Monday, November 20, 2017

Gejala, Penyebab, dan Cara memperbaiki kerusakan keyboard laptop dan komputer (mengatasi tombol yang tidak berfungsi)

Keyboard merupakan salah satu perangkat keras / hardware yang sangat penting dan wajib ada di dalam setiap unit komputer dan laptop. Karena, keyboard merupakan perangkat input yang terdiri dari berbagai huruf, angka dan tombol fungsi lain nya, yang digunakan untuk melakukan sejumlah perintah di dalam suatu pemrosesan data di dalam komputer. Tanpa adanya keyboard, rasanya proses instalasi suatu os akan mengalami kesulitan. Karena untuk masuk bios saja harus menggunakan input atau perintah dari berbagai tombol yang ada di papan keyboard. Tanpa keyboard kita akan kesulitan untuk mengetikkan berbagai teks dan perintah yang akan di jalankan dan dituliskan di komputer. Jadi keyboard merupakan salah satu hardware yang sangat wajib ada di setiap unit komputer.

Gejala, Penyebab, dan Cara memperbaiki kerusakan keyboard laptop dan komputer (mengatasi tombol yang tidak berfungsi)

Jika keyboard rusak, pasti bisa ditebak akhirnya. Komputer dan laptop akan serasa mati dan pengguna komputer akan menjadi kesulitan untuk melakukan berbagai perintah, termasuk dalam membuka jendela os (windows), mengetik tulisan, pesan dan lain sebagainya. Memang ada fitur on-screen keyboard pada komputer berbasis windows, namun rasanya tidak enak jika menggunakan nya secara terus-menerus. Nah, biasanya setiap keyboard rusak, baik itu pada keyboard komputer, laptop, netbook, notebook dan lain sebagainya. Pasti memiliki gejala kerusakan yang bervariasi. Berikut beberapa jenis kerusakan yang pada umumnya terjadi pada keyboard.

  • Keyboard sama sekali tidak dapat digunakan, keyboard tidak terdeteksi dan semua tombol tidak berfungsi.
  •  Salah satu atau beberapa tombol pada keyboard tidak dapat berfungsi dengan baik, atau malah tidak berfungsi sama sekali.
  • Keyboard mengetik sendiri, mengetik huruf atau berbagai huruf sendiri (otomatis). Istilah keren nya tombol keyboard dah galir :v.

Nah, dari beberapa contoh kerusakan keyboard diatas dapat disimpulkan beberapa penyebab yang menimbulkan kerusakan pada keyboard komputer dan laptop. Diantara penyebab yang dapat menimbulkan kerusakan pada keyboard laptop dan komputer adalah sebagai berikut.

1. Virus komputer

Beberapa jenis virus komputer ada yang menyerang fungsi keyboard. Virus tersebut biasanya mengacak ketikan keyboard, misal virus tersebut mereplace ketikan a menjadi ketikan b, atau juga menonaktifkan salah satu tombol keyboard dan lain sebagainya. bahkan ada yang mengetik sendiri saat membuka beberapa software ketikan, misalnya seperti notepad, ms office, dan lain sebagainya.

2. Kabel atau socket penghubung laptop dan komputer rusak

Pada keyboard komputer biasanya kerusakan sepele, misalnya pada kabel dan port colokan keyboard. Dapat menyebabkan keyboard mati total, hal tersebut ditandai dengan tidak menyalanya lampu indikator pada keyboard (numlock, scrool lock, capslock). Atau juga tidak terdeteksinya perangkat keyboard.



Pada socket penghubung keyboard laptop juga dapat terjadi adanya kerusakan. Namun hal tersebut sangat jarang terjadi.

3. Pegas pada tombol keyboard komputer dan laptop rusak karena berbagai hal

Mengetik tombol keyboard dengan kasar dan keras dapat merusak fungsi pegas pada keyboard laptop dan komputer. Akhirnya pegas tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik, sehingga tombol keyboard terlihat mengetik sendiri. Misalnya mengetik tombol “a” terus menerus.

Menindih keyboard dengan beban berat juga dapat merusak fungsi pegas pada keyboard, apalagi sampai dipencet dengan sekuat tenaga. Entah itu karena gregetan dan lain sebagainya. Misalnya jika sedang gregetan karena sedang bermain game.

4. Keyboard kotor

Keyboard yang kotor, penuh dengan debu dan noda lain nya. Misalnya terselip makanan, bekas tumpahan air dan lain sebagainya. dapat menyebabkan salah satu atau sebagian tombol keyboard menjadi tidak berfungsi.

5. Serangga

Pada beberapa kasus, serangga seperti semut. Iseng masuk kedalam keyboard, pada umumnya pada keyboard laptop. Semut tersebut karena berbagai hal, membuat sarangnya tepat di bawah tombol-tombol keyboard laptop. Pada akhirnya tombol keyboard menjadi sulit ditekan karena dihalangi oleh serangga dan berbagai hal yang di bawanya ke dalam panel keyboard.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan seperti yang tersebut diatas. Sebaiknya anda mengikuti langkah dibawah ini, untuk mencegah terjadinya kerusakan pada keyboard laptop atau komputer anda.

  • Update terus antivirus komputer anda, jangan biarkan tertinggal. Agar virus dapat diusir dari laptop dan komputer anda. Sehingga malfungsi pada keyboard dapat terhindari.
  • Jangan sering menekan tombol keyboard terlalu keras. Jika anda seorang gamer, dan memainkan game di laptop, notebook, dkk. Alangkah baiknya jika anda membeli keyboard eksternal. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari rusaknya pegas pada keyboard.
  • Jangan terlalu sering melekuk-lekukkan (menggulung) kabel keyboard, agar kabel tidak terputus dan dapat berfungsi dengan baik.
  • Jangan meletakkan makanan atau minuman dekat dengan keyboard. Jika tertumpah, maka bekas makanan atau minuman dapat merusak keyboard. Dan juga hal tersebut tentunya dapat memancing berbagai serangga untuk bersarang di keyboard anda.

Jika keyboard anda sudah terlanjur rusak. Alangkah baiknya jika anda membetulkan keyboard anda ke tukang servis yang terpercaya. Apalagi jika menyangkut keyboard laptop. Jika anda mampu memperbaiki dan mengatasi kerusakan laptop secara mandiri, maka ikuti saja langkah dibawah ini.

1. Scan komputer atau laptop anda

Pastikan komputer atau laptop anda bersih dari virus, scan komputer anda dengan antivirus yang ampuh dan terpercaya. Jika setelah menscan komputer atau laptop, keyboard anda menjadi berfungsi kembali. Berarti memang ada virus yang bersarang di komputer atau laptop anda.

2. Membersihkan keyboard dari debu dan kotoran

Jika anda dapat membongkar dan memasang kembali keyboard pada perangkat anda. Tinggal bongkar saja keyboard pada laptop atau komputer anda, kemudian bersihkan sampai semua debu dan kotoran menghilang. Agar keyboard dapat berfungsi dengan baik. Jika ada serangga, jangan lupa disbersihkan juga. Dan jangan mengulangi kesalahan anda, agar keyboard anda tidak menjadi sarang serangga lagi.

3. Periksa kabel, colokan, port atau socket keyboard anda

Jika keyboard anda tidak dapat terdeteksi oleh komputer. Maka sudah dipastikan ada yang salah dengan kabel, colokan, socket atau port usb pada keyboard anda. Jika salah satu diantaranya rusak, maka keyboard akan mati, dan tidak terdeteksi oleh komputer. Maka keyboard pun tidak dapat digunakan.

4. Lem biru dan Lem kuning

Jika keyboard anda sama sekali tidak berfungsi, walaupun sudah anda otak-atik sendiri. Dan jika di bawa ke tukang service pun, tukang servicenya mengatakan keyboardnya sudah rusak parah dan matot. Anda dapat menggunakan metode lem biru atau juga lem kuning. Lem biru merupakan singkatan dari “Lempar Beli Baru”, dan lem kuning merupakan singkatan dari “Lempar tuku Maning” :v.

Ya, sekian saja dari saya. Begitulah sedikit pembahasan mengenai gejala, penyebab dan cara mengatasi serta memperbaiki keyboard laptop atau komputer secara mandiri maupun ngak mandiri. Semoga bermanfaat.

Gejala, Penyebab, dan Cara memperbaiki kerusakan keyboard laptop dan komputer (mengatasi tombol yang tidak berfungsi)
4/ 5
Oleh

Leave your comment