Thursday, November 16, 2017

Penyebab & Cara mengatasi dan menghentikan mimpi buruk yang sering terjadi

Banyak orang yang menganggap sebuah mimpi hanya sebatas bunga tidur. Namun, banyak juga orang yang mengganggap mimpi adalah sebuah isyarat yang penuh dengan teka-teki kehidupan yang sulit dimengerti. Dari keingintahuan manusia itulah, maka banyak terlahir para penafsir mimpi. Yang pada akhirnya, semua statemen mereka hanya berdasar pada pendapat dan hayalan mereka sendiri. Sehingga perkataan mereka, sangat wajib untuk tidak dipercayai.

Penyebab & Cara mengatasi dan menghentikan mimpi buruk yang sering terjadi

Sebenarnya, Apa itu mimpi ?. Mimpi adalah sebuah pengalaman bawah sadar yang terjadi pada saat fase REM (Rapid Eye Movement) pada saat manusia sedang tidur. Mimpi dibentuk dalam sebuah hayalan yang di visualisasikan. Sehingga sebuah mimpi tampak seperti nyata, dan dapat mempengaruhi panca indra. Namun, kejadian di alam mimpi sering kali abstrak, dan alur ceritanya meloncat-loncat. Seperti potongan film yang disatukan.

Nah, dari penjelasan diatas, sudah dapat disimpulkan. Bahwa penyebab tema atau cerita mimpi salah satunya adalah berupa imajinasi atau pengalaman yang di dapat seseorang sebelum ia tidur. Termasuk mimpi buruk, atau di luar negri lebih dikenal juga dengan sebutan nightmare. Lebih lengkapnya, berikut penyebab munculnya tema dan cerita di dalam mimpi, termasuk juga dengan penyebab terjadinya mimpi buruk.

1. Pengalaman berkesan yang dialami seseorang sebelum ia tidur

Pengalaman yang dimaksud adalah berupa kejadian dari aktivitas seseorang sebelum ia tertidur. Entah itu bermain dengan teman, menonton film, membaca cerita, mendengarkan suara, mendengar orang berbicara, dan lain sebagainya. Hal terakhir yang berkesan bagi seseorang sebelum ia tidur, itulah yang dapat membuat tema mimpi setiap orang menjadi bervariasi.

Misalnya, sebelum tidur anda menonton film horror. Maka disaat anda sedang tidur, cerita dan tema mimpi anda akan menjadi seram. Hampir mirip dengan film horror yang anda tonton sebelum anda tidur tadi. Begitu juga dengan membaca cerita seram, atau juga saat beraktivitas sebelum tidur anda mendapatkan pengalaman yang buruk. Maka hal tersebut akan di visualisasikan di dalam mimpi anda menjadi mimpi yang buruk.

2. Event atau kejadian yang terjadi saat tidur

Jika orang sedang tidur, apa yang dia tangkap dengan panca indranya, Akan dijadikan bahan tema dan cerita yang ada di dalam mimpinya. Misalkan, saat anda tidur, adik anda sedang memainkan game FPS (tembak-tembakan). Dan suara game tersebut tertangkap oleh indra pendengar anda. Walaupun anda sedang tidur, otak anda akan tetap memproses rangsangan yang diterima oleh panca indra anda. Sehingga di mimpi anda pun akan bercerita tentang tembak-tembakan. Begitupulah, jika saat tidur, anda di sentuh oleh sesuatu. Misalnya di saat tidur, anda tertindih oleh bantal guling. Bisa jadi, di mimpi anda, anda akan mengalami mimpi yang berkaitan dengan tertindih sesuatu. Misalnya seperti tertindih tiang listrik.

Begitu pula saat anda disentuh kecoa. Maka anda dapat mengalami mimpi seperti digerayang hantu, di kerubung serangga, dan lain sebagainya. Atau mungkin disaat anda tidur, ada suara lolongan anjing di daerah sekitar rumah anda. Maka anda pun akan mendapat tema mimpi yang seram, misalnya dikejar-kejar anjing, atau mungkin malah dikejar hantu.

3. Sedang sakit

Biasanya, orang yang sedang sakit akan mengalami mimpi yang buruk. Karena pengalaman yang diterima tubuh saat tidur, berupa rasa sakit, Diwujudkan dalam sebuah cerita mimpi yang seram dan mengerikan. Misalnya saat anda demam, anda lebih sering akan mengalami mimpi bertema buruk daripada disaat anda sedang tidak sakit. Begitu juga dengan sakit mental / psikologis, seperti stres, depresi dan trauma berkepanjangan. Hal tersebut dapat membuat hari-hari anda di penuhi mimpi buruk.

4. Jin

Sebagai umat beragama, kita tidak hanya berpatokan pada sains dan ilmu pengetahuan pasti saja. Namun harus mempercayai adanya yang ghaib juga. Setan dari golongan jin, banyak yang sering mengganggu umat manusia. Terutama saat manusia sedang tidur. Mereka ikut andil dalam membuat berbagai mimpi buruk yang terjadi pada manusia. Entah itu mimpi tentang hantu, diculik alien, dikejar zombie, melihat makhluk aneh yang menyeramkan, dan mimpi yang menakutkan lain nya. Sehingga, dapat membuat orang menjadi jatuh sakit saat mengalami sebuah mimpi yang buruk.

Mungkin disaat anda terbangun dari mimpi buruk, anda berkeringat dingin, kelelahan dan bahkan jatuh sakit. Jika hal tersebut berulang setiap anda tidur. Dan anda tidak mengalami sakit fisik atau sakit psikologis seperti trauma, stres, dan juga depresi di saat sebelum tidur. Dan anda juga tidak membaca, mendengar dan menonton film yang bertema horror atau seram. Maka patut dicurigai, jika anda sedang mendapat gangguan dari jin.

Nah, selain ke 4 penyebab mimpi (buruk) diatas, Dalam agama, mimpi dapat terjadi karena 3 hal, diantaranya yakni.

1. Mimpi baik semuanya datang dari Tuhan.
2. Mimpi buruk semua datangnya dari setan (jin).
3. Mimpi yang terjadi karena imajinasi manusia.

Ya, begitulah sebab-sebab munculnya berbagai tema mimpi. Untuk mengatasi dan menghentikan berbagai mimpi buruk yang terjadi pada anda. Sebaiknya anda melakukan langkah di bawah ini.

1. Jika anda sedang sakit, segera berobat dan sembuhkan penyakit anda. Termasuk penyakit mental seperti stres, trauma dan depresi.
2. Hindari membaca, mendengar atau juga melihat cerita dan film seram atau horror di saat sebelum tidur.
3. Tenangkan diri dan lepaskan semua beban pikiran sebelum anda tidur.
4. Berdoa sebelum tidur.

Ya, cara diatas sangat ampuh untuk menghilangkan berbagi mimpi buruk yang sering anda alami. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Daripada anda setiap hari mendapat mimpi buruk. Sebaiknya anda melakukan ke 4 langkah yang tersebut diatas.

Jika rumah atau kamar anda sangat kotor dan jarang sekali dibersihkan. Cobalah bersihkan rumah atau kamar anda, agar tidak menjadi sarang serangga dan juga sarang jin. Karena jin jahat menyukai tempat-tempat yang kotor. Dan tentunya jangan lupa beribadah, agar jin (setan) tidak mudah mengganggu hidup anda. Terutama mengganggu anda ketika saat anda sedang tidur.

Untuk anak-anak yang sering kali mengalami mimpi buruk. Coba ajari anak anda untuk membaca doa sebelum tidur. Dan jangan biarkan anak anda untuk membaca atau melihat cerita seram sebelum ia tidur.

Dengan demikian, tidur anda dan keluarga akan menjadi lebih nyenyak. Dan terhindar dari semua mimpi buruk dan mimpi seram yang menghantui tidur anda.

Penyebab & Cara mengatasi dan menghentikan mimpi buruk yang sering terjadi
4/ 5
Oleh

Leave your comment