Sunday, January 28, 2018

Apa itu typo ? arti, pengertian dan contoh dari kata typo

Mungkin sudah banyak orang yang tahu mengenai arti dari kata typo ini. Apalagi bagi para netizen dan keyboard warrior yang sering kali aktif di dumay / internet. Pasti mereka sudah tidak asing lagi dengan kata typo yang satu ini.

Jadi, tahukah anda mengenai kata typo ?. Apakah anda tahu kalau sebenarnya typo masih sejenis dengan umbi-umbian ?. :v Cuma sekedar bercanda gan, tentunya typo bukanlah termasuk kedalam salah satu jenis umbi-umbian. Selengkapnya mengenai pengertian dari kata typo ada di bawah ini.

Apa itu typo ? arti, pengertian dan contoh dari typo

- Apa itu typo ?

Typo merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa inggris. Jadi anda tidak perlu repot-repot mencarinya di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), karena sudah pasti tidak ada.

Typo merupakan singkatan atau kependekan dari “a Typographical error” atau juga jika diartikan kedalam bahasa indonesia maka memiliki makna “Kesalahan Tipografi”.

Tipografi sendiri merupakan suatu istilah yang diperuntukkan untuk menyebut suatu ilmu atau seni mengenai pemilihan, penataan dan peletakkan suatu huruf.

Jadi dari semua penjelasan yang tersebut diatas, kata typo dapat juga diartikan sebagai “Kesalahan penulisan” atau lebih mudahnya yaitu “Salah ketik”.



Lebih jelasnya, semua teks yang ditulis, baik itu di dunia nyata seperti di media cetak (koran, majalah, tabloid, dll), dan di dunia maya seperti di sosial media (facebook, instagram, twitter, dll), pesan chat (bbm, whatsapp, dll), blog, forum dan lain sebagainya. Sehingga membuat kata yang ditulis tadi memiliki arti yang berbeda dari kata yang sesungguhnya. Maka itulah yang disebut sebagai Typo.

- Contoh typo

Berikut sedikit banyak contoh dari kesalahan penulisan kata, salah ketik kata, sehingga menimbulkan kata typo yang memiliki arti yang berbeda dari kata aslinya :

1. Submit != Sumbit
2. Terserah != Teresah
3. Ketika != Ketiak
4. Mencari tahu != Mencari tahi
5. Kenyal != Kental
6. Lanjut = Kancut
7. Dan lain sebagainya

- Typo di dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Kata “Typo” di KBBI sama sekali tidak ada, yang ada hanyalah sebuah istilah kata yang berbunyi “saltik”. Sedangkan kepanjangan dari kata saltik adalah “salah tik” atau “salah ketik”. Jadi Saltik merupakan bahasa indonesia dari kata Typo di dalam bahasa inggris.

- Penutup

Ya begitulah gan, sedikit banyak penjelasan mengenai arti dan contoh dari kata typo ini. Memang karena tata letak tombol qwerty yang kelihatannya berantakan. Jadi seringkali menyebabkan banyak orang menjadi typo atau salah ketik. Penyebabnya bervariasi, entah karena terlalu cepat dalam mengetik, terlalu tergesa-gesa, dan lain sebagainya. Typo, tipo, tip . . . ya begitulah, sungguh menyebalkan.

Apa itu typo ? arti, pengertian dan contoh dari kata typo
4/ 5
Oleh

Leave your comment