Friday, December 8, 2017

8 Cara ampuh menghemat kuota internet, agar paket data tidak cepat habis (iphone, android, komputer, tri, telkomsel, indosat, xl, axis, dll)

Kuota internet atau paketan internet tentunya dapat didapat dengan cara mengorbankan sedikit uang (pulsa) kita. Namun karena harganya yang kian hari tambah mahal, apalagi juga dibagi-bagi jenis kuotanya. Misalnya dibagi dengan jenis kuota hokviu, kuota lokal, kuota midnight, dan lain sebagainya, sehingga membuat kita sering sekali merasa sangat jengkel karenanya.

8 Cara ampuh menghemat kuota internet, agar paket data tidak cepat habis (iphone, android, komputer, tri, telkomsel, indosat, xl, axis, dll)

Apalagi jika anda sedang bokek, dan memiliki sedikit uang, pasti tambah bingung mau konek internet kemana. Anda ingin sekali berinternetan, entah itu hanya sekedar browsing, mainan sosmed, streaming youtube, download film dan lain sebagainya. Hal tersebut tentunya membutuhkan banyak kuota. Sehingga kuota yang baru anda saja beli dapat langsung habis seketika. Rasanya memang sakit, tapi tak berdarah.

Kuota internet atau paket data dari berbagai jenis operator. Baik itu dari simcard keluaran telkomsel, xl, axis, indosat (im3), tri, dan lain sebagainya. Pasti memiliki harga dan volume kuota yang berbeda-beda. Namun, pengeluaran kuotanya tetap saja sama, jika anda menggunakan nya tanpa trik atau cara yang ampuh untuk menekan dan menghemat kuota anda. Pasti nantinya beberapa hari langsung habis tak bersisa. Sudah harganya mahal, hanya dapat 1-2 gb pula :’v. Daripada anda makin resah, langsung saja, berikut cara menghemat kuota internet di semua device, gadget dan juga di berbagai operator seluler yang ada.

1. Matikan aplikasi / software yang mewajibkan koneksi ke internet secara berkala / terus-menerus

Mungkin anda pernah mengalami kehabisan kuota internet tanpa hal yang tak terduga. Apalagi jika sampai pulsa anda ikut habis tak jelas jalan ceritanya. Hal tersebut biasanya dikarenakan adanya suatu program atau aplikasi yang setiap saat membutuhkan koneksi internet secara berkala / terus-menerus. Misalnya saja di hp android ada berbagai aplikasi yang selalu saja mengharuskan untuk konek ke internet jika anda ingin menggunakan nya. Sebut saja seperti berbagai app chat, seperti facebook, twitter, instagram, whatsapp, line, skype, dan lain sebagainya.



App tersebut selalu saja konek ke internet untuk mendapatkan pemberitahuan notifikasi status, sinkronisasi atau berita terupdate yang ada di app tersebut. Atau juga berbagai aplikasi Gps, google playstore, google maps, gmail, layanan email lain, dan lain sebagainya. Matikan lah fitur update atau jadikan berbagai app tersebut dalam mode offline. Blok agar berbagai app tersebut tidak otomatis terkonek ke internet. Hal ini berlaku juga untuk app di iphone, komputer, laptop dan lain sebagainya.

2. Hidupkan mode pesawat setiap saat anda tidak berinternetan

Untuk mencegah beberapa app atau software yang mengkonekkan dirinya ke internet secara otomatis. Disaat anda tidak sedang berinternetan, selalu hidupkan mode pesawat pada gadget atau hp anda. Agar kuota internet anda menjadi hemat dan tidak tersedot oleh berbagai aktivitas sinkronisasi, dan lain sebagainya.

3. Pinjam kartu simcard atau hp teman

Untuk menghemat pengeluaran kuota internet. Tidak ada salahnya jika anda meminjam hp atau kartu teman anda untuk sekedar browsing dan mengecek info terbaru di dunia maya. Namun jangan sampai keseringan, kalau tidak, teman anda lama-lama bisa jengkel terhadap anda :v .

4. Cari wifi gratisan

Nah, cara ini terbilang cukup ampuh untuk menekan pengeluaran kuota internet anda. Carilah tempat yang menyediakan hotspot / fitur wifi secara gratis. Sehingga anda dapat menghemat pengeluaran kuoata data atau kuota internet anda. Dengan demikian, anda dapat bebas berseluncur di dunia maya, bebas streaming dan mendownload sepuasnya, tanpa harus takut akan kehabisan kuota internet dan juga kehabisan pulsa.

5. Gunakan browser lite

Untuk menghemat pengeluaran paketan data anda. Selalu gunakan browser lite, agar data yang terdownload ke dalam browser anda menjadi hemat. Karena data di dalam browser lite, sudah dikompres sedemikian rupa, sehingga pengeluaran kuota internet andapun menjadi lebih hemat.

6. Matikan mode advance atau juga gambar dan javascript pada browser

Untuk menghemat pengeluaran kuota internet anda. Anda juga dapat mematikan gambar, dan juga fitur javascript di browser anda. Sehingga, data yang diload menjadi ringan dan pengeluaranpun menjadi hemat.

7. Gunakan vpn untuk mengakses internet secara gratis

Ada banyak sekali jasa layanan yang menyediakan vpn untuk berinternetan gratis di dunia maya. Tentunya, kuota internetan juga dibatasi penggunaan nya. Ada vpn yang gratis, dan tentunya ada juga vpn yang berbayar. Namun, menggunakan vpn cukup beresiko, karena keamanan data anda menjadi taruhan nya.

8. Cari kesibukan di dunia nyata

Carilah kesibukan di dunia nyata. Sehingga anda terbebas dari berbagai aktivitas di dunia maya. Sehingga andapun tentunya dapat menekan pengeluaran kuota internet anda. Dengan demikian, kuota internet anda menjadi lebih hemat dan terjangkau. Karena memang anda sama sekali tidak berinternetan :v.

Ya, begitulah sedikit cara untuk menghemat pengeluaran paketan internet / paket kuota data anda. Untuk itu, gunakanlah kuota internet anda secara bijak, dan manfaatkan semua peluang yang ada. Agar anda dapat berinternetan dengan lancar, tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya dan tenaga.

8 Cara ampuh menghemat kuota internet, agar paket data tidak cepat habis (iphone, android, komputer, tri, telkomsel, indosat, xl, axis, dll)
4/ 5
Oleh

Leave your comment