Saturday, November 18, 2017

Resiko, efek buruk, Dampak negatif akibat copas (copy paste) artikel blog milik orang lain

Kopi paste artikel dapat menimbulkan efek negatif, atau dampak buruk bagi situs atau blog milik sendiri dan orang lain. Namun, dampak yang ditimbulkan dari aktivitas copas atau copy paste blog, tidak langsung dirasakan oleh si tukang copas dan si pemilik blog asli. Semuanya memiliki jangka waktu yang sudah ditentukan, ada dampak dalam jangka pendek dan ada juga dampak dalam jangka panjang.

Resiko, efek buruk, Dampak negatif akibat copas (copy paste) artikel blog milik orang lain

Tentunya dampak buruk akan semakin terasa, jika blog copas, mengcopas artikel dan konten secara keseluruhan, tanpa diedit, apalagi tanpa menyertakan sumber.

1. Dampak buruk copas artikel blog dalam jangka pendek

Bagi blog yang dikopas, apabila postingan yang di kopas belum terindeks google, dan si pengcopas lebih dahulu mengindeks artikelnya ke google. Maka situs atau blog si pengkopas akan mendapat peringkat yang lebih tinggi di bandingkan blog yang asli. Postingan nya akan lebih dahulu masuk ke halaman pertama pencarian google. Sedangkan pemilik artikel asli hanya bisa gigit jari. Dan tertinggal peringkatnya, ada di bawah artikel si pengkopas tadi.

Jika pemilik blog yang anda copas melaporkan tindak pengcopasan anda ke pihak DMCA. Dengan disertai bukti-bukti yang sah dan nyata, artikel postingan anda akan langsung hilang dari google serp. Apalagi, jika anda membuat blog di blogger dan juga menyewa di hostingan yang mendukung penuh DMCA. Maka blog anda akan terancam dihapus oleh pihak google dan juga pihak hostingan.




2. Dampak buruk copas artikel blog dalam jangka panjang

Apabila anda mengcopas artikel blog yang sudah terindeks di google. Blog anda akan sulit terindeks di google serp. Apalagi jika anda mengkopas penuh artikel blog. Lama kelamaan postingan blog anda akan menghilang dari hasil pencarian google. Peringkat blog anda akan menurun, dan terus jatuh kebawah, kehalaman terakhir google serp. Setelah beberapa waktu, artikel copasan anda akan menghilang dari peredaran google.

3. Resiko atau akibat dari sembarangan mengcopas artikel atau konten blog (gambar, video, dll)

Mengcopas artikel sama saja dengan mencuri hasil karya orang lain, sama saja mencuri hasil jerih payah orang lain. Anda dapat dipidanakan dengan tuduhan plagiarism, plagiat dan pencurian konten. Dengan demikian, anda dapat terjerat hukum. Anda bisa saja dipenjara dan membayar sejumlah denda. Apabila pemilik blog yang anda copas melaporkan anda ke pihak kepolisian, maka anda dapat segera diciduk, dan mendekam di jeruji besi. Apalagi jika blog atau artikel milik orang barat, mungkin anda dapat diciduk Interpol. :v

Tapi diatas hanya skenario buruknya saja. Skenario ringan nya, blog anda akan di banned dan hilang dari google SERP. Dan tentunya sewaktu-waktu blog anda dapat dihapus pihak hostingan, apalagi jika anda membuat blog di blogger / blogspot.

4. Kesimpulan

Mengcopy paste artikel atau konten postingan milik orang lain, baik itu dari blog, situs atau website apapun juga. Dapat berdampak buruk bagi diri anda sendiri dan tentunya bagi blog dan situs yang anda buat. Kerugian yang anda dapat dari mengkopas postingan orang lain adalah sebagai berikut.

- Blog atau situs anda sulit terindeks google
- Posisi atau peringkat blog anda menurun di pencarian google / google serp (sandbox)
- Postingan blog akan hilang dari google (deindex)
- Blog atau situs anda akan dihapus pihak hosting
- Anda dapat dipidanakan, dapat didenda dan juga dipenjara

Saran saya, buatlah artikel yang unik dan original. Jika anda tidak mampu, cukup rewrite artikel milik orang lain saja. Namun jangan lupa sertakan sumber, dengan demikian, anda turut menghargai hasil karya orang lain. Cukup sekian saja, dan terimakasih.

Resiko, efek buruk, Dampak negatif akibat copas (copy paste) artikel blog milik orang lain
4/ 5
Oleh

Leave your comment