Thursday, December 14, 2017

Cara gampang bikin vlog / buat vlog di hp android, iphone, youtube dkk

Mungkin anda yang datang untuk membaca postingan ini sedang kebingungan untuk membuat sebuah video vlog. Atau mungkin juga anda ingin mengasah keterampilan anda untuk ngevlog ?. Ya, sebenarnya sih mudah banget jika ente pada niat untuk belajar membuat vlog. Caranya sangat mudah, gampang, its easy. Tinggal modal kamera yang mumpuni plus naskah bacotan yang dahsyat, dijamin vlog anda akan menjadi ramai dan terkenal di dunia maya, khususnya terkenal di youtube. Jika sudah demikian, bukankah anda auto menjadi youtuber dan anak ADM ?, sungguh pengalaman yang HQQ.

Cara gampang bikin vlog / buat vlog di hp android, iphone, dkk

Yak, sudah cukup sekian saja bacotan saya, langsung saja berikut tahapan-tahapan untuk membuat video vlog yang berkualitas dengan modal yang ngepas.

1. Persiapan

Sebelum membuat sebuah video vlog, anda diharuskan terlebih dahulu untuk menyiapkan mahar :v, menyiapkan bahan-bahan yang digunakan untuk kepentingan ngevlog / vlogging. Sebut saja seperti.

A. Hp / handphone / smartphone yang berkualitas

Hp yang baik dan berkualitas tinggi, tentunya memiliki segudang fitur yang mumpuni. Tentunya harganya juga dapat membuat kantong anda menjadi kurus kering, kerempeng seperti anda sendiri. Untuk itu, pilihlah hp yang berkualitas, apapun jenis os nya, entah itu android, iphone, java, syimbian, bb, dan lain sebagainya. Asalkan ada kamera yang beresolusi tinggi, maka sedikit banyak video bacotan yang anda rekam nanti akan berkualitas baik. Dan muka anda pun akan nampak jelas, cerah, terang, dan yang terpenting nampak tampan dan pemberani. Berbeda jika menggunakan kamera vga, pasti muka anda akan nampak seperti pemain film ah sudahlah.

B. Siapkan tempat yang layak

Siapkan tempat shooting yang layak huni. Cari tampat yang baik, bersih, dengan pencahayaan yang baik, dan juga kalau bisa ruangan yang kedap suara. Sehingga, nantinya wajah anda akan terlihat tampan atau cantik maksimal, dengan suara yang jelas, nyaring dan merdu. Sehingga nantinya wajah anda Tidak nampak blur dan suara anda pun tidak terdengar seperti kaset rusak.

C. Berpenampilan yang pantas

Sebelum pengambilan video, sesuaikan dulu penampilan anda. Jika video bacotan anda bertema petualangan, ya buat diri anda berpenampilan seperti anak bolang. Jika bacotan video anda bertema travel, ya buat diri anda tampil layaknya traveller profesional. Jika bacotan video vlog anda bertema tentang game, ya buat penampilan anda seperti seorang gamer profesional. Dan lain sebagainya.

D. Menyiapkan software atau aplikasi editing video

Apapun hpnya, asal canggih, pasti ada saja software atau app pendukung yang dapat memudahkan anda untuk mengedit video vlog hasil rekaman kamera hp anda. Seperti di android, di playstore banyak terdapat software editing video, baik yang freeware maupun berbayar. Misalnya seperti viva video free editor, filmorago dan lain sebagainya, tentunya anda dapat memilih dan mencobanya satu persatu.

E. Naskah / skenario vlog

Siapkan naskah atau skenario video vlog dengan baik dan benar. Siapkan naskah dan skenario vlog secara matang, sesuai tema yang akan anda performkan atau tampilkan. Ya, pada intinya buat naskah atau skenario video vlog menjadi 3 bagian, yakni pembuka, isi, dan penutup. Sisanya bisa di improvisasi, misalnya menambahkan joke atau candaan, klimaks dan antiklimaks, atau juga plot twist dan lain sebagainya. Agar video vlog anda tampak lebih menarik, dan tidak hanya nampak seperti sekedar bacotan biasa saja.

2. Pengambilan gambar video / shooting video / merekam video

Tampil yang rapi, baju, rambut dan muka ditata sesuai tema vlog yang akan anda buat. Duduk, berbaring, berdiri atau sambil koprol juga boleh. Asal video vlog menarik, semua dibolehkan, tentunya konten yang ada di dalam video masih sesuai dengan batasan agama, norma dan hukum yang berlaku di indonesia. Agar anda tidak dicap sebagai vlogger atau youtuber sampah, sehingga mengundang banyak cacian dan haters yang rajin mendislike video vlog anda.

Nah, berikutnya Mulai perekaman video, siapkan gaya dan bacotan ala anda sendiri, jangan meniru gaya orang lain. Agar video anda menjadi unik dan menarik dimata pengunjung / viewer. Usahakan jangan berkata kotor, apalagi sambil mengumbar isi kebun binatang dan teman-teman nya. Jadilah vlogger yang soleh dan soleha, jangan menjadi vlogger yang diperbudak nafsu dunia.

3. Editing video

Setelah selesai merekam video, edit video anda dengan baik. Tambahkan efek, misal seperti menambah pacman emotikon :v, suara, musik, teks, kontras, pencahayaan dan lain sebagainya. Agar video vlog anda nampak lebih baik dan menjadi tampan maksimal.

4. Unggah atau upload video ke youtube

Pasti anda sudah memiliki akun gmail kan ?. Jika belum, anda harus membuat akun gmail terlebih dahulu. Jika sudah memiliki email gamil, selanjutnya anda langsung saja membuka situs youtube, langsung buat chanel dan upload video vlog anda. Share di sosmed agar video vlog anda menjadi laris dan banyak viewernya.

5. Penutup

Yosh, begitulah sedikit banyak cara dan tips trik untuk membuat video blog atau vlog di hp anda sendiri. Entah hp android, iphone, symbian, java dan lain sebagainya, asal anda smart, pasti pembuatan video vlog menjadi lancar. Jika anda tidak smart, percuma anda memiliki smartphone, lebih baik sedekahkan saja kepada saya, terima kasih . .

Cara gampang bikin vlog / buat vlog di hp android, iphone, youtube dkk
4/ 5
Oleh

Leave your comment