Sunday, December 10, 2017

Pengertian, faktor penyebab, ciri umum, kelebihan dan kekurangan orang yang memiliki tipe kepribadian introvert

Kali ini saya akan membahas sedikit banyak mengenai jenis kepribadian introvert. Tentang seluk beluk orang yang memiliki tipe kepribadian introvert. Mulai dari pengertian, penyebab, ciri, kelebihan, dan kekurangan yang biasanya dimiliki oleh orang introvert. Jika anda seorang yang memiliki tipe kepribadian introvert, mungkin anda dapat mempelajari diri anda lebih dalam, dengan hanya membaca sepenggal teks seperti yang ada di bawah ini.

Pengertian, faktor penyebab, ciri umum, kelebihan dan kekurangan orang yang memiliki tipe kepribadian introvert

A. Apa itu pengertian introvert ?

Apa itu introvert ?, Apa itu maksud dan pengertian introvert?. Mungkin begitulah pertanyaan yang terbesit di dalam pikiran anda ketika anda baru pertama kali mengenal istilah ini. Teori tentang introversion dan ekstraversion pertama kali dikemukakan oleh seorang ahli psikologi yang bernama “Carl Jung”. Dari teori yang beliau kemukakan, lahirlah apa itu yang namanya tipe kepribadian introvert, ekstrovert dan juga ambivert.

Tipe kepribadian introvert adalah jenis kepribadian yang dimiliki oleh orang-orang yang cenderung berfokus pada apa yang ada di dalam dirinya sendiri. Baik itu dalam pikiran, hati atau juga perasaan yang dia miliki. Berbeda dengan orang ekstrovert yang cenderung berfokus pada apa yang ada di luar dirinya sendiri (aktif bersosialisasi). Orang introvert lebih memilih untuk berkutat dengan apa yang ada di dalam pikiran dan juga apa yang ada di dalam isi hati. Dalam artian orang introvert menyukai berpikir dan kebanyakan bertindak sesuai isi hati (sesuai ketertarikan). Maka dari itulah, orang introvert kebanyakan menyukai ketenangan, sering berdiam diri dan juga memiliki ide dan imajinasi yang luas. Lebih luas daripada orang yang memiliki kepribadian ekstrovert.

Jika orang ekstrovert lebih menyukai bersosialisasi atau aktif dalam pergaulan. Namun orang introvert lebih sering untuk menghabiskan diri untuk melakukan apa yang ia senangi secara sendirian. Istilahnya adalah “me time”, waktu yang digunakan untuk memanjakan diri sendiri dengan berbagai hobi yang ia senangi. Entah itu hobi dalam memikirkan sesuatu atau apapun itu yang jelas berfokus pada ketertarikan yang ada di hati dan juga yang banyak membutuhkan aktivitas berfikir dan berimajinasi (kreativitas).

Selain beraktivitas sendirian, orang introvert juga lebih merasa nyaman bergaul dalam kelompok kecil. Kelompok yang berisi orang-orang atau teman yang sudah ia kenal dan sudah akrab atau nyaman dengan nya . Daripada bergaul dengan orang banyak, atau orang baru yang ia jumpai.

Intinya seorang bisa dikatakan introvert apabila ia menyukai aktivitas dalam berfikir, berimajinasi, dan lebih nyaman ketika ia dalam ketenangan atau sendirian. Daripada banyak bergaul dengan orang banyak, orang yang sudah atau baru ia kenali. Namun bukan berarti seorang introvert adalah orang yang anti sosial. Mereka masih mau bergaul dan tidak ada masalah dalam bergaul, namun mereka merasa lelah jika terlalu banyak beraktivitas dikeramaian atau bersosialisasi dengan orang banyak. Jadi mereka harus memiliki alasan yang khusus untuk dapat bersosialisasi dengan orang banyak setiap hari. Misalnya karena ingin berbelanja, main ke warnet, bersekolah, bekerja, dan lain sebagainya.

B. Faktor penyebab munculnya sifat, sikap dan tipe kepribadian introvert

Ya, seperti kita ketahui, tipe kepribadian dan karakter seseorang pasti berbeda-beda antara individu satu dengan individu yang lain nya. Sebut saja seperti tipe kepribadian introvert dan ekstrovert, kedua kelompok tipe kepribadian ini, memiliki dua sifat yang saling berlawanan. Layaknya yin dan yang, saling berlawanan, namun saling melengkapi satu sama lain nya. Ada juga penengah dari ke dua tipe kepribadian ini, yakni tipe kepribadian ambivert. Orang yang memiliki tipe kepribadian ambivert, memiliki keseimbangan dalam kepribadian nya. Suatu waktu ia bisa menjadi introvert, dan suatu waktu dapat menjadi ekstrovert. Tergantung situasi dan kondisinya.

Nah, pertanyaan nya. Mengapa hal tersebut dapat terjadi ?. Apakah faktor yang menyebabkan munculnya berbagai tipe kepribadian (introvert dan ekstrovert) dan karakter di dalam diri tiap manusia ?. Jawaban nya ada di bawah ini.

1. Faktor keturunan

Sifat dan Kepribadian seseorang, dapat diwariskan dari data genetik dari kedua orang tua. Jika salah satu orang tua anda adalah orang yang introvert. Maka anda berpeluang untuk menjadi seorang yang memiliki tipe kepribadian introvert juga. Jika kakek dan nenek anda orang yang introvert, mungkin juga anda berpeluang untuk menjadi orang yang berkepribadian introvert juga. Begitupula dengan tipe kepribadian ekstrovert. Semuanya dapat diturunkan dari generasi ke generasi.

Bayi yang memiliki kepribadian introvert cenderung pasif, pendiam dan lebih suka mengamati keadaan sekitarnya, sedangkan bayi yang berkepribadian ekstrovert sering kali aktif dalam bicara (bersuara) dan juga banyak bergerak.

Anak introvert cenderung aktif dalam berkreasi dan berimajinasi. Jika anak ekstrovert sedang asik bermain dengan teman nya, mungkin si anak introvert sibuk menggambar, mengamati sesuatu, atau mungkin bermain-main dengan hewan peliharaan nya.

2. Faktor lingkungan

Polah asuh dan juga tempat tumbuh kembang anak dapat juga mempengaruhi karakter kepribadian si anak. Jika kepribadian introvert dan ekstrovert sudah menjadi bawaan sejak lahir. Maka berbagai sifat dan karakter seseorang, terbentuk dari hasil didikan dan juga tempat tinggal anak tersebut tumbuh dan berkembang. Karena memang, anak itu di ibaratkan seperti kertas kosong, kertas yang sudah memiliki background (warna), namun masih belum memiliki tulisan di dalamnya. Anda mau menjadikan si anak menjadi anak yang baik, atau malah menjadikan anak yang bandel dan durhaka. Semuanya tergantung cara didik dan pengawasan anda.

C. Ciri-ciri orang berkepribadian introvert

Mungkin anda sudah mengetahui sebagian ciri dari orang introvert. Atau mungkin anda memiliki teman yang memiliki kepribadian introvert ?. Atau anda sendiri memiliki kepribadian introvert ?. Yang jelas, biasanya orang introvert memiliki 3 sifat utama yang ada di dalam diri mereka sendiri. Yakni,

1. Pendiam

Orang introvert berdiam diri, bukan berarti mereka berlagak sok cool. Tidak tahu apa-apa, lemot, telmi dan lain sebagainya. Dalam diamnya orang introvert tersimpan berbagai arti di dalamnya. Mungkin orang introvert tersebut sedang memikirkan sesuatu, atau mungkin mereka sedang menyusun sebuah rencana. Atau mungkin mereka sedang berimajnasi. Ya, jika anda sendiri adalah seorang introvert, pasti anda tahu sendiri jawaban nya. Jika tidak, coba tanyakan pada teman anda yang introvert, “ kenapa sih kok kamu sering diem “. Pasti banyak dari mereka yang menjawab, “Ngak apa-apa kok”, atau mungkin “malas bicara”, atau mungkin “Dah bawaan dari lahir”, atau juga “sama seperti kamu yang suka sekali dengan berngoceh ria” :v. dan lain sebagainya.

2. Ketenangan

Orang yang berkepribadian introvert sangat menyukai ketenangan. Ketenangan disini bukan berarti suasana hening tanpa suara sedikit pun. Namun ketenangan disini merupakan suatu kondisi disaat mereka, para orang introvert menikmati waktu sendiri mereka (me time). Menikmati waktu untuk memanjakan diri mereka dengan berbagai hobi yang mereka suka. Tentunya hobi yang menyita banyak waktu mereka untuk berfikir dan berkreasi. Karena memang orang introvert suka sekali berpikir atau pun berimajinasi. Sebaliknya, mereka sangat tidak suka kalau terlalu banyak bersosialisasi dan hang out dengan orang baru. Atau berkumpul di kerumunan dan keramaian. Karena hal tersebut sangat melelahkan bagi mereka. Sama seperti halnya orang ekstrovert yang disuruh diam dirumah tanpa hang out atau bermain dengan teman. Pasti mereka akan merasa resah, suntuk, bosan, lelah, dan lain sebagainya.

3. Pemikir

Orang introvert pasti adalah orang yang suka sekali berfikir. Baik itu berpikir tentang sesuatu yang serius, ataupun hanya berimajinasi untuk menyenangkan batin nya sendiri. Mereka orang introvert memiliki daya pikir yang luas, dan juga daya imajinasi yang tinggi. Sehingga kebanyakan dari mereka, banyak yang cerdas dan juga kreatif. Namun tidak sedikit juga yang menjadi pemalas, karena keasikan dalam berfikir atau berimajinasi.



Begitulah ke 3 sifat utama yang pastinya dimiliki oleh orang introvert. Selebihnya merupakan sifat dan karakter yang terbentuk dari ke 3 sifat utama yang tersebut diatas. Jika anda memiliki ke 3 ciri atau sifat yang tersebut diatas, berarti anda dapat dikatakan memiliki tipe kepribadian introvert. Nah, ciri lain dari orang yang berkepribadian introvert adalah sebagai berikut.

1. Pemalu

Sifat pemalu terbentuk karena seseorang takut dengan pandangan sesuatu. Baik itu pandangan orang lain terhadap dirinya, maupun pandangan Tuhan terhadap dirinya. Karena sifat pemikir orang introvert lah, yang membentuk sifat pemalu pada orang introvert. Tentunya kadar malu setiap orang introvert berbeda-beda. Tidak semua orang introvert pemalu, namun tidak dipungkiri bahwa banyak anak introvert yang pemalu. Bahkan banyak juga yang minder karena mereka takut dengan pandangan umum atau orang lain terhadap dirinya.

2. Pendengar yang baik (pengamat)

Orang introvert lebih banyak mengamati sesuatu daripada mengomentari sesuatu. Mereka suka mengamati detail suatu hal. Dan juga suka mendengarkan berbagai cerita. Mereka haus dengan ilmu pengetahuan, dan mudah penasaran dengan sesuatu. Mereka akan lebih memilih untuk mengamati rerumputan yang bergoyang daripada ikut bercengkrama dan bergosip ria dengan sesama teman nya. Karena itulah, orang introvert sangat pandai dalam menyimpulkan, menilai sesuatu dan juga menebak karakter dan sifat seseorang. Jika anda mencoba berbohong kepada orang introvert, jangan heran, jika mereka akan cepat menyadari kebohongan anda.

3. Berpikir sebelum bertindak

Karena kebiasaan berpikir mereka. Orang introvert selalu merencanakan sesuatu yang akan mereka kerjakan. Mereka merancanakan semua hal yang akan mereka lakukan. Mereka sangat disiplin dan terjadwal. Segala sesuatu yang akan mereka capai dan usahakan, akan terlebih dahulu dipikirkan dengan matang. Termasuk dalam bicara dan mengambil tindakan. Namun banyak juga yang malas, dan malah lebih memilih nyantai dulu sebelum melakukan sesuatu. Ya, semua tergantung kadar ke 3 sifat utama yang tersebut diatas.

4. Selektif

Orang introvert bergerak sesuai dengan ketertarikan nya terhadap sesuatu. mereka bergerak sesuai isi hati dan pertimbangan pikiran. Jika hatinya mengatakan tidak baik, buruk dan tidak ia sukai, maka ia akan dengan tegas atau dengan halus akan menolaknya. Jika pikiran nya memikirkan kemungkinan terburuk, ia akan segera bersiap dan bahkan langsung menolaknya. Namun, jika ia sudah tertarik dengan suatu hal. Hal apapun itu, baik berupa hobi, pekerjaan atau pasangan. Maka ia akan sangat setia. Namun, tidak jarang juga banyak orang introvert yang cepat merasa bosan. Dan lebih memilih hal yang baru dan menantang.

5. Bicara dengan diri sendiri

Karena daya pikir dan daya imajinasi orang introvert yang kuat. Mereka seringkali berdebat dan berdiskusi dengan pikiran nya sendiri. Seakan mereka memiliki lebih dari 1 jiwa di dalam tubuhnya. Mereka sangat sering membahas suatu hal dengan dirinya sendiri, dengan pikiran nya sendiri. Namun, bukan berarti mereka gila atau memiliki dua kepribadian yang berbeda. Tetapi, karena mereka adalah orang yang cerdas dan imajinatif.

6. Hanya menyukai bergaul dalam kelompok kecil

Orang introvert hanya akan nyaman berteman dengan orang yang sudah lama ia kenal. Mereka akan sangat enggan untuk berkenalan dengan orang baru, mereka akan sedikit akward jika berkenalan atau berbicara dengan orang baru. Karena inilah, mereka nampak terlihat canggung dalam hal bersosialisasi. Mereka lebih cenderung menyukai bergaul dan bermain dalam kelompok kecil. dengan Teman kecil, teman akrab yang mereka sudah kenal sejak lama. Di saat itulah, mereka akan bebas lepas, mengekspresikan dirinya dan aktif dalam berbicara, bercanda tawa dan melakukan berbagai hal diluar dugaan lain nya.

Begitulah kiranya, sedikit banyak sifat, ciri dan karakter yang umumnya dimiliki oleh orang yang berkepribadian introvert. Jika anda memiliki banyak sifat yang tersebut diatas, tidak peduli jika anda seorang laki-laki atau perempuan, khususnya pada 3 sifat utama. Maka anda sudah pasti masuk kedalam golongan orang yang memiliki tipe kepribadian introvert. Namun jika anda tidak menyukai kesendirian, anda ingin bergaul tapi takut. Anda bukanlah orang introvert, melainkan orang yang terkena anxiety, terkena gangguan kecemasan sosial, atau juga phobia sosial, padahal sebenarnya anda orang yang berkepribadian ekstrovert.

D. Kelebihan dan kekuatan tersembunyi di balik tipe kepribadian introvert

Berbeda dengan orang ekstrovert yang pandai dalam bersosialisasi dan juga bermasyarakat. Orang introvert memiliki keunikan dan kelebihan nya tersendiri. Ya, pada dasarnya setiap tipe kepribadian, dan tiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan nya sendiri-sendiri. Termasuk karakter kepribadian introvert ini. Langsung saja, berikut beberapa kelebihan orang introvert yang jarang ditemui pada tipe kepribadian ekstrovert.

1. Orang introvert pada umumnya adalah orang yang Cerdas dan pandai

Jangan remehkan orang introvert. Pada umumnya, mereka merupakan orang yang memiliki IQ diatas rata-rata. Karena mereka lebih banyak berpikir daripada berbicara. Jadi mereka memiliki daya ingat, daya pikir, dan juga imajinasi yang luar biasa luas. Jangan heran, banyak diantara orang introvert yang menjadi juara kelas. Jikalau ada teman anda yang pendiam, di kelas suka tidur, tapi eh kok setiap ulangan selalu dapat nilai yang bagus. Berarti dia adalah orang introvert, namun tipe pemalas :v.

2. Orang introvert adalah seorang yang ahli dalam strategi (perencana ulung)

Setiap tindakan yang akan dilakukan oleh orang introvert, selalu dipikir dengan hati-hati dan matang terlebih dahulu. Jadi mereka merancanakan semua hal yang akan mereka lakukan. Setiap pekerjaan dan tindakan yang mereka buat, dilakukan dengan penuh kehati-hatian dan ketelitian. Bahkan ada juga yang merencanakan plan A-Z, untuk melancarkan segala aksi yang akan dia lakukan. Mereka sangat mawas diri, dan juga jarang sekali melakukan suatu kecerobohan dan kesalahan di setiap tindakan nya.

3. Orang introvert sangat kreatif dan imajinatif

Orang introvert memiliki daya kreativitas yang sangat tinggi, daya pikir dan daya Imajinasi mereka sangat luas. Mereka dapat membayangkan sesuatu hal secara mendetail. Tak khayal banyak seniman dan penulis yang memiliki kepribadian introvert. Karena memang, tingkat imajinasi dan kreativitas mereka sangatlah tinggi. Kemampuan dalam mengolah kata dan gambar orang introvert memang diatas rata-rata orang pada umumnya. Ide-ide unik yang terlintas di benak mereka serasa terus mengalir tiada habisnya.

4. Orang introvert memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi

Dalam diamnya orang introvert. Sebenarnya ia sedang mendengarkan dan mengamati suatu hal secara mendetail. Atau mungkin ia sedang memikirkan sesuatu yang kompleks. Orang introvert memiliki tingkat konsetrasi yang baik. Sehingga mereka cepat tanggap dalam segala hal. Sehingga banyak dari mereka yang memiliki tingkat kecerdasan diatas rata-rata orang pada umumnya.

5. Orang introvert sedikit bicara banyak bekerja

Orang introvert sangat tidak menyukai pembicaraan yang panjang. Misalnya basa-basi, ngegosip, dan lain sebagainya. Mereka lebih menyukai mengerjakan sesuatu dengan cepat dan tuntas. Tanpa perlu banyak basa-basi yang tidak jelas, intinya to the point lah. Langsung ke intinya saja, tidak perlu basa-basi, langsung bicara dan kerjakan. Agar mereka dapat menikmati waktu me time yang sangat mereka sukai dan dambakan.

6. Orang introvert memiliki ciri khas tersendiri (tidak peduli dengan tren masa kini / sederhana dan antimainstream)

Banyak diantara orang introvert yang tidak peduli dengan tren fashion dan juga gadget yang lagi ngetren dimasa kini. Mereka sering tampil unik dan apa adanya. Asal nyaman, ya sudah. Tidak perlu banyak gaya dan juga tetek bengek lain nya. Mereka kadang terlihat menggunakan pakaian yang sederhana, warna pakaian yang hampir sama tiap harinya. Terkadang malah memakai baju yang berwarna polosan, dan juga memakai gadget yang antimainstream.

7. Orang introvert tidak suka mencari perhatian (caper) dan low profile

Banyak dari orang introvert yang tidak peduli dengan pandangan orang terhadapnya. Ia selalu, memakai pakaian yang dirasa nyaman baginya (nyaman dan pas di hati). Banyak dari mereka yang tampil sederhana, walaupun mereka sebenarnya mampu membeli barang yang mahal. Namun mereka lebih suka memakai barang yang nyaman bagi dirinya. Mereka tidak suka mencari perhatian publik, hanya memfokuskan diri pada apa yang di sukainya, masalah penampilan nomer ke sekian. Terkadang banyak orang introvert yang lebih nyaman naik vespa butut, daripada naik ninja dan bergaya yang wah. Mereka tampil apa adanya, sesuai dengan kondisi dan situasi yang dibutuhkan saja. Tanpa berlebihan dan tanpa menarik perhatian banyak orang.

8. Orang introvert adalah pendengar yang baik (cocok dijadikan teman curhat)

Orang introvert lebih suka mendengar dan mengamati daripada banyak berbicara. Mereka suka mendengarkan cerita dan juga mengamati suatu hal yang spesifik. Tapi bukan berarti mereka penguntit dan penguping, mereka hanya lebih suka mengamati dan mendengar. Misalnya seperti pemandangan alam, suara burung yang terbang, dan lain sebagainya. Jadi mereka cocok lah dijadikan teman curhat, karena mereka ngak banyak bicara dan juga mereka pandai menjaga rahasia.




9. Orang introvert pandai memecahkan masalah

Banyak dari orang introvert yang sangat menyukai memecahkan masalah. Mereka dapat dengan mudah memecahkan berbagai teka-teki dan permasalahan. Karena daya pikir dan wawasan mereka yang luas. Sehingga banyak masalah yang dapat mereka pecahkan dan selesaikan. Bahkan tak jarang banyak orang introvert yang serba bisa / multi talenta.

10. Orang introvert pandai menjaga rahasia

Tidak seperti orang ekstrovert yang suka bicara secara blak-blakan. Terkadang mereka malah bergosip ria. Orang introvert lebih sering berfokus kepada tujuan dan apa yang akan dilakukan dan di capainya. Mereka tidak peduli dengan aib orang lain, dan sibuk mengurus masalah yang ia hadapi dan akan diselesaikan. Karena mereka adalah pemikir dan pendiam. Banyak mereka yang pandai menjaga rahasia, dan tak kan mudah menyebarkan nya ke orang lain.

11. Orang introvert sangat menghargai pertemanan

Kebanyakan orang introvert memiliki sedikit teman akrab. Mereka akan sangat menjaga pertemanan nya tersebut. Mereka setia kawan, dan juga sangat menjaga kelanggengan pertemanan nya. Daripada memiliki teman baru, mereka lebih suka bermain dengan teman lama yang akrab dengan dirinya. Cocok lah jika disebut sebagai sahabat dan teman sejati.

12. Orang introvert adalah orang yang setia

Banyak dari orang introvert yang setia pada pertemanan dan juga pasangan nya. Jangan heran jika mereka di putus (pacar / pasangan), maka luka hati yang mereka peroleh sangatlah dalam. Mereka akan mengingat kejadian tersebut seumur hidupnya.

13. Orang introvert adalah orang yang humoris

Banyak dari orang introvert yang memiliki selera humor yang tinggi. Tak jarang malah mengarah ke sarkasme :’v. Mereka sangat suka bercanda, apalagi kepada teman akrab yang sudah lama dikenalnya. Namun jangan harap kalau ke orang baru atau yang asing dengan nya. Mungkin dia akan lebih pendiam dan merasa canggung.

14. Orang introvert memiliki hati yang lembut dan rapuh

Banyak diantara orang introvert yang memiliki hati yang lembut. Mereka mungkin tampak garang diluar, mungkin karena ekspresi serius dan tingkah lakunya yang pendiam. Namun jangan salah, kebanyakan dari mereka memiliki hati yang lembut dan mudah terluka. Banyak dari mereka yang menyayangi binatang dan lingkungan.

15. Orang introvert adalah sosok pemimpin yang terpendam

Orang introvert memang tidak suka berkutat dengan keramaian dan kegaduhan. Namun kemampuan berpikir dan perencanaan mereka sangatlah hebat. Mereka bekerja dibalik layar. Dan merupakan sosok pemimpin yang diidam-idamkan. Mereka sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan dan bertindak. Mereka juga pandai mengamati keadaan. Mereka pandai menjaga rahasia dan perasaan. Mereka orang yang tenang, dan mahir dalam menguasai keadaan.

16. Orang introvert menyukai kemandirian

Orang introvert tak jarang banyak melakukan suatu hal sendirian. Mereka ingin melakukan segala sesuatu dengan mandiri. Mereka ingin berdiri dengan kakinya sendiri, tanpa perlu mendapat banyak bantuan dari orang lain. Mereka sering banyak belajar secara otodidak. Dan banyak dari mereka yang memilih membuat usaha sendiri dibandingkan menjadi seorang pekerja.

Ya begitulah sedikit banyak kelebihan dan sisi positif dari seseorang yang memiliki kepribadian introvert. Setiap orang dan tipe karakter memang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Termasuk tipe kepribadian introvert ini. Semua yang disebut diatas, adalah kelebihan umum yang dimiliki oleh orang introvert. Namun ada juga yang tidak seperti yang tersebut diatas.

E. Kekurangan dan kelemahan tipe kepribadian introvert

Setiap tipe kepribadian pasti memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masing. Termasuk introvert, setelah beberapa waktu yang lalu saya selesai membahas sedikit tentang kelebihan yang dimiliki oleh orang introvert. Kali ini saya akan sedikit membahas mengenai kekurangan (sisi negatif) dalam tipe kepribadian introvert ini. Langsung saja . .

1. Orang introvert sering kali terlalu banyak berpikir (overthinking) dan sedikit bertindak

Tidak seperti orang ekstrovert yang spontan dalam melakukan suatu hal. Orang introvert selalu memikirkan setiap langkah dan apa saja yang akan ia lakukan. Terkadang, hal tersebut malah membuatnya menjadi overthingking. Sehingga ia hanya banyak berpikir saja, tanpa melakukan hal yang nyata. Akibatnya, semua rencana dan angan-angan yang ingin dia wujudkan hanya sebatas imajinasi saja. Dan tidak ada tindakan yang nyata, karena takut dengan berbagai dampak yang sudah mereka bayangkan. Adakalanya malah mereka menjadi overthinking dan mengecek segala sesuatu yang mereka perbuat berkali-kali.

2. Orang introvert sering kali dicap sebagai orang yang sombong dan berbahaya

Jika dilingkungan tempat tinggal anda ada orang yang pendiam dan jarang bersosialisasi. Baik itu teman atau tetangga anda. Pasti sebagian orang akan mencurigainya, ada yang mengecap dia psikopat lah, ada yang mencap tero**s lah, dan lain sebagainya. Terkadang, karena saking pendiam dan seriusnya mereka, malah mereka sering kali dicap sebagai orang yang sombong dan sok cool. Padahal sebenarnya tidak demikian.

3. Orang introvert sering kali terjebak di zona nyaman (pemalas)

Jika sudah terjebak di dalam zona nyaman nya. Kebanyakan Orang introvert akan malas untuk melakukan segala hal. Mereka terlalu asyik dalam mengerjakan sesuatu / hobi yang mereka suka. Sehingga pekerjaan lain nya ditinggal begitu saja. Mereka merasa masa bodoh dan malah asik memanjakan diri, sehingga akhirnya mereka jadi bermalas-malasan.

4. Orang introvert kesulitan memulai pembicaraan (sulit bersosialisasi)

Orang introvert akan merasa akward dengan orang yang baru ia temui. Mereka lebih suka bergaul dengan orang yang itu-itu saja. Jika ditanya untuk berkenalan dengan orang lain, mereka akan ogah-ogahan. Apalagi berkenalan dengan lawan jenis (cowok-cewek). Pasti tambah akward dan malu-malu. Mereka menjadi canggung dalam bersosialisasi dan berubah total (keluar sifat asli) jika sudah akrab dengan orang.

5. Orang introvert akan merasa cepat lelah jika dihadapkan dengan keramaian (sosialisasi)

Jika terlalu banyak berhubungan dengan orang banyak. Orang introvert akan merasa cepat lelah dan letih. Mereka akan sesegera mungkin menyelesaikan segala sesuatu yang berhubungan dengan sosialisasi, agar mereka dapat menikmati waktu “me time” nya.

6. Orang introvert kesulitan menerima suasana baru (sulit menerima perubahan)

Orang introvert sangat menyayangi tempat atau benda dan segala sesuatu yang menjadi kesukaan nya. Ia dengan telitinya mengatur semua barang yang ada. Jika ada yang mengubah tata letak barang yang ia simpan, maka mereka akan sangat marah, dan merasa cemas. Apalagi jika ada orang asing yang memasuki wilayahnya (misalnya kamar). Mereka akan dengan tegas menolaknya. Jika mereka mendiami atau berkunjung ketempat baru, mereka akan menjadi akward dan canggung.

7. Orang introvert banyak yang egois

Karena mereka bergerak sesuai dengan apa yang ada di hati mereka. Mereka terkadang bersifat egois, sak karepe dewe. Semaunya sendiri, asal dia senang dan puas. Ya sudah, mereka akan melakukan nya, tanpa peduli dengan omongan orang dan saran orang lain.

8. Orang introvert sulit dimengerti

Ya, orang introvert kebanyakan sulit dimengerti. Segala tindakan dan tutur katanya berada diluar nalar orang pada umumnya. Mungkin karena mereka yang pendiam dan jarang mengutarakan isi hatinya (curhat), jadi segala tindak tanduknya sangat sulit dipahami. Jadinya terkesan seram dan misterius.

9. Orang introvert mudah mendendam

Hati orang introvert sangatlah rapuh. Mereka sangat suka mendendam, apabila mereka dilukai. Mungkin jika anda menyakiti teman anda yang pendiam. Di dalam benak mereka sudah ada puluhan rencana untuk membalas segala perbuatan anda. Namun kebanyakan rencananya hanya sebatas imajinasi saja, Dan tidak pernah terwujudkan. Namun jangan salah, Semua kelakuan buruk anda akan membekas diingatan mereka seumur hidup.

10. Orang introvert banyak yang suka menghayal

Banyak dari orang introvert yang pandai merencanakan sesuatu, dan banyak pula diantara mereka yang suka menghayal. Pagi, siang, malam kerjaan nya menghayal terus. Daya imajinasi mereka sangatlah kuat, tak jarang banyak anak chuunibyo yang sudah dewasa kebanyakan adalah orang introvert.

11. Orang introvert memiliki amarah yang besar

Jangan sekali-kali anda membuat teman anda yang introvert sampai marah. Karena jika sampai marah, murka mereka seperti sudah kerasukan kyuubi ekor 9. Marahnya sangat luar biasa dan menakutkan. Dibalik sifat pendiam dan kesabaran mereka, terdapat amarah yang sangat besar. Mungkin karena mereka selalu menyimpan perasaan nya. Sehingga barometer amarah mereka sudah keluar batas / jebol.

12. Orang introvert banyak yang terkena phobia dan penyakit mental

Mungkin karena kesendirian nya, dan susahnya dalam berkomunikasi dan bersosialisasi. Orang introvert banyak yang kesulitan mengendalikan emosi dan ketakutan mereka. Sehingga mereka terkadang mudah menjadi stres, depresi, dan juga mudah terkena phobia sosial. Rasa malu yang tak terkontrol malah menjadi bom waktu bagi mereka, dan malah membuatnya menjadi phobia sosial. Dan rasa kesepian yang mereka sering kali hiraukan, malah membuat mereka menjadi stres dan depresi.

13. Orang introvert Diam-diam menghanyutkan

Banyak dari orang introvert yang kelihatan nya diam. Namun menyimpan berjuta rahasia dibalik diamnya tersebut. Jika banyak orang introvert yang cerdas dan pandai, maka banyak juga orang introvert yang mesum. :v

14. Orang introvert banyak yang cuek dengan penampilan (jarang mandi)

Banyak orang introvert yang perfeksionis dan juga menjaga kebersihan nya. Namun tidak sedikit juga yang cuek dengan penampilan nya. Bahkan malah jarang sekali membersihkan lingkungan dan tubuhnya (jarang mandi). Namun, tentunya hal tersebut hanya berlaku dirumahnya, dilingkungan lain ya beda lagi ceritanya.

15. Orang introvert suka berdiam diri dikamar

Banyak dari mereka, yang jika sudah nyaman disuatu tempat. Maka akan sulit keluar dari wilayah mereka tinggal. Misalkan jika mereka menyukai menonton anime, bermain game, dan lain sebagainya. maka mereka akan senantiasa melekukan hobinya semaksimal mungkin. Tak hayal banyak wibu yang memiliki kepribadian introvert. Atau juga jika seorang introvert menyukai alam bebas mereka akan jarang pulang. Dan lebih suka tinggal di alam liar (mbolang dan bertapa), mendaki gunung lewati lembah, dan lain sebagainya.

16. Orang introvert bicaranya pedas

Orang introvert memang tidak suka basa-basi. Tapi kalau dia sudah bicara langsung to the point, dengan bahasa yang pedas dan lumayan kurang enak didengar oleh telinga. terkadang maksudnya baik, namun malah terkesan buruk karena salahnya gaya bicara / pemilihan kata. Tapi tidak semua orang introvert bicaranya pedas dan kasar (sarkas). ada juga orang introvert yang pemalu dan tidak pandai merangkai kata.

Ya begitulah sedikit banyak mengenai kekurangan dari tipe kepribadian introvert ini. Anda tidak perlu berupaya mengubah diri anda menjadi seperti orang ekstrovert. Namun cukup perbaiki saja sifat buruk yang ada di dalam diri anda. Dan jangan pedulikan segala ejekan dan cemoohan yang diutarakan dan dituduhkan kepada anda. Mungkin orang lain tidak tahu apa itu introvert, karena memang kebanyakan manusia berkepribadian ekstrovert. Jadi mereka suka menjudge orang introvert sebagai orang yang berbahaya dan penyakitan.

F. Penutup

Ya begitulah sedikit pembahasan mengenai pengertian, faktor penyebab, ciri umum, kelebihan dan kekurangan orang yang memiliki tipe kepribadian introvert. Sebenarnya semua tulisan diatas merupakan gabungan dari beberapa postingan tentang introvert yang saya tulis sebelum-sebelumnya.

Pada intinya, semua orang memiliki kekurangan dan kelebihan nya masing-masing. Semua orang memiliki kelemahan dan kekuatan nya sendiri-sendiri. Maka dari itu, jangan lah anda terlalu fokus kepada kekurangan anda. Cukup perbaiki saja kekurangan anda, dan hiduplah, lakukanlah yang terbaik. Kepribadian introvert bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu keunikan sifat, sikap dan karakter dalam tiap diri manusia. Jika semua manusia sama, terus apa yang akan terjadi di dunia ?.

Contoh tokoh atau karakter berkepribadian introvert di dunia ini. Banyak dimiliki oleh para pemimpin, pemuka agama, penulis, kreator, saintis, dan lain sebagainya. Tentunya anda juga mengenal sosok seperti mark zuckerberg dan bill gates bukan ?. Mereka berdua adalah salah satu dari sekian banyak orang yang berkepribadian introvert di dunia. Jadi, buat anda yang memiliki tipe kepribadian introvert, jangan minder dan teruslah semangat dan berusaha. Hidup itu keras tcoy, jadi biasakanlah. Semoga bermanfaat.

Pengertian, faktor penyebab, ciri umum, kelebihan dan kekurangan orang yang memiliki tipe kepribadian introvert
4/ 5
Oleh

Leave your comment