Saya hanya memiliki beberapa teman yg saya percaya,dibandingkan dg punya banyak teman namun menjatuhkan martabat.

Reply
avatar
August 11, 2018 at 10:13 AM delete

Nah, begitu lebih baik. Teman walaupun sedikit yang penting membawa manfaat & pengaruh positif bagi semua pihak. Jadi nantinya ngak da yang namanya tusuk-menusuk dari belakang.

Cocok dipertahanin tuh, teman baik n sahabat2.

Reply
avatar
August 24, 2018 at 5:00 PM delete

Saya juga bersifat demikian asal jangan merugikan orang๐Ÿ˜”

Reply
avatar
August 26, 2018 at 11:48 PM delete

Woi, jangan sembarangan kalo ngomong. Introvert nggak gitu. Sombong gundulmu, pemarah ndasmu, egois matamu

Reply
avatar
August 27, 2018 at 7:20 AM delete

Kalau baca yang teliti ya bang. Ntu disana tertulis, nak introvert bukan sombong. Tapi dikira sombong ma orang lain.

Reply
avatar
October 7, 2018 at 6:53 PM delete

Ya begitulah aku juga introvert. Saya prihatin dgn kata diam2 menghayutkan :v ,dalam pikiran sy itu negatif๐Ÿ˜€

Reply
avatar
October 8, 2018 at 7:04 AM delete

Ya kan nak introvert lebih banyak diam. Didalam diamnya banyak yang dipikirkan.

Dan juga tidak semua manusia adalah orang baik. Termasuk orang introvert. Jika banyak orang introvert yang hatinya lembut, banyak juga yang menyimpan sesuatu yang menyeramkan di dalam hatinya ๐Ÿ˜‚.

Reply
avatar

Leave your comment