Saturday, January 13, 2018

Apa itu nego ? arti, singkatan, kepanjangan, contoh nego dalam jual beli

Mungkin anda pernah melihat istilah nego dan dinego di berbagai media sosial, forum jual beli, maupun di berbagai toko online atau online shop yang tersebar di dunia maya (internet). Tidak hanya di dunia maya saja, Di dunia nyata juga banyak orang yang menggunakan istilah nego di dalam transaksi pembelian suatu barang maupun jasa. Nah, sebenarnya nego itu apa sih ?. Kepanjangan nego itu apa ?. Singkatan dari nego itu apa ?. berikut penjelasan nya.

Apa itu nego ? arti, singkatan, kepanjangan nego dalam jual beli

- Kepanjangan dari istilah kata nego

Nego merupakan kependekan dari kata “Negosiasi”. Negosiasi jika di dalam bahasa inggris maka dapat disebut juga sebagai “Negotiation”.

- Arti Negosiasi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Negosiasi menurut KBBI memiliki makna “Proses tawar-menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak dengan pihak yang lain (Baik itu berupa pihak individu atau perorangan, dan juga kelompok atau organisasi)”.

Negosiasi juga memiliki makna “Penyelesaian sengketa secara damai melalui jalan perundingan antara pihak yang saling bersengketa”

- Arti nego di dalam jual beli

Seperti yang tersebut diatas, Nego merupakan singkatan dari kata “Negosiasi”. Jadi arti kata Nego di dalam proses jual beli atau perdagangan. Kurang lebih memiliki makna atau pengertian yang sama dengan arti dari kata negosiasi yang ada di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).




Dengan demikian, nego adalah suatu proses tawar-menawar di dalam proses jual beli. Diantara pihak yang satu dengan pihak yang lain nya. Sampai terwujudnya suatu kesepakatan bersama diantara pihak penjual dan pihak pembeli.

- Contoh Nego

Misalnya jika anda membeli barang atau jasa secara online. Baik itu langsung bernego secara empat mata dengan penjualnya, maupun melalui berbagai toko online yang ada di internet. Seperti di bukalapak, tokopedia, bhineka, lazada, dan lain sebagainya. Apabila anda menanyakan tarif harga dari suatu barang atau jasa. Dan ada proses tawar-menawar di dalamnya, maka itulah yang di sebut sebagai Nego / Negosiasi.

Contoh mudahnya :

# Pembeli : Gan, ni hp android bisa di nego ngak ?
# Penjual : Aduh sis, dah fix nih harganya. Kalau diturunin jadi rugi ane. Kalau ente ngasih lebih sih ane ngak nolak sis. Heheheh . . .
# Pembeli : Ah, si agan ini. please dah, turunin 100 k aja gimana ?. nanti ane kasih nope ane :)
# Penjual : Ah, yang beneran ni sis ?
# Pembeli : Beneran lah gan :*
# Penjual : Btw sis, saya sudah punya istri. Jadi trik ente ngak ngaruh ama ane #cool
# Pembeli : Holee sheeeet . .

- Penutup

Ya begitulah sedikit banyak penjelasan mengenai pengertian dari istilah kata nego di dalam jual beli, beserta dengan contoh dan serba-serbinya. Semoga bermanfaat ..

Apa itu nego ? arti, singkatan, kepanjangan, contoh nego dalam jual beli
4/ 5
Oleh

Leave your comment