Monday, November 27, 2017

Cara ampuh menaikkan dan meningkatkan harga BPK/CPC klik google adsense yang kecil (Blog / Youtube)

Di tahun-tahun terakhir ini, seringkali kita menemui pendapatan dari google adsense kian hari makin kecil dan makin anjlok. Hal ini terutama seringkali dirasakan oleh blogger yang memiliki sedikit pengunjung dan juga yang memiliki blog berbahasa indonesia. Begitupula dengan adsense youtube, untuk negara indonesia, nilai kliknya makin lama-makin hancur.

Cara ampuh menaikkan dan meningkatkan harga BPK/CPC klik google adsense yang kecil (Blog / Youtube)

Teman-teman di fb saya, banyak yang mengupload screen shot hasil adsense mereka. Rata-rata tiap klik dari adsense for content (adsense blog), untuk blog yang berbahasa indonesia, memiliki BPK/CPC kisaran 200-500 rupiah. Itupun sering kali naik turun tanpa sebab yang jelas. Begitupula dengan adsense youtube, Biaya per kliknya tambah miris lagi, rata-rata untuk youtuber indonesia mendapatkan BPK/CPC berkisaran antara 40-100 rupiah, bahkan ada juga yang sampai dibawah 20 rupiah, dan 0 rupiah, :’v. Sungguh nilai CPC dan BPK yang amat teramat kecil.

Sebenarnya apakah penyebabnya ?, mengapa harga atau nilai cpc dan bpk google adsense menurun ?. Bagaimana cara menaikkan dan meningkatkan nilai BPK/CPC google adsense ?. langsung saja simak penjelasan nya di bawah ini.

1. Apa itu pengertian dan kepanjangan dari kata BPK dan CPC ?

Sebelum kita bahas mengenai cara menaikkan atau meningkatkan harga per klik iklan adsense. Alangkah baiknya jika kita mengetahui tentang BPK dan CPC terlebih dahulu. BPK merupakan singkatan atau kependekan dari “Biaya Per Klik”, sedangkan CPC merupakan singkatan atau kependekan dari “Cost Per Click”. Keduannya sama saja, hanya menggunakan dua istilah dalam bahasa yang berbeda. Yang satu memakai bahasa indonesia, dan yang satunya lagi memakai bahasa inggris.

BPK atau CPC adalah jumlah nilai atau harga dari setiap klik valid iklan adsense anda. Semakin besar nilai harga BPK atau CPC yang anda miliki, semakin baik pula pendapatan anda. Jika anda memiliki BPK 2000 rupiah, berarti setiap 1x klik pada iklan anda, anda akan memperoleh pendapatan sebesar 2000 rupiah. Tentunya, faktor besar kecilnya harga BPK atau CPC iklan adsense anda bergantung dari berbagai faktor yang ada.

2. Cara untuk menaikkan dan meningkatkan nilai harga BPK/CPC google adsense

Nilai tinggi rendahnya harga BPK/CPC adsense banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor dan juga keberuntungan masing-masing orang. Semuanya ada ilmunya, tidak langsung tiba-tiba BPK menjadi tinggi, namun ada pula yang karena keberuntungan dan rezekinya, tanpa bersusah payah, eh dia selalu mendapatkan nilai BPK/CPC yang tinggi.



Daripada anda makin bingung, berikut beberapa faktor yang mempengaruhi tinggi-rendahnya (mahal-murahnya) harga BPK/CPC adsense.

A. Bahasa yang digunakan dalam suatu situs atau blog

Bahasa yang digunakan di dalam suatu situs, akan sangat mempengaruhi dengan jenis iklan yang akan ditampilkan disitus yang anda kelola. Jika anda membuat blog dengan bahasa inggris, tentunya hal tersebut akan mendatangkan pengunjung dari negara-negara yang pada umumnya menggunakan bahasa inggris dalam keseharian nya. Tentunya, juga kita ketahui, bahwa pengunjung dari negara-negara tier 1, yang menggunakan bahasa inggris akan menghasilkan nilai BPK / CPC yang lebih tinggi. Dibandingkan dengan negara-negara tier 2 / 3 yang tidak menggunakan bahasa inggris, sebut saja seperti indonesia. Tentunya blog berbahasa indonesia akan kalah jauh nilai BPK/CPC nya di bandingkan dengan nilai BPK/CPC blog bule.

B. Niche suatu situs atau blog

Niche blog yang spesifik akan lebih mudah untuk mendapatkan nilai CPC/BPK yang lebih mahal. Di bandingkan dengan blog atau situs gado-gado (blog campur). Karena iklan adsense blog berniche spesifik lebih tertarget dan tepat sasaran daripada blog gado-gado yang membahas banyak hal di dalamnya. Namun, semua tergantung selera masing-masing orang. Semuanya memiliki kelebihan tersendiri, jika blog berniche spesifik mendapatkan pengunjung dari 1 niche yang tertarget saja. Maka blog gado-gado akan mendapatkan pengunjung dari berbagai niche atau artikel yang mereka terbitkan. Sehingga, blog gado-gado kebanyakan memiliki lebih banyak pengunjung daripada Blog berniche spesifik. Dan tentunya blog gado-gado berpeluang besar untuk mendapatkan lebih banyak klik.

C. Asal pengunjung situs atau blog

Blog yang memiliki trafik pengunjung organik akan lebih mudah mendapatkan nilai BPK/CPC yang lebih mahal daripada blog atau situs yang mendapatkan pengunjung dari media sosial atau situs selain search engine lain nya. Di karenakan, pengunjung organik lebih memilih untuk mencari info yang ia inginkan di search engine (ex: google search), sehingga iklan yang ditampilkan lebih tertarget dan pengunjung lebih mudah mengklik iklan sesuai keinginan daripada lewat sosmed atau trafik lain nya yang cenderung mencurigakan.

D. Device atau gadget yang digunakan pengunjung situs atau blog

Nilai klik dari setiap gadget dan device yang dipakai oleh pengunjung / visitor akan sangat mempengaruhi harga klik iklan adsense. Harga klik iklan google adsense akan berbeda dari satu device ke device lain nya. Misalnya, harga klik iklan dari ponsel java akan lebih murah daripada klik yang berasal dari smartphone android atau iphone. Begitupula dengan browser yang mereka kenakan, akan sangat mempengaruhi tinggi-rendahnya harga per klik iklan.

E. Jenis unit iklan adsense

Jenis unit iklan adsense juga memiliki harga yang bervariasi. Iklan adsense berjenis text dan banner yang support atau mendukung tampilan mobile dan dekstop (misal: unit iklan ukuran 300x250) akan lebih mahal daripada jenis iklan adsense link / tautan, dan jenis iklan lain nya. Namun tidak selamanya demikian, karena roda selalu berputar. Jadi harga iklan adsense akan terus berganti, tergantung dari pengiklan yang mematok harga adsensenya.

F. Jumlah unit iklan adsense

Percaya atau tidak. Semakin banyak iklan adsense yang dipasang dalam satu halaman situs atau blog, akan semakin menurunkan harga BPK/CPC iklan adsense anda. Dan semakin sedikit unit iklan yang anda pasang dalam 1 halaman blog, maka akan semakin menaikkan harga BPK/CPC blog anda. Kalau tidak percaya, anda dapat mencobanya. Bandingkan memasang 2-3 unit iklan adsense dengan memasang 5^ unit iklan adsense dalam 1 halaman. Tunggu 1 minggu, dan lihat perbedaan harga CPC/BPK iklan di situs anda.

G. Filtering / penyaringan iklan adsense

Beberapa iklan adsense ada yang memiliki nilai cpc/bpk yang kecil. Untuk menaikkan harga perklik iklan adsense anda. Anda dapat memblok iklan adsense yang anda curigai memiliki harga bpk/cpc yang kecil. Misalnya seperti iklan suami ng**eng.

H. Ad Balance adsense

Fitur ad balance di dashboard adsense dapat membantu menaikkan nilai klik iklan adsense anda. Semakin kecil nilai persentase penayangan iklan yang anda tampilkan di blog atau situs anda, maka akan semakin besar pula nilai BPK/CPC blog iklan adsense anda. Tentunya, jika anda kecilkan persentase penayangan iklan di blog anda, maka akan semakin sedikit pula klik yang anda dapatkan. Namun tentunya iklan yang akan tayang di blog anda adalah iklan yang memiliki nilai atau harga CPC yang mahal.

I. Waktu kunjungan pengunjung / visitor blog

Semakin nyaman dan semakin lama pengunjung atau visitor situs membaca dan menggunakan berbagai fasilitas yang terpasang di situs dan blog anda. maka akan semakin tinggi pula nilai BPK/CPC iklan adsense anda. maka dari itulah, pihak google adsense membuat fitur baru, yakni fitur matched content. Dengan adanya fitur tersebut, maka pengunjung akan mengetahui berbagai konten / artikel menarik yang berhubungan dengan artikel yang sedang ia baca.

## Kesimpulan

Ya begitulah bebarapa faktor yang pada umumnya dapat mempengaruhi harga BPK/CPC iklan adsense anda. Dari berbagai faktor yang tersebut diatas, dapat disimpulkan. Untuk menaikkan dan meningkatkan nilai BPK/CPC iklan google adsense anda. Anda haruslah.

1. Membuat blog / situs berbahasa inggris.
2. Membuat blog / situs dengan niche spesifik (misal: niche kesehatan saja, niche bisnis saja, dll).
3. Pasang unit iklan adsense text+gambar yang responsif.
4. Pasang maksimal 3 unit iklan adsense pada setiap halaman blog/situs.
5. Saring setiap iklan yang akan tampil di situs anda. Blok semua iklan yang dicurigai memiliki nilai BPK/CPC yang rendah.
6. Hidupkan fitur ad balance dengan persentase 70%.
7. Kenyamanan pengunjung no 1. buatlah pengunjung untuk betah dan berlama-lama nangkring disitus atau blog anda.

Ya, kurang lebih hanya begitu saja. Hal tersebut juga berlaku untuk adsense youtube. Cobalah untuk membuat chanel youtube berbahasa inggris, dengan demikian nilai cpc iklan adsense anda akan menjadi semakin membaik. Sekian . . . terima kasih.

Cara ampuh menaikkan dan meningkatkan harga BPK/CPC klik google adsense yang kecil (Blog / Youtube)
4/ 5
Oleh

4 comments

December 20, 2017 at 4:07 AM delete

Mantaps artikelnya...
Lengkap dan bermanfaat...
Tanya, gan...
Cara menentukan jenis iklan yang dicurigai memiliki nilai BPK/CPC yang rendah.

Reply
avatar
December 20, 2017 at 10:23 AM delete

Sebenarnya sih, yang mengetahui harga pasti, harga tinggi rendahnya iklan adsense. hanya dari pihak google, pengiklan dan Tuhan yang tahu. selebihnya, orang-orang hanya menebak melalui berbagai ilmu perkiraan dan analisa yang ada. Biasanya, para publisher mengetahui harga perkiraan cpc/bpk adsense dengan berbagai tool bantuan seperti pakai "Google Publisher Toolbar", dan berbagai situs pembantu pengecekan harga cpc/bpk. misal seperti keywordspy, dll.

Tapi, biasanya sih iklan yang ngak jelas, berbau mesum, dll. Ntu patut dicurigai sebagai iklan yang bernilai cpc/bpk rendah. Ya, ditahun ini seperti iklan suami ngacung :’v.

Reply
avatar
January 12, 2018 at 1:16 PM delete

Cukup membantu terimaksih.
Mudah-mudahan bermanfaat buat semua pembacanya

Reply
avatar
January 17, 2018 at 9:59 AM delete

Masama mbak. moga aja semua BPK publisher indo jadi makin tinggi. tapi kalau di awal tahun kayak gini biasanya bpk jadi anjlok berjamaah deh :v

Reply
avatar

Leave your comment