Sunday, January 28, 2018

Apa itu freelancer & kerja freelance ? pengertian, cara kerja, tugas, gaji, dan contoh pekerjaan freelance baik online dan offline (di rumah)

Apa sih freelance itu ?. Freelancer itu apaan ?. Maksud kerja freelance itu yang seperti apa ?. Tugas pekerja freelance itu bagaimana ?. Cara kerja freelancer itu seperti apa ?. Siapa yang menggaji dan berapa gaji seorang freelancer ?. Apakah freelancer itu penggangguran, atau malah sejenis umbi-umbian ?. Mungkin begitulah sedikit banyak pertanyaan yang terbesit di dalam pikiran anda, ketika anda memikirkan tentang pekerjaan freelance ini.

Apa itu freelancer & kerja freelance ? pengertian, cara kerja, tugas, gaji, dan contoh pekerjaan freelance baik online dan offline (di rumah)

Nah, maka dari itu. Untuk mengatasi rasa keingintahuan anda mengenai pekerjaan freelance dan seluk beluknya. Simak saja penjelasannya di bawah ini.

- Apa itu arti / pengertian freelance dan freelancer ?

Jika dilihat dari kata bahasanya, maka freelance dan freelancer jelas berasal dari salah satu kosa kata yang ada di dalam bahasa inggris. Jika dibagi menjadi dua kata, yakni kata free dan lance. Maka kita akan mendapatkan sebuah arti yang absurd dari kata freelance ini.

Dimana jika free di dalam bahasa indonesia dapat diartikan sebagai bebas, dan lance dapat diartikan sebagai tombak. Maka Free lance, dapat diartikan sebagai tombak bebas atau juga tombak lepas :v.

Namun, tentunya bukanlah itu yang dimaksud dengan pekerjaan freelance yang sesungguhnya. Freelance jika diartikan kedalam bahasa indonesia, kurang lebih memiliki arti “Pekerja bebas, pekerja lepas, Tenaga kerja lepas, dan sejenisnya”.

Secara detailnya, freelance adalah sebuah pekerjaan yang dilakukan secara mandiri, atau bekerja sendiri, dan tidak terikat perjanjian atau kontrak yang mengikat (jangka panjang, dll) antara pekerja dan si bos yang memperkerjakan tenaga freelance tadi.

Sedangkan pengertian freelancer adalah seseorang yang mengerjakan pekerjaan freelance tadi. Secara singkatnya, orang yang bekerja lepas atau menjadi tenaga kerja lepas, itulah yang disebut sebagai seorang freelancer.



- Cara kerja freelancer

Seorang freelancer adalah orang yang menyukai kebebasan. Setiap tugas pekerjaan yang dilakukan nya, memiliki banyak kebebasan di dalamnya. Mereka tidak terikat dengan kontrak perusahaan yang mengikat, perjanjian yang ketat, maupun berbagai aturan yang dirasa ribet dan mengekang kebebasan pekerja freelance tadi.

Mereka para freelancer, menerima berbagai tugas yang dikerjakan dalam waktu dan kesepakatan yang telah disepakati oleh semua pihak. Asalkan pekerjaan selesai dengan baik dan tepat, maka, apapun prosedur dan caranya. Asal benar dan sesuai standar yang ditetapkan oleh majikan (bos) tadi, maka pekerjaan seorang freelancer tadi sudah selesai. Dan uang atau gaji pun siap didapat, tentunya sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya.

Pada intinya, berikut tata urutan kerja seorang freelancer :

1. Pekerjaa freelance menawarkan jasa atau juga ada orang yang mencari jasa seorang freelancer.

2. Kedua belah pihak saling berdiskusi dan membuat kesepakatan kerja. Misalnya seperti membahas apa yang dikerjakan, tugas yang dikerjakan, faktor resiko, gaji dan waktu pengerjaan.

3. Seorang freelancer mengerjakan tugas yang dibebankan kepadanya.

4. Tugas selesai, langsung gajian.


- Tugas seorang freelancer

Pekerjaan freelance, banyak sekali jenisnya. Baik di dunia nyata maupun di dunia maya, ada saja berbagai lapangan pekerjaan freelance ini. Jadi tugas seorang freelancer sangatlah bervariasi. Sesuai dengan keahlian dan kesepakatan kerja yang telah mereka sepakati.

- Gaji seorang freelancer

Untuk masalah gaji, saya sendiri kurang tahu. Tentunya seorang pemula pasti memiliki gaji yang lebih rendah daripada para freelancer yang sudah ahli dibidang kerja yang digelutinya. Pokoknya, jika anda memutuskan untuk menjadi seorang freelancer, anda sedikit banyak harus bersosialisasi dengan pekerja freelance lainnya. Anda dapat berdiskusi dengan mereka, berdiskusi mengenai pengalaman, gaji pembayaran, suka duka, tips dan trik, dan lain sebagainya. Agar semua pekerjaan yang anda lakukan nantinya dapat berjalan dengan lancar.

- Contoh pekerjaan freelance

Contoh pekerjaan freelance misalnya seperti guru les, fotografer, designer, web designer, pembuat logo, programmer, web developer, penulis artikel, pembuat ilustrasi, pembuat konten kreatif, dan masih banyak yang lain nya. Asalkan pekerjaan tersebut tidak terikat suatu kontrak jangka panjang yang merepotkan, maka itulah yang disebut sebagai seorang freelancer.

Contoh mudah lainnya misalkan seperti jasa pembuatan template blog, jasa edit foto dan video, jasa menulis artikel mandiri maupun artikel di situs tertentu. Dan lain sebagainya, jika anda seorang penjual pulsa online, maka anda juga dapat disebut sebagai seorang freelancer juga.

- Penutup

Ya begitulah, sedikit banyak penjelasan mengenai seorang pekerja freelance / freelancer. Ada kalanya seorang pekerja freelance mengganggur, disaat itulah ia disebut sebagai seorang penggangguran. Ada juga para pekerja freelance yang multi talenta sehingga gonta-ganti pekerjaan terus-menerus, sehingga banyak yang menyebut mereka sebagai pekerja serabutan. Ada juga yang menyebut pekerjaan freelance sebagai pekerjaan paruh waktu, dan masih banyak yang lainnya. Intinya semua tergantung dari sudut pandang berbagai individu manusia. (Baca juga : Sisi positif dan negatif bekerja freelance - keuntungan & kerugian freelance)

Apa itu freelancer & kerja freelance ? pengertian, cara kerja, tugas, gaji, dan contoh pekerjaan freelance baik online dan offline (di rumah)
4/ 5
Oleh

9 comments

July 15, 2018 at 7:55 AM delete

Yoi, thanks juga dah comment. 😊

Reply
avatar
August 20, 2018 at 12:19 AM delete

Kayaknya saya cocok jadi freelancer aja, walaupun sekarang punya gaji yg lumayan tapi buat gk betah, kerja di kantor itu membosankan.

Reply
avatar
August 20, 2018 at 5:43 AM delete

Butuh kesiapan & strategi yang matang buat jadi seorang freelancer gan. Jadi pikir lagi baik-baik. Semuanya memiliki sisi positif dan negatif.

Reply
avatar
October 6, 2018 at 7:28 PM delete

Klo sisi negatif ma positif x kerja freelance apa gan

Reply
avatar
October 7, 2018 at 10:53 AM delete

Wah belum ane post gan. Tapi lebih mudahnya sih.

Sisi positifnya, lebih bebas, punya banyak waktu luang. Tidak terlalu ketat aturan, dll.

Sisi negatifnya, ya palingan cuma binhung cari orderan. Kalau dah pro beda lagi ceritanya, pasti banyak klien yang datang sendiri.

Reply
avatar
October 30, 2018 at 6:35 PM delete

Gaji nya berarti di hitung harian?

Reply
avatar
October 31, 2018 at 6:28 AM delete

Tergantung kesepakatan gan. Intinya ya tergantung jenis kerjaan & orderan. Da yang digaji perjam, perhari, n da juga yang harus selesai kerjaannya dulu baru dibayar.

Reply
avatar

Leave your comment