Monday, November 6, 2017

Apa itu Hikikomori ? Ciri-ciri dan penyebab seseorang menjadi Hikikomori ?

Hikikomori, istilah yang satu ini seringkali muncul dan disebut dalam berbagai judul film anime. Misalnya saja seperti dedek sagiri dalam anime ero manga sensei. Dia adalah seorang hikikomori akut yang sangat takut untuk meninggalkan kamarnya. Entah apa sebabnya, yang jelas seorang hikikomori sangat enggan untuk meninggalkan kamar dan juga rumahnya sendiri. Jadi tahukah anda tentang pengertian dari hikikomori ini ?. jika belum, langsung saja simak pengertian nya di bawah ini.

Apa itu Hikikomori ? Ciri-ciri dan penyebab seseorang menjadi Hikikomori ?

1. Apa itu Hikikomori ?

Hikikomori berasal dari bahasa jepang “ひきこもり atau 引き籠り”. Hikikomori dalam bahasa jepang jika diartikan kedalam bahasa indonesia artinya adalah “pensiun” (via : google translate). Secara harafiah Hikikomori dapat diartikan sebagai “menutup diri, mengurung diri, atau menarik diri”.

Hikikomori adalah suatu fenomena sosial pada remaja atau pemuda jepang yang ditandai dengan menjauhnya mereka terhadap pergaulan sosial. Mereka menarik diri dari kegiatan bermasyarakat, dan memutuskan untuk mengurung diri mereka sendiri di dalam rumah atau kamar yang mereka cintai. Para Hikikomori menutup diri dari pergaulan, dan memutuskan untuk menjauh dari dunia luar. Entah karena sebab apa, yang jelas mereka tidak mau meninggalkan kamar atau rumah mereka dalam beberapa waktu tertentu. Mereka berada di dalam rumah dalam waktu yang cukup lama, mengisolasi diri mereka dari dunia luar.

Istilah Hikikomori memang berasal dari jepang. Namun pada dewasa ini sudah menyebar keseluruh dunia. Mungkin dilingkungan tempat anda tinggal juga ada seorang Hikikomori. Bahkan dijepang ada seorang Hikikomori yang mengurung dirinya sampai berpuluh-puluh tahun lamanya, layaknya seorang pertapa. Apalagi di jaman yang serba online ini, segala kebutuhan dapat dibeli dengan online, sehingga menjadikan seorang Hikikomori, makin betah di rumahnya. Tentunya seorang Hikikomori pada umumnya masih mendapat bantuan biaya hidup dari keluarganya. Bisa dibilang seoran Hikikomori berasal dari lingkungan keluarga yang berada / kaya.

2. Ciri-ciri seorang Hikikomori

Hikikomori bukan berarti hanya berdiam diri di kamar saja, namun ada beberapa kriteria sehingga seseorang dapat disebut sebagai Hikikomori. Seseorang dapat disebut sebagai Hikikomori jika memiliki ciri-ciri seperti yang disebut dibawah ini :

A. Seseorang lebih banyak menghabiskan waktunya di dalam kamar / rumah (sehari-hari berdiam diri dan beraktivitas di rumah)
B. Orang tersebut dengan tegas dan keras menolak untuk bersosialisasi dan bermasyarakat
C. Orang tersebut memiliki banyak alasan untuk tidak bersosialisasi dan keluar dari rumah
D. Orang tersebut Merasa takut dan gelisah saat keluar dari kamar / rumah
E. Orang tersebut setidaknya mengurung diri atau berada di dalam rumah selama 6 bulan atau lebih

Jika anda memiliki ke 5 ciri diatas, berarti anda positif menjadi seorang Hikikomori. Jika anda tidak mengurung diri di rumah atau kamar anda dalam waktu sekurang-kurangnya 6 bulan, berarti anda masih belum dapat disebut sebagai seorang Hikikomori.



3. Penyebab seseorang menjadi Hikikomori

Banyak sekali penyebab seseorang untuk memutuskan menjadi seorang Hikikomori. Apalagi jika ia mengganggur / NEET. Akhirnya ia menyandang dua gelar yang bisa dianggap buruk, yakni Hikikomori dan NEET (HikiNEET). Nah, sebenarnya apasih yang menyebabkan seseorang untuk menjadi seorang Hikikomori ?. langsung saja.

A. Depresi

Seseorang yang depresi, merasa dirinya tidak berharga, tidak berguna, merasa dirinya seperti sampah. Ia kehilangan kepercayaan dirinya, ia menyesali semua yang terjadi pada dirinya. Akibatnya ia akan menjadi sangat sedih dengan kehidupan nya, dan takut untuk menemui orang lain. Karena takut dirinya diejek dan dicemooh orang lain, padahal hal tersebut hanya ada di dalam pikiran nya sendiri. Orang yang depresi akan lebih sering mengurung diri, dan juga lebih sering tidur daripada orang yang normal.

B. Korban pembullyan

Korban pembullyan yang sudah terluka mentalnya, dapat membuat diri seseorang menjadi rapuh dan menjadi penakut. Ia mengganggap dunia luar adalah dunia yang berbahaya, sehingga ia memutuskan diri untuk menjauhkan diri dari pergaulan dalam masyarakat. Sehingga ia memutuskan untuk terus berdiam diri dan hanya beraktivitas di kamar atau rumahnya saja.

C. Trauma / pengalaman buruk dan menyakitkan

Trauma dan pengalaman buruk dapat membuat mental seseorang menjadi terganggu. Ia menjadi ketakutan, atau mungkin kecewa dengan hidupnya. Sehingga ia memutuskan diri untuk mengurung dirinya dikamar. Misalnya saja, jika orang tuanya meninggal secara tiba-tiba, sang anak tidak menerima kenyataan hidup. Dan akhirnya ia merasa bersalah, bersedih, putus asa, dan akhirnya memutuskan diri untuk menjadi seorang Hikikomori.

D. Memiliki phobia

Orang yang memiliki phobia sosial misalnya, ia merasa sangat takut dan malu untuk tampil atau berbaur dalam masyarakat. Ia takut untuk bergaul dan juga takut untuk bersosialisasi karena berbagai macam alasan. Sehingga ia menjadi mengurung dirinya dikamar atau rumahnya. Atau mungkin ia memiliki phobia lain, sehingga ia tidak mau keluar dari rumahnya.

E. Minder dan hilangnya rasa percaya diri

Hilangnya rasa kepercayaan diri seseorang, membuat diri mereka menjadi minder. Ada yang minder karena kalah sukses dengan teman-teman nya, ada yang minder karena sudah berkali-kali gagal dalam mencari pekerjaan. Ada yang minder dengan penampilan nya, Dan lain sebagainya. intinya orang tersebut merasa ada yang salah dan kurang dalam dirinya, sehingga ia menjadi takut dan malu untuk keluar dari rumahnya. Pada akhirnya, karena berbagai tekanan dan beban hidup yang ia hadapi, ia menyerah dan memutuskan diri untuk menjadi seorang Hikikomori.

Sebenarnya masih banyak penyebab seseorang untuk memutuskan menjadi Hikikomori. Namun pada intinya, mereka adalah orang yang sudah menyerah dan putus asa dengan kehidupan nya. Mereka merasa tertekan dalam pergaulan nya, sehingga mereka memutuskan untuk menarik diri dari dunia luar, Dan mengurung diri di dalam rumahnya. Mungkin juga ada wibu dan otaku anime yang menjadi seorang hikikomori karena terlalu asik tenggelam dalam dunianya. Yang jelas seorang hikikomori memiliki karakteristik dan ciri yang tersebut seperti diatas.

4. Penutup

Ya, begitulah sedikit penjelasan mengenai pengertian tentang Hikikomori, ciri-ciri seseorang dapat disebut sebagai Hikikomori, dan juga penyebab seseorang menjadi Hikikomori. Jika anda adalah seorang Hikikomori, cobalah untuk bangkit dari keterpurukan anda. Manusia memang makhluk yang lemah, manusia sangat jauh dari kata sempurna, jadi jangan sesali kehidupan anda, dan lakukanlah yang terbaik. Tuhan pasti tunjukan jalan yang terbaik bagi anda, jadi jangan menyerah !.

Pria – wanita, pemuda – pemudi, cowok – cewek, dan para remaja banyak yang menjadi hikikomori. Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya fenomena ini. Para orang tua, diharuskan mampu untuk mendidik dan membimbing anaknya dengan baik dan benar. Sehingga sang anak dapat terhindar dari perilaku Hikikomori ini. Usahakan imbangkan pendidikan dunia dan agama (moral) pada anak, pendidikan tentang hubungan dengan manusia, hubungan dengan alam, hubungan dengan Tuhan yang benar. Agar anak tidak menjadi tersesat dalam hidupnya. (Baca juga : Sejarah, penyebab, dan pengertian dari NEET)


#Referensi

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Hikikomori

Apa itu Hikikomori ? Ciri-ciri dan penyebab seseorang menjadi Hikikomori ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment