Thursday, November 30, 2017

Kekurangan dan kelebihan Blog gado-gado & Blog niche, Dan mana yang lebih baik diantara keduanya ?

Mungkin anda pernah melihat suatu blog yang hanya membahas 1 topik atau tema saja di dalam setiap postingan nya. Dan ada juga yang membahas banyak topik dan tema di dalam setiap artikel yang dibuatnya. Ya begitulah sedikit gambaran mengenai blog niche dan blog gado-gado.

Kekurangan dan kelebihan Blog gado-gado & Blog niche, Dan mana yang lebih baik diantara keduanya ?

1. Blog niche dan Blog gado-gado

Untuk membedakan blog berniche dan blog gado-gado sangatlah mudah. Blog yang hanya berfokus pada 1 topik / tema saja, berarti blog tersebut dapat disebut sebagai blog berniche. Misalnya, blog yang membahas dunia seputar game dan turunan nya, berarti blog tersebut dapat disebut sebagai blog berniche game.

Sedangkan blog yang membahas banyak tema dan topik di dalam setiap postingan artikel yang diterbitkan. Blog tersebut terlihat campur aduk, semua tema dan macam jenis tipe postingan ada di dalamnya. Blog tersebutlah yang disebut sebagai blog gado-gado. Contoh blog gado-gado adalah blog ini, blogbiasa.com :v (Baca juga : Apa itu niche, niche blog, niche youtube dan blog gado-gado ?)

2. Kekurangan blog niche dan blog gado-gado

Yak, lebih baik kita membahas kekurangan terlebih dahulu, daripada membahas kelebihan. Karena jika kita tahu tentang kekurangan terlebih dahulu, maka kita akan dapat memilih suatu hal secara bijak dan benar #ngarang indah. Langsung saja daripada anda makin bingung, berikut beberapa kekurangan dari blog niche dan blog gado-gado.

A. Kekurangan blog berniche

- Blog yang memiliki 1 niche, hanya mendapatkan pengunjung dari 1 niche yang dibahasnya. Sehingga, kebanyakan blog niche mendapatkan sedikit pengunjung dibanding blog gado-gado.

- Blogger yang berfokus membuat blog dengan 1 niche, akan kesulitan untuk membuat berbagai artikel terkait yang akan diposting. Karena adanya keterbatasan ilmu yang dimiliki oleh author blog. Beda lagi ceritanya jika si author blog memiliki ilmu mendalam dalam niche blog yang digelutinya. Jadi, buat para newbie, pasti ujung-ujungnya nanti main copas artikel milik orang lain. Ujung-ujungnya dmca mendatangi.

- Blog yang berfokus pada 1 niche, hanya berjalan dengan baik. Apabila dijalankan oleh seorang profesional. Jika masih noob, pasti cepat atau lambat, kemalasan akan datang menghantui.

B. Kekurangan blog gado-gado

- Pengunjung yang datang ke blog gado-gado hanya sekedar ingin mencari informasi saja, setelah dapat, akan segera dilupakan. Karena banyaknya topik yang dibahas, sehingga kesulitan untuk mendapatkan pembaca yang setia.

- Posisi setiap artikel di dalam google serp cenderung akan kalah dengan blog yang berfokus pada 1 niche, beda lagi jika artikel di blog gado-gado lebih berkualitas dari blog berniche. Maka hal ini tidak akan berpengaruh di dalam posisi pencarian di google search.

- Jika dipasangi iklan, akan sulit mendapatkan iklan tertarget yang memiliki bpk/cpc yang tinggi. Sehingga jarang mendapat klik yang menghasilkan earning iklan yang tinggi.

3. Kelebihan blog berniche dan blog gado-gado

Semua hal pasti memiliki kekurangan dan kelebihan didalamnya. Ada baik ada jahat, ada untung ada rugi, ada pria ada wanita, semuanya selalu berpasang-pasangan. Jika anda seorang jomblo, berarti kita sama :’v. Ah sudahlah, berikut beberapa kelebihan dari blog gado-gado dan blog berniche.

A. Keuntungan / kelebihan blog berniche

- Blog terlihat profesional.
- Mudah mendapat pengunjung setia / pelanggan tetap, karena topik yang dibahas selalu dalam 1 tema / niche.
- Google lebih ramah lingkungan terhadap blog yang memiliki 1 niche, karena blog berniche terlihat terfokus dalam 1 topik dan tema postingan.
- Apabila dipasangi iklan, akan Lebih sering mendapat iklan tertarget, dengan nilai CPC/BPK yang lumayan tinggi.

B. Keuntungan / kelebihan blog gado-gado

- Blog akan mendapatkan banyak pengunjung dari segala topik dan tema artikel yang dipostingnya.
- Lebih Mudah dalam memposting artikel, asal ada ide langsung di posting.
- Tidak usah pusing mau memposting artikel, sehingga blogger gado-gado lebih terlihat hepi di bandingkan blogger yang fokus pada 1 niche, karena pusing memikirkan postingan.
- Karena banyaknya pengunjung, jelas volume klik iklan akan lebih banyak dibandingkan blog berniche.
- Terkadang pengunjung lebih betah nongkrong di blog gado-gado karena banyaknya tema unik dan menarik yang di bahasnya.

4. Kesimpulan

Dari berbagai penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa semua tipe blog, baik blog berniche ataupun blog gado-gado memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, semuanya baik. Hanya saja blog gado-gado lebih mudah dikelolah daripada blog berniche, khususnya bagi yang tidak memiliki pengetahuan luas dengan topik yang akan di bahasnya. Sehingga blog gado-gado cocok untuk semua orang dan kalangan, dan blog berniche cocok hanya untuk segelintir orang saja (orang ahli).

Kalau dalam masalah keuangan dan kesuksesan, baik blog gado-gado maupun blog berniche sama-sama berpeluang untuk sukses. Semuanya kembali kepada pada diri masing-masing, apakah ia serius dengan blogging, atau hanya sekedar main-main. Yang terpenting semua rejeki sudah ada yang mengatur, lagipula sukses tidak diukur dengan banyaknya uang atau harta kekayaan. Namun sukses adalah ketika anda merasa bahagia dengan apa yang anda kerjakan, bahagia dengan kehidupan anda, dan anda dikelilingi oleh orang-orang yang menyayangi diri anda. Anda senang, dan orang disekeliling anda pun ikut turut berbahagia akan kehadiran anda. Semoga berhasil . .

Kekurangan dan kelebihan Blog gado-gado & Blog niche, Dan mana yang lebih baik diantara keduanya ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment