Wednesday, December 27, 2017

30 Dampak positif dan negatif internet bagi anak-anak, remaja, pelajar sekolah, pendidikan, masyarakat secara umum, dll

Di dekade ini, Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangatlah cepat. Dahulu, internet hanya bisa dinikmati oleh sebagian kalangan saja, yakni dinikmati oleh kalangan orang-orang kaya dan orang-orang yang berpendidikan tinggi. Namun, sekarang, hanya dengan memegang handphone dan smartphone saja. Semua orang sudah dapat tersambung dan terkoneksi ke internet. Tidak peduli itu anak-anak, remaja, pemuda-pemudi, pria-wanita, orang dewasa, orang tua dan lanjut usia. Semua kalangan masyarakat pada zaman ini dapat mengakses internet dengan sangat mudahnya.

Dampak positif dan negatif penggunaan internet bagi anak-anak, remaja, pelajar sekolah, pendidikan, masyarakat secara umum, dll

Nah, dengan adanya internet. Berbagai informasi dapat didapatkan dengan mudah, baik itu berupa informasi yang baik, maupun informasi yang berunsur negatif sekalipun. Semuanya dapat ditemui di internet.

Internet bagaikan pedang bermata dua, tergantung dari siapa yang menggunakan nya. Mau digunakan untuk mendapatkan hal yang positif atau negatif, untuk kebaikan atau kejahatan. Semua kembali kepada individu masing-masing manusia.

Selain informasi yang mudah didapatkan di internet. Dengan adanya teknologi internet ini, Komunikasi juga menjadi lebih mudah dan cepat. Dahulu, untuk mengirim pesan saja harus melalui jasa pos dan burung merpati. Namun kini hanya mengetik 1 kalimat saja, pesan langsung dapat terkirim ke seluruh penjuru dunia.

Dengan adanya internet, banyak jejaring sosial yang satu-persatu mulai bermunculan. Sehingga memudahkan orang-orang dari seluruh indonesia, bahkan dari seluruh dunia. Untuk berkomunikasi, bercengkrama dan berteman dengan mudahnya. Walaupun sebenarnya mereka tidak pernah bertatap muka sekalipun (bertemu secara langsung). Hal tersebut tentunya dapat diwujudkan dengan bantuan dari teknologi internet. (Baca juga: Dampak positif dan negatif media sosial bagi anak-anak, remaja, pelajar dan masyarakat umum)

Nah, dari berbagai deskripsi diatas. Dapat disimpulkan, dampak dari penggunaan internet tergantung dari siapa saja yang menggunakan nya. Internet memiliki banyak manfaat positif dan juga banyak memiliki dampak negatifnya (dampak buruk). Semua hal memiliki resiko, memiliki akibat dan efek dari penggunaan dan penyalagunaan. Di dalam kasus ini adalah dampak dari adanya dan dari penggunaan teknologi INTERNET.



1. Dampak positif dari adanya internet / manfaat internet

Internet memiliki banyak manfaat atau dampak positif dari penggunaan nya. Semua manfaat menyebar dalam semua aspek. Termasuk dalam hal pendidikan, ekonomi, komunikasi, sosial, budaya, dan lain sebagainya. Nah, berikut beberapa manfaat atau keuntungan dari adanya internet.

- Dampak positif internet bagi anak-anak, remaja, pelajar usia sekolah

A. Memudahkan mencari ilmu baru, jawaban dari pelajaran di sekolah yang tidak ada dibuku pelajaran / LKS.
B. Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.
C. Tanya jawab di berbagai forum pendidikan membantu perkembangan pendidikan para pelajar sekolah / siswa.
D. Memudahkan komunikasi sesama teman kelas, teman sekolah, antar sekolah, maupun antara guru dengan murid.
E. Mengirim pesan, dan data yang menyangkut pelajaran lebih cepat dan mudah (misal: email).
F. Sebagai Sarana hiburan.
G. Sarana informasi dan komunikasi yang murah.
H. Dan lain sebagainya. Lagipula dijaman ini, rasanya pendidikan tidak dapat dipisahkan dari yang namanya internet. Mulai dari membuat tugas, pendaftaran sekolah, ujian, melihat nilai, pendataan , dan lain nya. Semuanya sudah memakai teknologi terkini, teknologi komputer dan internet.

- Dampak positif internet bagi masyarakat umum

A. Memudahkan komunikasi (silaturahmi menjadi lebih mudah).
B. Memudahkan mencari informasi (ilmu pengetahuan, berita terbaru, lowongan kerja, dll).
C. Membuka tali pertemanan dan persaudaraan (forum, komunitas, medsos, dll).
D. Menghemat waktu dan biaya untuk komunikasi dan mencari informasi.
E. Sarana penyaluran aspirasi masyarakat (kritik di sosial media, layanan pengaduan online, dll).
F. Membuka lapangan kerja baru (blogger, youtuber, periklanan, programmer, dll).
G. Memudahkan penjualan dan bisnis (online shop, ibangking, dll).
H. Sarana hiburan (game online, meme, cerita lucu, video lucu, dan berbagai konten hiburan lain nya).
I. Dan lain sebagainya.

2. Dampak negatif dari adanya internet / penggunaan internet

Selain manfaat dari adanya internet. Tentunya internet juga memiliki berbagai dampak buruk, sisi gelap yang dapat menyebabkan kerugian dan masalah di dunia nyata. Pada umumnya dampak negatif pada internet terletak pada keamanan data, masalah sosial, dan juga penyalahgunaan informasi. Selengkapnya, berikut dampak negatif dari adanya internet dan dari penyalahgunaan internet.

A. Scamming atau penipuan.
B. Pencurian dan penyalahgunaan data (Tidak aman nya privasi seseorang (nama, alamat, bioadata seseorang)).
C. Banyaknya berita yang kurang akurat, hoax / palsu yang dapat memecah belah masyarakat.
D. Banyak materi dewasa (ikeh-ikeh / ena-ena / pornografi) yang dapat merusak moral dan mental seseorang. Terutama pada anak-anak dan remaja.
E. Banyak materi yang tidak pantas, seperti yang menyangkut SARA, kekejaman, dll.
F. Kesia-siaan / membuang-buang waktu (keterusan main game online, ngewibu, ngidol, dll).
G. Timbulnya penyakit mental dan sosial (phobia sosial, dll {mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat}).
H. Munculnya berbagai Tindak kejahatan / kriminal baik offline maupun online (pencurian data, penculikan, pembobolan, dll).
I. Banyaknya barang dan jasa ilegal yang membahayakan di internet.
J. Menganggu kesehatan, baik fisik (misal, mata minus, bungkuk, dll) dan mental (phobia, ansos, hiki, stres, depresi dll).
K. Menurunkan prestasi belajar siswa (misal karena keasyikan main game online sehingga menjadi malas belajar).
L. Menurunkan kualitas hidup (misal dibully di sosmed, ketergantungan atau kecanduan media sosial dan game, sering begadang, dll).
M. Banyaknya kegiatan Adu domba, memecah belah masyarakat. Memecah kesatuan dan persatuan.
N. Maraknya Black campaign. Memfitnah, memojokkan, dan menjatuhkan nama baik individu maupun kelompok.
O. Cyberwar / perang di dunia maya. Yang menyebabkan banyak kerusakan data.
P. Dan lain sebagainya.

3. Kesimpulan

Seperti yang sudah tersebut diatas. Internet bagaikan pedang bermata dua. Semua tergantung dari penggunanya. Mau digunakan untuk kebaikan atau untuk kejahatan. Semua kembali kepada individu masing-masing manusia.

Jika anda memiliki seorang anak, khususnya anak remaja usia sekolah. Sebaiknya awasi penggunaan internet anak anda. Karena internet dapat mempengaruhi tingkah laku (akhlak) dan moral seseorang. Karena apa yang dilihat, didengar dan dibaca seseorang. Dapat mempengaruhi pola pikir dan tindak tanduknya.

Ya, cukup sekian saja. Begitulah kiranya sedikit banyak dampak positif dan negatif dari adanya penggunaan internet, bagi anak-anak, remaja, dunia pendidikan dan masyarakat umum. Semoga bermanfaat . .

30 Dampak positif dan negatif internet bagi anak-anak, remaja, pelajar sekolah, pendidikan, masyarakat secara umum, dll
4/ 5
Oleh

Leave your comment