Tuesday, December 19, 2017

Gejala, ciri, penyebab, dampak, akibat, dan cara mengatasi kecanduan bermain game online / offline (pc, mobile, android, konsol, ps, etc)

Semua orang tentunya memiliki minat atau ketertarikan terhadap sesuatu hal. Semua orang memiliki hobi yang setiap waktu dapat dikerjakan dan mereka sukai. Termasuk salah satunya yakni hobi bermain game. Namun, adakalanya, hobi bermain game seiring dengan berjalan nya waktu. Malah berubah menjadi candu, orang-orang malah asik bermain game, tanpa lagi mengenal yang namanya waktu. Banyak orang yang kecanduan bermain game. Entah itu game online, maupun game offline sekalipun. Baik game mobile (android), konsol (ps/playstation, xbox, nintendo) maupun pc dekstop. Dan tentunya kecanduan bermain game tersebut dapat mengganggu kehidupan seseorang.

Gejala, ciri, penyebab, dampak, akibat, dan cara mengatasi kecanduan bermain game online / offline (pc, mobile, android, konsol, ps, etc)

1. Ciri dan gejala jika seseorang kecanduan bermain game

Jika hanya sebatas hobi saja. Maka bermain game rasanya sah-sah saja. Tetapi, jika sampai menjadi kecanduan dan malah mengganggu kehidupan seorang gamer. Maka hal tersebut bukan nya menjadi suatu hiburan, malah menjadi sebuah boomerang yang membahayakan setiap orang. Jika anda memiliki gejala atau ciri di bawah ini, berarti anda positif sudah kecanduan bermain game.

- Sering bermain game
- Setiap hari bermain game
- Lama-lama banyak waktu yang terbuang untuk bermain game
- Tanpa game hidup menjadi hampa, hambar dan merasa ada yang kurang
- Merasa cemas, gelisah atau jengkel jika sehari atau beberapa waktu yang lama, tidak bermain game
- Marah-marah tidak jelas jika disuruh berhenti bermain game
- Game menjadi no 1, yang lain dikerjakan belakangan
- No game no life, no game = death

2. Dampak negatif atau dampak buruk dari kecanduan bermain game

Seperti kata orang bijak. Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan pastilah tidak baik. Begitupula dengan bermain game. Jika anda keterusan dan kecanduan bermain game, maka akan ada banyak dampak negatif yang ditimbulkan akibat terlalu sering bermain game. Sehingga, video game yang tadinya merupakan sarana hiburan, malah berubah menjadi petaka dan menjadi sesuatu yang membahayakan. Nah, mungkin berikut beberapa dampak buruk yang sering terjadi atau dialami oleh para gamer yang sudah kecanduan dengan ngegame.

- Kesehatan terganggu (karena telat makan dan minum, sering begadang, masuk angin, jarang olahraga, dll)
- Sakit-sakitan
- Mata menjadi minus
- Emosi menjadi labil (sering marah-marah tidak jelas, sering menyalahkan sesuatu karena kekalahan, dll)
- Banyak waktu yang terbuang sia-sia
- Banyak melewatkan kesempatan emas di kehidupan
- Nilai-nilai pelajaran menjadi anjlok, buruk dan hancur
- Jatuh miskin (keseringan ngegame di warnet :v)
- Membuat orang lain menjadi terganggu (misal di cariin emak)
- Merasa cemas, gelisah, dan kurang fokus
- Telmi
- Suka menghayal
- Menjadi pemalas sehingga menjadi penggangguran
- Dll

3. Penyebab yang menjadikan seseorang menjadi kecanduan bermain game

Setiap orang pasti memiliki alasan dari setiap apa-apa yang dikerjakan. Termasuk di dalamnya alasan mengenai kecanduan bermain game. Tidak ada kan orang yang tiba-tiba kecanduan begitu saja. Pasti ada saja alasan dan penyebabnya. Namun biasanya penyebab utama dari kecanduan bermain game adalah karena rasa suka dan penasaran.



Dari rasa penasaran, timbul keinginan untuk mencoba. Dari mencoba, timbul lah benih dan rasa suka. Setelah suka, maka seseorang akan terus melakukan hal yang disukainya. Setelah hilangnya kontrol tentang waktu, dan terus melakukan apa yang ia suka. Jadilah yang namanya kecanduan, dan akhirnya seseorang akan sulit terlepas dari belenggu yang dinamakan candu.

Nah, biasanya faktor penyebab kecanduan bermain game, selain ke 3 hal ini.

- Rasa penasaran
- Rasa suka
- Dan Hilangnya kontrol

Adalah, hal yang tersebut di bawah ini.

- Stres
- Depresi
- Banyak waktu luang / mengganggur / tidak ada kerjaan
- Jones
- Ajakan teman
- Meniru orang lain / tren / teman
- Ingin tenar, populer / viral (misal : dandan cantik, main game, cekrek, upload ke sosmed, auto jadi adm)
- Dan lain sebagainya

4. Cara mengatasi / menghentikan kecanduan bermain game

Untuk menghentikan atau mengatasi kecanduan bermain game. Banyak sekali cara-cara yang dipakai oleh orang-orang di dunia ini. Cara yang paling ekstrim tentu adalah menjual / membuang semua perangkat yang berhubungan dengan game :v. Nah, selain cara gila yang tersebut diatas. Tentunya, masih ada banyak lagi cara yang lain. Misalnya seperti . .

- Menyibukkan diri dengan urusan dunia nyata / mencari kerjaan, kesibukan atau pekerjaan (mengabaikan)
- Menghindari hal-hal yang berhubungan dengan game (mencegah pemicu)
- Melihat nasib, melihat kebawah, melihat kondisi orang tua, melihat betapa mengerikan nya jika menjadi pengangguran, gelandangan dan kelaparan (memotivasi diri)
- Secara bertahap membuat jadwal bermain game, dan mengurangi jam terbang bermain game, sampai hilang rasa kecanduan nya (membatasi diri)
- Dan lain sebagainya, misal terapi, dll

Nah, terlepas dari hal yang tersebut seperti diatas. Tentunya anda dapat menghentikan aktivitas ngegame, berhenti bermain game, dengan hanya niat dan tekad yang kuat saja. Karena memang, jika sudah berniat, apasih yang tidak bisa dilakukan. Jika niat dan tekad sudah bulat, mendaki gunung melewati lembah, mengarungi samudra, pasti akan terasa ringan untuk dikerjakan.

Ya, cukup begitu saja pembahasan mengenai Gejala, ciri, penyebab, dampak, akibat, dan cara mengatasi kecanduan bermain game online / offline. Kelihatan nya simpel untuk dikerjakan, tapi kenyataan nya tidak semudah seperti apa yang dibayangkan. Jika saudara anda, adik, kakak, teman, sahabat, suami, istri, pacar anda sudah kecanduan bermain game. Segera saja nasehati dengan baik, dan bimbing agar dia tidak lagi kecanduan bermain game. Ingat, anda Jangan asal melarang, soalnya nanti bukan malah hilang kecanduan nya. Malah nantinya, anda kena marah :v.

Sebelum anda kecanduan bermain game, ada baiknya anda dapat mengontrol emosi, waktu dan stres anda. agar anda tidak terjebak dalam asiknya bermain video game. kata orang sih, lebih baik mencegah daripada mengobati. jadi sediakan payung saja, sebelum hujan menghampiri. Sekian dan semoga bermanfaat . .

Gejala, ciri, penyebab, dampak, akibat, dan cara mengatasi kecanduan bermain game online / offline (pc, mobile, android, konsol, ps, etc)
4/ 5
Oleh

2 comments

February 28, 2018 at 4:09 PM delete

Asem.. Jones salah satu penyebabnya

Reply
avatar
February 28, 2018 at 5:56 PM delete

Awokowkwowkkkk :v ketahuan atas ane jones

Reply
avatar

Leave your comment