Thursday, January 4, 2018

Apa itu VRMMORPG ?, Game online berbasis Virtual reality di masa depan

Semakin berjalan nya waktu dan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, semakin canggih pula teknologi yang manusia ciptakan. Termasuk didalamnya yakni teknologi tentang game. Dari waktu kewaktu, dari tahun ke tahun video game semakin canggih dan berkembang.

Apa itu VRMMORPG ?, Game online berbasis Virtual reality di masa depan

Dahulu yang hanya game pong, game 2d 8bit yang sederhana, namun kini sudah banyak game 3d HD yang mulai bertebaran. Dari yang gratisan sampai yang berbayar, di semua device dan gadget. Mulai dari PC dekstop sampai mobile (android, iphone) ada saja game-game baru yang dirilis dengan teknologi yang canggih dan dengan gameplay dan graphic yang luar biasa keren.

Nah, di dekade ini. Teknologi VR semakin berkembang pesat. Tidak seperti di jaman dahulu yang hanya digunakan sebagai sarana penelitian semata. Kini, VR sudah merambah kedunia game. Apalagi semenjak munculnya berbagai novel, film dan anime yang membahas seputar game berbasis Virtual Reality. Tentunya teknologi VR semakin dipercepat penelitian nya, untuk selanjutnya dapat digunakan sebagai alat pendukung untuk bermain video game dengan sensasi graphic yang lebih nyata.

- Apa itu VR ?

VR merupakan singkatan atau kependekan dari “Virtual reality”. Teknologi ini sudah dikembangkan sejak puluhan tahun yang lalu. Pada intinya VR adalah sebuah perangkat headset yang digunakan untuk mensimulasikan suatu graphic, gambar, suara, game, video dan semacamnya. Dengan bantuan dari perangkat komputer dan berbagai sensor serta alat proyeksi lain nya. Untuk mendapatkan sensasi atau stimulasi yang mendekati kenyataan. Sehingga seorang yang sedang memakai VR ikut langsung merasakan apa-apa yang dilihat dan sedang dimainkan nya.



Dengan teknologi VR ini, seseorang serasa dapat langsung menjadi karakter di dalam sebuah game. Bukan hanya menjadi seorang player saja, namun langsung ikut berinteraksi di dalam sebuah permainan dengan pandangan yang disimulasikan melalui perangkat VR dan serba-serbinya (controller).

- Game yang memakai teknologi Virtual reality

Jika di anime ada Sword art online, di novel-novel juga banyak sekali yang memakai tema game VRMMORPG. Maka di dunia ini juga sudah banyak game berbasis VR yang dikembangkan. Mulai dari game konsol seperti playstation, sampai game mobile seperti android pun ada yang sudah dapat dimainkan dengan bantuan perangkat VR.

Kirito Swoed art online

Kirito sword art online

Perangkat VR di dunia ini banyak sekali yang sudah dikembangkan untuk tujuan sebagai perangkat khusus untuk bermain game. Sebut saja seperti playstation VR, Oculus rift, HTC vive , dan VR lowcost khusus hp android dari google, yakni google cardboard.

Nah, sedangkan contoh game VR yang dapat dimainkan adalah seperti game Doom VFR, Batman arkham VR, Dead secret, Fruit ninja VR, Gran turismo sport, Hatsune miku: project diva x, dan masih banyak yang lain nya.

- VRMMORPG

Bukan tidak mungkin dimasa depan nanti akan ada banyak game online yang memakai teknologi VR ini. Karena di steam saja sudah banyak game berbasis VR yang diperjual belikan. Mungkin game VRMMORPG (Virtual Reality Massively Multiplayer Online Role Playing Game) nantinya akan menjadi pengganti bagi game-game mmo online yang terkenal di masa ini. Sebut saja seperti berbagai jenis game MOBA, game MMORPG, dan berbagai game online yang lainnya.

Ya begitulah sedikit banyak info mengenai game berbasis VR. Semoga saja kita diberikan rejeki dan umur panjang, agar kita juga dapat menikmati kecanggihan ngegame dengan teknologi VR ini. semoga bermanfaat . .

Apa itu VRMMORPG ?, Game online berbasis Virtual reality di masa depan
4/ 5
Oleh

Leave your comment