Thursday, November 30, 2017

Apa itu ekstrovert ? Dan bagaimana ciri dan sifat orang yang memilki tipe kepribadian ekstrovert ?

Setelah beberapa waktu yang lalu saya membahas mengenai tipe kepribadian introvert. Kali ini saya akan sedikit membahas tentang tipe kepribadian ekstrovert. Kedua tipe kepribadian manusia ini memang memiliki karakteristik yang saling bertolak belakang, namun keduanya saling melengkapi satu sama lain. Yang satu pengamat (pendengar) yang baik, dan yang satunya pembicara yang baik. Jadi keduanya saling membutuhkan, jika diibaratkan dengan pasangan, maka lelaki ekstrovert akan memiliki kecocokan dengan wanita berkepribadian introvert, dan juga sebaliknya. Langsung saja,

Apa itu ekstrovert ? Dan bagaimana ciri dan sifat orang yang memilki tipe kepribadian ekstrovert ?

1. Apa itu pengertian ekstrovert ?

Ekstrovert merupakan salah satu jenis tipe kepribadian yang pada mulanya, teorinya dikemukakan atau dicetuskan oleh seorang ahli psikologi yang bernama Carl jung. Beliau mengelompokkan tipe kepribadian manusia menjadi 2 bagian, yakni ekstraversion / ekstrovert, dan juga introversion / introvert.

Ekstrovert adalah salah satu jenis tipe kepribadian yang dimiliki oleh orang yang berfokus pada apa yang ada di luar dirinya. Dalam artian mereka para orang ekstrovert menyukai berinteraksi dengan orang lain, menikmati interaksi dengan dunia luar.

2. Ciri-ciri umum yang dimiliki orang berkepribadian ekstrovert

Orang yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert sangat banyak dibandingkan dengan orang yang memiliki tipe kepribadian introvert. Dan tentunya ciri dari orang ekstrovert sangat mudah dikenali oleh semua orang. Pada umumnya seorang yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert memiliki ciri atau sifat . .

A. Suka sekali berbicara / banyak berbicara
B. Suka mengekspresikan emosi dirinya
C. Pandai bergaul

Ya begitulah ciri utama orang-orang yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert. Mereka adalah orang-orang yang pandai bergaul, supel, easy going, mudah membuat pertemanan, dan sangat suka dengan hal-hal yang bernuansa keramaian dan juga pertemanan (perkumpulan).




Mereka orang ekstrovert sangat menyukai aktivitas dunia luar, tak jarang mereka sering sekali mudah berkenalan dengan orang baru, mudah dalam memulai pembicaraan dan mudah dalam berbasa-basi. Mereka adalah pembicara yang baik, periang dan spontan dalam bertindak. Suka dengan keramaian, suka diperhatikan, terkadang malah narsis, suka mencari perhatian dan kekinian. Lebih lengkapnya, ciri yang biasanya dimiliki oleh orang ekstrovert ada di bawah ini.

A. Supel (pembicara yang baik) / banyak bicara
B. Mudah bergaul dan membuat pertemanan
C. Spontan dalam bertindak, tanpa pikir panjang terlebih dahulu
D. Suka keramaian dan diperhatikan (misal: suka mengikuti pesta dan event-event yang melibatkan banyak orang)
E. Suka mengekspresikan diri (misal: periang, garang, dll)
F. Suka membuat perkumpulan (misal membuat gang, klub, perserikatan, dll)
G. Peduli dengan tren dan fashion yang kekinian (modis, necis, kekinian, dll)
H. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi, kadang malah kelewat batas, sehingga terkesan tidak punya malu :v
I. Dll

## Penutup

Ya begitulah sedikit banyak penjelasan tentang ekstrovert, pengertian dari kepribadian ekstrovert dan ciri umum dari orang yang memiliki kepribadian ekstrovert. Jika anda adalah orang yang menyukai keramaian, menyukai membuat pertemanan, suka bermain dan hang out bersama teman, suka berbicara panjang lebar. Anda positif memiliki tipe kepribadian ekstrovert.

Semua orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, termasuk dalam jenis tipe kepribadian. Mungkin, nanti saya akan menulis artikel tentang kekurangan dan kelebihan dari orang yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert. Jadi terus nongkrong di blog ini ya sobat. ^_^ (Baca juga : Apa itu introvert ? dan bagaimana ciri orang introvert ?)

Apa itu ekstrovert ? Dan bagaimana ciri dan sifat orang yang memilki tipe kepribadian ekstrovert ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment