Thursday, December 7, 2017

Apakah ikan juga butuh tidur ? bagaimana cara ikan tidur ? dan berapa lama ikan tidur dalam sehari ?

Apakah ikan juga butuh tidur ? bagaimana cara ikan tidur ? dan berapa lama ikan tidur dalam sehari ?. Tentunya, berbagai pertanyaan yang tersebut diatas pernah menjadi sebuah misteri yang menarik perhatian anda. Mungkin anda bingung dan karena rasa ingin tahu anda, sehingga anda pun iseng untuk mencari tahu tentang cara tidur ikan di air. Nah, bagaimana cara ikan tidur ? langsung saja simak penjelasan nya di bawah ini.

Apakah ikan juga butuh tidur ? bagaimana cara ikan tidur ? dan berapa lama ikan tidur dalam sehari ?

1. Ikan juga butuh tidur

Seperti makhluk hidup lain nya. Ikan juga butuh mengistirahatkan kinerja otak dan otot yang ada di dalam tubuhnya. Hanya saja cara tidurnya berbeda dengan makhluk yang tumbuh dan berkembang di darat. Sebut saja seperti mamalia, hewan mamalia tidur dengan memejamkan matanya, kemudian berdiam sampai beberapa waktu yang ditentukan. Lebih mudanya, Tentunya anda tahu sendirilah, bagaimana cara anda kalau sedang tidur.

2. Cara tidur ikan

Karena kebanyakan ikan tidak memiliki selaput mata seperti halnya mamalia dan makhluk darat lain nya. Maka ikan tidak akan memejamkan matanya disaat mereka sedang tidur. Hanya saja, para ikan melambatkan kinerja tubuhnya, sehingga dapat mengurangi beban kerja otot dan otak yang ada di tubuhnya. Metabolisme tubuh mereka akan melambat, dan energi pun dapat dihemat.

Beberapa jenis ikan akan mencari tempat berlindung disaat mereka ingin tidur, misalnya berada di bawah pasir, di sela-sela batuan karang, rumput laut, di lubang bebatuan dan lain sebagainya. intinya mereka mencoba menjauh dari tempat yang dapat mengancam nyawanya. Misalnya menjauh dari predator pemangsa. Sehingga di saat tertidur, mereka dapat menjaga hidupnya.

Kondisi ikan di saat tidur, mirip dengan kondisi orang dalam kondisi setengah sadar. Dalam artian ikan masih sedikit menyadari sedikit banyak kondisi lingkungan di sekitarnya. Sehingga, jika ada pemangsa yang datang. Ikan akan langsung dapat bangun, kabur dan menyelamatkan dirinya.

Beberapa jenis ikan yang memiliki selaput mata, sebut saja seperti ikan hiu. Tentunya, disaat tidur, mereka akan memejamkan selaput matanya. Hanya saja, ikan hiu harus terus bergerak, untuk memperoleh oksigen dari dalam air. Sedikit saja terdiam, maka ikan hiu akan mati ditempat, karena kehabisan oksigen.

3. Berapa lama waktu ikan tidur dalam sehari ?

Tentunya waktu ikan untuk tidur semuanya sangatlah bervariasi. Tergantung jenis spesies dan kondisi dan situasi yang memadai. Ikan dapat tidur disemua kondisi, baik siang maupun malam. Namun beberapa jenis ikan ada yang aktif di waktu malam (nocturnal) dan juga aktif di waktu siang, pada intinya semuanya tergantung pada kebutuhan ikan masing-masing.

## Penutup

Begitulah sedikit penjelasan mengenai cara tidurnya ikan-ikan di air. Baik ikan air tawar, maupun air laut. Selama ia masih ikan, maka ia masih tetap membutuhkan tidur. Sama halnya dengan makhluk hidup pada umumnya. Semuanya membutuhkan istirahat / tidur.

Apakah ikan juga butuh tidur ? bagaimana cara ikan tidur ? dan berapa lama ikan tidur dalam sehari ?
4/ 5
Oleh

Leave your comment