Friday, December 29, 2017

Pengertian & Perbedaan antara website dan blog beserta contohnya

Apakah pengertian blog dan website ?. Apa sih bedanya antara blog dan website ?. Apakah sama antara blog dan website ?. Buat apa sih blog dan website itu ?. Di mana letak perbedaan blog dan website ?. Sebutkan perbedaan website dan blog ?. Apakah blog dan website itu termasuk situs ?. Dan lain sebagainya. Begitulah sedikit banyak pertanyaan di benak anda ketika anda mengunjungi postingan ini. Daripada anda makin bingung, lihat saja berbagai penjelasan nya di bawah ini.

Pengertian & Perbedaan antara website dan blog beserta contohnya

A - Pengertian website dan blog

1. Pengertian Website

Website adalah suatu halaman (1 atau lebih) yang berisi informasi yang diterbitkan di internet. Halaman dalam suatu website, dapat berupa data-data berbentuk tulisan, gambar, video dan berbagai format data lain nya yang digabung dan dijadikan satu dalam sebuah page / halaman penyusun website. Halaman dalam suatu website disusun dari berbagai kode, script dan bahasa pemrogramman seperti, bahasa markup html, css, kode javascript, jquery, php, dan lain sebagainya.

2. Pengertian Blog

Blog merupakan kependekan atau singkatan dari “Web log”. Yakni, jika diartikan, web log adalah sebuah catatan web. Sebuah catatan yang diterbitkan di dunia maya atau internet. Blog, merupakan suatu website yang berisi catatan informasi, baik catatan pribadi (diary) maupun catatan jurnalistik yang di publish atau diterbitkan di internet secara berkala.

3. Pengertian situs

Tidak usah repot-repot dijelaskan. Kata site jika diterjemahkan dari bahasa inggris ke bahasa indonesia, memiliki arti “situs”.



B - Perbedaan website dan blog

Blog sebenarnya merupakan bagian dari website. Namun tidak semua website adalah blog. Karena website menyakup semua jenis halaman yang diterbitkan di internet. Sedangkan blog hanyalah sebagian kecil dari jenis berbagai website yang beredar di internet. Selengkapnya berikut perbedaan antara website dan blog.

1. Tujuan pembuatan

Website di buat dengan berbagai maksud dan tujuan tertentu. Website tidak hanya dibuat untuk menyebarkan informasi semata, website juga dibuat untuk berbagai hal yang tidak terkait dengan penyebaran informasi. Sebut saja seperti website yang dibuat untuk ..

- Service dan Jasa (misal berbagai website link generator, logo creator, converter dll)
- Forum
- Chat dan Jejaring sosial
- Periklanan
- Berbagi file (Streaming dan Download)
- Dan lain sebagainya

Sedangkan blog, merupakan situs yang ditujukan untuk membagikan informasi atau menyebarkan informasi di internet. Blog dapat berisi catatan pribadi (curhatan / diary), maupun berisi catatan jurnalistik dan berbagai catatan yang mengandung informasi lain nya. Baik informasi yang mengandung ilmu pengetahuan, maupun informasi yang ditujukan untuk hiburan semata.

2. Struktur situs

Website memiliki banyak jenis dan tipenya. Website sangat bervariasi bentuk dan tujuan pembuatan nya. Maka dari itu, anda dapat menemui berbagai jenis forum, jejaring sosial, situs download, situs streaming, situs baca (manga), situs pembuatan logo, situs pengonvert data (misal youtube to mp3), situs generate link, situs pengiklan (misal google adsense), dan lain sebagainya. Memiliki berbagai desain dan tujuan pembuatan yang berbeda-beda.

Sedangkan blog hanya berfokus pada penyebaran informasi saja. Walaupun blog memiliki banyak design dan template yang berbeda-beda. Tapi tujuan pembuatan nya hanya itu-itu saja. hanya untuk menyebarkan informasi, baik tulisan (catatan), maupun konten pendukung lain nya. Seperti ditambah gambar dan video di dalam catatan yang di update atau di terbitkan.

3. Konten situs

Website memiliki konten yang sangat bervariasi. Mulai dari teks atau tulisan, gambar, video, flash, dan lain sebagainya. Dan disusun dalam format yang berbeda-beda. Entah itu dalam bentuk blog, jejaring sosial, forum, situs berbagi file, situs berbagi informasi, situs streaming, dan lain nya.

Sedangkan blog sudah pasti hanya berfokus pada teks atau tulisan (catatan). Dengan berbagai konten pendukung seperti adanya penambahan link, gambar dan video.

4. Interaksi pengguna

Website memiliki banyak cara yang digunakan untuk berinteraksi antar pengguna dengan pembuat konten (admin, author pembuat situs). Ada yang terlebih dahulu mewajibkan user/pengguna untuk mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses berbagai fitur disitus. Misalnya seperti forum, sosmed, situs download premium, dan lain sebagainya. Ada juga yang langsung dapat diakses seperti berbagai situs jasa dan service, game browser berbasis flash, dan lain sebagainya.

Sedangkan blog hanya sebatas berinteraksi dengan komentar di setiap postingan, maupun komentar melalui berbagai widget chat dan komentar lain nya yang terpasang di blog.

C - Contoh website dan blog

Semua domain yang diterbitkan di internet, baik berupa domain tld, cctld, subdomain dan lain sebagainya, dapat disebut sebagai website. Dan blog juga termasuk kedalam website, namun hanya jenisnya saja yang berbeda. Ada jejaring sosial, forum, situs jasa, blog, situs sharing file, streaming video, online shop, email, dan lain nya. Semuanya adalah website, begitu coy.

Contoh mudahnya, “blogger.com” adalah website blog builder (pembuat blog). Dan situs anu.blogspot.com adalah sebuah blog atau dapat disebut sebagai website berjenis blog.

Contoh lain nya, facebook.com itu adalah jenis website jejaring sosial. Dan anu.wordpress.com adalah jenis website berbasis blog.

D - Kesimpulan

Dari berbagai penjelasan diatas dapat ditarik beberapa kesimpulan, dimana.

# Website memiliki banyak tipe dan jenis.
# Blog adalah salah satu jenis dari banyak website yang beredar di internet.
# Dan situs merupakan bahasa indonesia dari site. Jadi website dapat diartikan sebagai situs web.

Mudah dan simpel kan ?. Ya, begitulah kurang lebih penjelasan mengenai pengertian dan perbedaan antara website dan blog. Jika anda belum paham, coba baca segala tulisan diatas dengan perlahan dan seksama. Terima kasih. .

Pengertian & Perbedaan antara website dan blog beserta contohnya
4/ 5
Oleh

Leave your comment