Wednesday, November 22, 2017

Penyebab akun google adsense di banned / disabled (Adsense youtube dan content)

Sudah berhari-hari dan berminggu-minggu menunggu kabar dari tim adsense, belum ada kabar juga tentang kejelasan status permohonan anda ?. Anda merasa resah, galau, gunda gulana. Namun, pada akhirnya datang juga email balasan dari google adsense, dan akhirnya akun google adsense anda pun diterima / di approve. Pada saat itulah anda merasa bahagia, bersyukur dan gembira, rasanya semua emosi positif bergejolak dalam jiwa anda.

Penyebab akun google adsense di banned / disabled (Adsense for youtube dan content)

Namun, setelah beberapa hari, minggu dan bulan berlalu. Tiba-tiba anda mendapatkan email bahwa akun anda di disabled atau di banned, padahal pin adsense baru saja tiba dirumah anda. Rasanya anda menjadi sedih, marah, dan bingung. Anda merasa kebingungan, kok bisa dibanned sih ?, salah saya dimana ?, dan lain sebagainya, pertanyaan demi pertanyaan akan muncul di benak anda.

Nah, Mengapa akun google adsense anda bisa di banned ?, tahukah anda penyebabnya ?, atau mungkin anda datang kesini untuk mencoba mempersiapkan diri agar akun adsense anda menjadi langgeng dan aman dari banned.

Tentunya semua jawaban sudah ada di halaman kebijakan penempatan iklan google adsense. Apabila anda melanggarnya, maupun sengaja atau tidak, ya resikonya kena banned. Namun google tak sekejam itu, biasanya masih ada sp1 seperti peringatan yang dikirimkan lewat email, sp2 seperti suspend akun selama 1 bulan, dan yang terakhir banned permanen / disabled akun.



Nah, daripada anda penasaran dengan penyebab di disabled / di banned nya akun google adsense. Lebih baik anda baca penyebabnya di bawah ini.

1. Keaslian konten

Jika konten yang anda terbitkan merupakan konten hasil copas, murni konten hasil kopi paste. Atau juga konten yang mengandung copyright, tanpa seijin dari yang punya konten. Maka kemungkinan besar akun anda akan di banned. Bahkan blog anda pun akan di hapus dari peredaran, terutama jika anda membuat blog di blogger atau blogspot. Hal ini juga berlaku pada akun youtube dan juga google adsense buat youtube. Hal yang tersebut diatas dapat menyebabkan penghapusan chanel youtube yang bersangkutan. Dan juga menyebabkan banned pada akun google adsense.

2. Penempatan iklan

Penempatan iklan adsense haruslah dilakukan dalam letak yang strategis dan aman. Dalam artian, anda tidak diperbolehkan memodif iklan adsense (misalnya di buat iklan popup, iklan berjalan mengikuti scroll mouse / fixed, dll). Menyembunyikan iklan adsense, menambahkan text yang diperuntukan untuk pengunjung agar mengklik iklan dengan sengaja. Anda juga tidak boleh menempatkan iklan adsense pada letak yang beresiko mendapatkan klik dengan tidak sengaja. Seperti diletakkan pada navigasi halaman situs (dropdown menu), di bawah gambar, di dekat link download dan lain sebagainya, tanpa menyertakan jarak yang mencukupi (mepet / gandengan). Sehingga mengaburkan antara konten dan iklan.

Pada intinya anda harus meletakkan iklan adsense pada tempat yang sekiranya. Pengunjung dapat mengklik iklan tersebut, murni dari keinginan pengunjung, dan bukan karena ketidak sengajaan atau karena anda yang menyuruh mengkliknya. Selebihnya dapat anda baca pada link kebijakan penempatan iklan google adsense diatas.

3. Invalid traffic

Invalid traffic yang dimaksud disini adalah terjadinya ketidakwajaran pada traffic situs anda, maupun klik pada iklan adsense anda. Sehingga banyak menimbulkan invalid click dan impresi palsu pada iklan dan laman yang anda terbitkan. Biasanya hal ini terjadi karena situs mendapatkan traffic dari pihak ketiga, dan tidak murni dari search engine atau google search.



Lebih jelasnya, Berikut daftar penyebab terjadinya invalid traffic :

- Penempatan iklan yang menyebabkan ketidak sengajaan klik pada iklan, sehingga menimbulkan banyak invalid click / klik tidak sah pada iklan.

- Klik iklan sendiri berkali-kali

- Bw n klik, blogwalking dan arisan klik iklan.

- Traffic dari sosial media (misal, pengunjung dari fb, twitter, dkk) tanpa adanya traffic dari search engine (trafik organik).

- Traffic dari pihak lain, pihak ketiga. Misalnya seperti traffic exchange, premium traffic, dll, tanpa diimbangi dengan trafik organik dari google search / search engine lain nya.

- Jingling, mengebom trafik pada situs atau blog (pengunjung palsu).

- Bom klik, serangan klik pada iklan adsense.

4. Iklan selain google adsense yang berlebihan

Jika anda memasang iklan popup atau popunder pada blog atau situs yang dipasangi iklan google adsense. Maka, resiko dibannednya akun adsense anda menjadi lebih besar. Karena, kedua jenis iklan tersebut sangat mengganggu kenyaman pengunjung. Dan dapat mengaburkan tampilan antara iklan dan konten. Sehingga menyebabkan banyaknya invalid click pada iklan adsense anda.

Iklan lain selain iklan popup dan popunder, jika dipasang di halaman blog atau situs anda. Jika jumlahnya berlebihan, sehingga mengganggu kenyamanan pengunjung. Dan iklan lebih banyak daripada konten yang disajikan. Hal ini juga dapat membuat akun adsense anda di disabled / di banned. Karena perlu kita ketahui, google sangat mementingkan kualitas konten dan juga kenyamanan visitor atau pengunjung situs.

Namun, menyandingkan iklan google adsense dengan iklan lain nya juga tidak menjadi masalah. Asal masih dalam tahap yang wajar dan tidak melanggar kebijakan google.

###. Kesimpulan

Pada intinya, penyebab di bannednya akun google adsense kurang lebih berfokus pada 6 hal.

A. Keaslian konten
B. Kesalahan penempatan iklan
C. Pemodifan iklan agar mengelabuhi pengunjung
D. Menyuruh pengunjung atau orang untuk mengklik iklan
E. Invalid traffic
F. Iklan yang berlebihan, baik iklan google adsense maupun iklan lain nya

Ya, begitulah inti dari penyebab di banned atau di disabled nya akun google adsense seseorang. Maka dari itu, rawatlah akun adsense anda dengan baik. Jangan buat banyak musuh di dunia maya. Dan fokuslah pada menulis, bukan berfokus pada penghasilan. Jika anda bahagia dengan menulis, maka uang akan mengalir dengan sendirinya. Jika hanya berfokus pada uang saja. Maka kehancuran yang akan menemui anda. Anda akan lebih mudah mengeluh dan berputus asa karenanya. Sekian, terimakasih. .

Penyebab akun google adsense di banned / disabled (Adsense youtube dan content)
4/ 5
Oleh

Leave your comment