Thursday, November 23, 2017

Apa itu Black friday ? Kapan berlangsungnya hari Black friday ? Dan mengapa banyak diskon di hari Black friday ?

Apa itu black Friday ?. Begitulah sedikit banyak pertanyaan yang tersirat di dalam pikiran anda ketika anda mengunjungi blog ini. Mungkin pada hari black Friday, anda banyak memborong domain dan juga hosting dengan harga yang relatif murah dan dengan diskon yang meriah. Namun anda penasaran, kenapa hanya pada hari black Friday saja domain dan hosting dijual dengan harga murah, Kenapa tidak setiap hari saja ?. Ya, jika setiap hari, tentunya pihak tempat penyewaan hosting dan domain akan mengalami kebangkrutan. Maka dari itu, pada momen tertentu, seperti pada hari black Friday. Diadakan diskon besar-besaran di berbagai situs maupun toko yang mendukung adanya hari Black Friday. Tentunya hal tersebut diadakan untuk menarik perhatian berbagai pelanggan yang akan membeli produk pada hari tersebut.

Apa itu Black friday ? Kapan berlangsungnya hari Black friday ? Dan mengapa banyak diskon di hari Black friday ?

1. Apa itu pengertian hari black Friday ?

Black Friday, jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia memiliki arti atau makna “Jumat hitam”. Tidak seperti namanya, sebenarnya pada hari black Friday ini memiliki berbagai sejarah yang bervariasi.

Dalam kasus diskon besar-besaran pada hari black Friday. Hal tersebut, karena hari black Friday merupakan hari libur setelah perayaan hari thanksgiving di berbagai negara yang ada. Khususnya pada negara-negara di amerika utara seperti amerika serikat, mexico dan kanada. Namun tidak hanya pada ketiga negara tersebut saja hari black Friday dirayakan. Di negara lain nya, seperti di UK, india, jerman, Romania, prancis dan negara lain nya, banyak yang merayakan hari Black Friday juga.

2. Kapan hari black Friday berlangsung atau diadakan ?

Hari black Friday berlangsung pada hari jumat ke 4 pada setiap bulan november setelah hari raya thanksgiving. Sedangkan perayaan hari thanksgiving, dirayakan setiap hari kamis ke 4 pada setiap bulan november.




3. Manfaat adanya hari Black friday

Biasanya pada hari black Friday akan diadakan diskon besar-besaran terhadap berbagai produk yang diperjual belikan. Mulai dari produk di dunia nyata sampai di dunia maya.

Pada hari tersebut, banyak toko yang mendiskon harga barang-barang yang dijualnya. Termasuk juga bagi pihak penyedia jasa layanan penyewaan hosting dan domain. Pada hari tersebut banyak yang mendiskon harga domain dan hosting yang dijualnya.

Pada hari tersebut juga, banyak berbagai toko yang membuka tokonya lebih awal dari biasanya, dan juga menutup toko lebih larut dari biasanya. Sehingga akan banyak pembeli yang membeli berbagai produk di setiap toko yang mengadakan diskon di hari Black Friday.

4. Tujuan adanya hari Black friday

Hari black Friday diadakan setelah peringatan hari raya thanksgiving. Sedangkan hari thanksgiving sendiri pada mulanya merupakan hari festival panen, namun pada perkembangan nya hari thanksgiving berubah menjadi hari raya umat kristen (nasrani) pada sekitaran daerah amerika serikat dan sekitarnya. Yang ditujukan untuk memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan.

Karena hal tersebutlah, pada hari Black Friday diadakan diskon diberbagai produk yang dijual. Dengan demikian, diskon tersebut, dijadikan sebagai hari bersuka cita bagi umat nasrani. Namun pada perkembangan nya, hari Black Friday dijadikan event untuk mendongkrak produk penjualan yang ada. Sehingga muncullah istilah seperti shopping holiday. Pada hari tersebut pada akhirnya merupakan awal dari musim belanja sebelum hari raya Natal dan tahun baru dimulai.

5. Penutup

Begitulah sedikit banyak penjelasan dan pengertian mengenai hari Black Friday. Setelah mengetahui tanggal pasti dari hari Black Friday, maka anda dapat mempersiapkan diri untuk membeli berbagai produk yang anda inginkan. Khususnya seperti hosting, domain dan berbagai produk yang di diskon lain nya. Sebut saja seperti berbagai gadget dan smartphone. Selamat berbelanja. .

#Referensi

1. https://en.wikipedia.org/wiki/Black_Friday_(shopping)

Apa itu Black friday ? Kapan berlangsungnya hari Black friday ? Dan mengapa banyak diskon di hari Black friday ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment