Sunday, December 3, 2017

Apa itu Arti anak sok kekinian, elitis, edgy dalam dunia permemean / bahasa gaul

Mungkin anda pernah mendengar atau melihat salah satu status teman anda di sosial media, khususnya seperti di facebook, twitter, dan lain nya. Teman anda pernah membuat status atau pernyataan yang mengatakan, bahwa ada seseorang yang sok edgy, sok kekinian, anak elitis, dan lain sebagainya. Khususnya dalam dunia meme atau permemean, tentunya banyak sekali istilah anak sok edgy, sok kekinian atau pun anak sok elitis yang dituliskan. Apalagi jika menyangkut komentar di salah satu status anak adm, dan sebagainya.

Apa itu Arti anak sok kekinian, elitis, edgy dalam dunia permemean / bahasa gaul

Jadi apakah sebenarnya pengertian dari kekinian, edgy dan juga elitis ?. Langsung saja, berikut penjelasan nya.

1. Apa itu arti kekinian, anak kekinian, dan sok kekinian ?

Kata kekinian memiliki kata dasar “KINI”. Sedangkan di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kata kini memiliki makna “pada waktu ini / sekarang ini”. sedangkan kata “KEKINIAN” sendiri di dalam KBBI, memiliki makna “Keadaan ini atau sekarang”.

Dari pengertian yang tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa, anak kekinian dalam dunia permemean adalah anak yang mengikuti tren atau gaya yang sedang populer dan tenar di waktu ini.

Sedangkan anak sok kekinian adalah seseorang yang berupaya untuk mengikuti tren yang sedang populer di saat ini, namun dengan jalan memaksakan diri / kehendak. Padahal sebenarnya ia tidak mampu, tidak pantas. Sampai-sampai mereka ngutang hanya untuk mewujudkan atau melakukan tren yang sedang populer atau tenar di masa sekarang.



2. Apa itu arti edgy, anak edgy, dan sok edgy ?

Tidak usah repot mencari-cari kata edgy di KBBI. Karena kata edgy sendiri berasal dari kata di dalam bahasa inggris. Kata edgy sendiri jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia (melalui google translate) memiliki arti “tegang atau lekas mengganggu”.

Sedangkan kata edgy di dalam kamus bahasa inggris memiliki arti “tense, nervous, or irritable” dan juga “at the forefront of a trend; experimental or avant-garde”. Jika diterjemahkan memiliki makna “tegang, gugup, atau mudah tersinggung”, dan “selalu terdepan dalam tren, percobaan atau ide yang unik / absurd / alay”.

Dari berbagi pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa anak edgy di dalam dunia permemean memiliki makna, “anak atau seseorang yang melakukan hal yang keren, atau tren. Namun terlihat memaksa atau dipaksakan, walaupun mengorbankan harga diri dan rasa malu”. Dari pengertian ini, maka anak edgy sama artinya dengan anak yang sok kekinian.

Jadi anak yang sok edgy, memiliki arti “seseorang yang memaksakan diri untuk mengikuti tren atau sesuatu yang dikata keren oleh sebagian orang”.

3. Apa itu arti elitis, anak elitis, dan anak sok elitis ?

Di KBBI, elitis memiliki makna “kelompok masyarakat terpilih / terpandang, dan kelompok elit masyarakat”.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan, anak elitis memiliki arti “Anak atau seseorang yang berasal dari kalangan masyarakat atau kelompok terpandang (kaya, tenar, dll)”.

Dan anak sok elitis memiliki arti “Seseorang yang berlagak atau bergaya seperti orang terpandang, orang yang kaya atau orang yang populer. Namun sebenarnya ia bukanlah orang terpandang, orang kaya atau orang yang populer. Sehingga terlihat memaksa, walaupun harus ngutang di sana-sini (misal untuk beli iphone dan gadget terbaru, dll).”

## Penutup

Ya begitulah sedikit banyak mengenai pengertian dari anak yang sok edgy, kekinian dan elitis di dalam dunia meme / bahasa slang dan gaul. Pada intinya hal tersebut biasanya di miliki oleh para anak alay dan juga anak adm. Semoga saja anda tidak termasuk kedalam golongan tersebut. Sekian, terima kasih . .

Apa itu Arti anak sok kekinian, elitis, edgy dalam dunia permemean / bahasa gaul
4/ 5
Oleh

5 comments

February 17, 2018 at 9:19 AM delete

A : Dih, remaja kok edgy.

B : Emang situ bisa buat edgy ?

Reply
avatar
May 26, 2018 at 10:40 PM delete

Immortal kok slayer emang situ bisa immortal ?

Reply
avatar
June 25, 2018 at 11:01 AM delete

Ngakakk gw...kalo mrk lg ngobrol d medsos lucu2,,,lucu.kreatif & imajiner...

Reply
avatar
June 26, 2018 at 7:13 AM delete

Ya gan. Tapi kadang, bukan kadang lagi sih. Emang mereka ngeselin n lucu kalau dah ngerumpi di sosmed. Mereka sering adu bacotan yang unfaedah 🤣.

Reply
avatar

Leave your comment