Wednesday, November 15, 2017

Apakah penyebab (deindex) hilangnya postingan / artikel blog dari pencarian google ? Dan bagaimana cara mencegah dan mengatasi DEINDEX ?

Mungkin anda pernah menemui beberapa halaman situs atau website anda, tiba-tiba menghilang dari halaman pencarian google. Ada juga, beberapa artikel postingan blog anda yang tiba-tiba tidak dapat ditemukan di pencarian google. Anda sudah mengetik url postingan anda di kotak pencarian google, namun tidak ada hasil. Artikel anda sama sekali tidak muncul dan tidak terindeks di pencarian google. Padahal sebelumnya, beberapa hari atau minggu yang lalu, postingan anda masih muncul di index pencarian google search. Dan sekarang malah tidak dapat ditemukan.

Apakah penyebab (deindex) hilangnya postingan / artikel blog dari pencarian google ? Dan bagaimana cara mencegah dan mengatasi DEINDEX ?

Parahnya lagi, blog anda sama sekali tidak terindeks di SERP google. Padahal sebelumnya ada, namun kemudian hilang begitu saja, layaknya di telan bumi. Anda mengetikkan alamat blog anda, halaman postingan blog anda. Namun nihil dan tidak tercantum sama sekali di google. Nah, hal tersebutlah yang dinamakan dengan “deindex”. Deindex merupakan suatu fenomena hilangnya halaman blog atau halaman keseluruhan situs (domain situs) dari hasil pencarian google. Kira-kira apakah penyebab dari deindex tersebut ?. Langsung saja, berikut beberapa penyebab hilangnya alamat (domain) blog dan juga postingan blog anda dari hasil pencarian google.

1. Konten blog yang tidak asli / tidak original

Jika kebanyakan postingan atau isi artikel blog anda berasal dari situs atau blog lain. Anda mengkopi paste (mengcopas) artikel milik orang lain. Tanpa diedit, rewrite dan juga menyertakan sumber. Maka jangan heran jika postingan anda lama-kelamaan akan menghilang dari pencarian google. Bahkan blog anda akan di banned dan hilang sama sekali dari pencarian google. Hal tersebut karena anda mengkopi hasil karya milik orang lain. Akibatnya konten anda dianggap sebagai konten spam dan juga sampah. Sehingga harus dihapus dari daftar pencarian google.

2. Postingan blog anda dilaporkan ke DMCA karena ketahuan copas

Jika pemilik asli tulisan blog yang anda copas mampir ke situs anda. Maka postingan blog anda akan dilaporkan ke pihak DMCA, dengan demikian postingan blog anda akan segera dihapus dari mesin pencarian google. Karena anda sudah jelas-jelas mengkopi artikel milik orang yang melaporkan anda. Jika anda terbukti mengcopas, tamatlah riwayat anda. Apalagi jika sampai anda menghost blog di blogger / blogspot dan juga server host lain yang mendukung DMCA. Apabila sudah dilaporkan ke pihak server, maka blog anda dapat dihapus saat itu juga. Dan akan hilang selamanya, baik di mesin pencarian google maupun di hostingan anda.

3. Backlink spam / terlalu banyak backlink

Jika anda asal meninggalkan link di berbagai situs yang ada. Baik itu situs berdomain .edu, .gov, .com, dan lain sebagainya. Apabila anda terlalu sering menanam backlink. Maupun sering blogwalking (BW) dan memposting url blog anda di berbagai artikel yang ada. Maka, blog anda akan di cap spam oleh bot google. Dengan demikian blog anda layak di deindex atau dihilangkan dari mesin pencarian google. Karena anda sering kali menyampah di postingan atau situs milik orang lain. Maka dari itu, sebaiknya anda mencari backlink dengan cara yang benar. Komen yang benar, dan tidak selalu meninggalkan jejak link blog anda di berbagai situs atau blog yang ada. Agar blog anda tidak dicap sebagai spam. Karena jika demikian, blog anda juga beresiko di hapus oleh tim google, apabila anda membuat blog di blogger.

4. Konten blog anda tidak berkualitas

Jika anda menulis artikel blog dengan bahasa alay. Dengan angka dan juga huruf aneh yang tidak jelas. Maka blog anda akan sangat sulit untuk terindeks. Jika terindeks pun, tidak lama kemudian blog anda akan menghilang dari serp google. Hal tersebut dikarenakan mutu dan kualitas blog anda sangat jelek. Jadi usahakan menulis artikel blog, dengan bahasa indonesia yang baku. Atau dengan bahasa daerah yang menggunakan alphabet dan huruf yang dikenali. Perhatikan juga ejaan kata dan kalimat anda. Agar mudah dipahami para pembaca, dan di senangi oleh bot google.

5. AGC (Auto Generated Content)

Blog AGC merupakan blog yang dibuat dengan script yang di khususkan untuk mencuri postingan blog orang lain. Script yang di instal oleh pembuat dan pemasang agc, secara otomatis akan mengambil konten dari blog orang lain melalui berbagai metode yang mereka kembangkan. Biasanya melalui feed blog. Konten blog AGC Untuk beberapa bulan pertama saja memang aman, namun untuk jangka panjang. Maka, perlahan akan terhapus dari mesin pencarian google. Jadi anda jangan pernah membuat dan tergoda dengan blog AGC ini. Karena hal demikian, merugikan para blogger lain yang sudah bersusah payah memikirkan dan menulis artikel.

6. Iklan popup, popunder, tabup yang berlebihan

Memasang iklan di blog boleh-boleh saja. Namun, jika terlalu berlebihan. Apalagi memasang iklan yang berbau popup dan popunder yang tiada henti, dapat menyebabkan blog anda menjadi di deindex oleh google. Karena banyak sekali auto redirect dan konten terlarang yang di hasilkan oleh berbagai iklan yang anda pasang. Biasanya iklan popup, dan popunder mengandung malware, virus, auto langganan (subscribe), dan lain nya, yang jelas membahayakan visitor. Maka dari itu, konten yang demikian sangat dibenci oleh google.

7. Redirect / pengalihan terselubung

Jika blog anda memasang iklan yang mencurigakan. Iklan yang suka meredirect atau mengalihkan visitor ke situs lain. Maka waspadalah, karena blog anda akan terancam terdepak dari serp google. Karena hal yang demikian sangat merugikan dan membahayakan pengunjung. Maka wajar jika pihak google akan menghapus blog yang mengandung unsur redirect otomatis. Baik secara sengaja, maupun tidak.

8. Halaman terhapus

Jika halaman postingan blog anda terhapus, tidak sengaja terhapus. Maka wajar jika postingan anda tidak tercantum dan perlahan akan menghilang dari google search. Untuk mengatasi hal demikian, periksalah jumlah postingan anda di dashboard blogger. Jika berkurang, berarti ada halaman blog anda yang terhapus, atau memang sengaja di hapus oleh google karena melanggar kebijakan dan juga terkena DMCA.

9. Banyaknya broken link

Jika blog anda memiliki banyak link mati yang mengarah keluar blog anda. Misalkan untuk situs download. Maka halaman atau postingan blog anda perlahan akan menghilang dari google. Karena halaman pada blog anda tersebut terdeteksi sebagai fake link atau link palsu. Sehingga lama-kelamaan blog anda akan di deindex oleh google.

10. Domain blog mati / expired

Jika domain blog atau situs anda expired. Dan anda tidak memperpanjangnya. Otomatis, seluruh postingan dan halaman blog anda, secara perlahan akan dihapus oleh google. Karena domain anda sudah mati, jadi semua halaman blog anda menjadi 404 error. Tidak ada konten, dan wajib dihapus dari google serp.

Untuk mencegah terjadinya deindex pada blog anda. Anda cukup menulis artikel secara original atau juga menulis artikel dengan gaya bahasa anda sendiri. Jangan tergiur dengan banyak trafik, sehingga anda melakukan seo black hat. Main secara wajar saja, ngeblog jadikan sebagai hobi. Selebihnya anggap saja bonus (mendapat penghasilan).

Lebih detailnya untuk mencegah deindex :

1. Menulis artikel asli atau menulis artikel dengan gaya bahasa sendiri (tanpa copas).
2. Jangan sering meninggalkan link anda di postingan atau komentar blog dan situs orang lain.
3. Jangan berlebihan dalam memasang iklan, terutama iklan popup dan popunder.
4. Periksa halaman dan link yang anda buat, jangan sampai hilang atau mati.
5. Jangan bermain seo black hat. Posting saja yang natural, urusan rejeki sudah ada yang mengatur.

Nah, setelah mencegah. Bagaimana cara mengatasi deindex ?. Saran saya, buat saja blog baru dengan konten yang asli atau konten yang unik. Dan jangan kopas hasil tulisan blog orang lain, agar blog anda tidak di deindex google. Karena untuk mengobati deindex, anda diharuskan untuk menghapus semua kesalahan yang anda buat. Termasuk menghapus semua link yang anda tanam. Tentunya hal tersebut sangat sulit, apalagi jika jumlah linknya mencapai ribuan. Jadi buat saja blog baru dan jangan mengulangi kesalahan yang anda buat. Jika blog anda di deindex gara-gara iklan yang anda pasang, sebaiknya lepas saja iklan tersebut. Agar blog anda kembali bersih dari iklan yang membahayakan pengunjung. Lebih jelasnya, tata cara untuk mengatasi deindex adalah sebagai berikut.

1. Cabut atau lepas iklan yang anda curigai sebagai penyebab deindex (iklan popup dan popunder).
2. Tulis ulang artikel yang hilang dari pencarian google dan perbarui konten blog anda.
3. Ganti template blog anda.
4. Tambahkan widget dan navigasi baru di blog anda.
5. Submit kembali blog anda ke google webmaster.
6. Berdoa, dan tunggu agar blog anda kembali mengudara di google search.

Selamat mencoba, dan semoga berhasil. . .

Apakah penyebab (deindex) hilangnya postingan / artikel blog dari pencarian google ? Dan bagaimana cara mencegah dan mengatasi DEINDEX ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment