Saturday, January 27, 2018

Apa sih arti gabut itu ? pengertian kata gabut dalam bahasa gaul di media sosial / dunia maya / internet

Apa sih gabut itu ? gabut itu artinya apaan ?. Kok akhir-akhir ini banyak netizen di dunia maya yang sering kali membuat atau mengupdate status yang ada kata gabutnya ?. Entah itu di situs jejaring sosial (medsos) seperti di facebook, instagram dan twitter. Di berbagai grup dan forum, serta di berbagai situs dan app chat (wa/whatsapp dkk), dan lain sebagainya. Banyak para pemuda-pemudi dan anak alay yang menyebutkan atau menuliskan kata gabut ini.

Apa sih arti gabut itu ? pengertian kata gabut dalam bahasa gaul di media sosial / dunia maya / internet

Nah, sebenarnya arti kata gabut di dalam bahasa gaul itu apa sih ?. Langsung saja, Dari pada anda semakin penasaran dengan kata gabut ini. Berikut penjelasannya.

- Apa itu gabut ?

Sebenarnya kata gabut ini bukanlah kata baru di dalam bahasa gaul. Di tahun-tahun sebelumnya juga ada kata gabut ini, namun kepopulerannya kalah dengan bahasa gaul yang lain. Sehingga hilang begitu saja tertelan masa. Nah, diakhir-akhir ini muncul kembali istilah kata gabut yang artinya berbeda dengan kata gabut di jaman dulu.

Kata Gabut di jaman old, merupakan sebuah singkatan atau kependekan dari kata “Gaji buta”. Nah, jadi bagi seorang karyawan yang kerjanya nyantai, tapi tetep saja di gaji dan tidak dipecat. Maka orang tersebut bisa dikatakan memakan gaji buta / gabut.

- Kepanjangan kata gabut

Gabut di dewasa ini sebenarnya memiliki banyak arti yang berbeda dari satu kata gabut dengan kata gabut yang lainnya. Intinya arti dari kata gabut tergantung dari penggunaan kata dan kondisi orang yang mengutarakan kata gabut tersebut. Nah, beberapa singkatan dibawah ini merupakan arti dari kata gabut yang sudah umum beredar luas di dumay / internet.

1. Gabut = Gaji Buta

Seperti yang sudah tersebut diatas. Kata gabut dapat juga diartikan sebagai gaji buta. Misalnya saja ada orang yang berprofesi sebagai pekerja / karyawan, ia kerjanya malas-malasan, namun tidak ketahuan dan tetap digaji setiap bulannya. Maka orang tersebut bisa dikatakan memakan gaji buta. Contoh kasusnya misal seperti dibawah ini.

Sinta : Rin enak banget lu ye, kerjanya nyantai tapi gajian lancar, jadi ngiri ane.
Rini : Hehehe… bisa aja lu sin, maklum lah rejeki anak soleh. Eh soleha.
Sinta : Dih, gabut banget deh, ngak takut apa ketahuan ama si anu.



2. Gabut = Galau BeUT / galau banget

Nah kata gabut yang satu ini kebanyakan yang dimaksud oleh anak-anak alay di sosial media / sosmed. Mereka membuat status yang didalamnya terdapat kata gabut. Dengan maksud mereka sedang dilanda kegalauan, sedih, gundah gulana dan sebagainya. Misalnya ada orang yang membuat status seperti ini “Duh, gabut banget gue hari ini, mau ngapa-ngapain ngak enak, oh Tuhan cobaan apa lagi ini”.

Nah, dari pengertian diatas, dimana gabut = galau beut. Dapat juga diartikan sebagai seseorang yang sedang malas, boring, ngak enak mau ngapa-ngapain, bosan dan lain sebagainya. Pada intinya memang begitu sih gejala dari galau :v . .

3. Gabut = belaGa BUTa

Orang-orang yang menuliskan komentar atau status di sosial media. Jika diiringi dengan kata yang bernadakan memojokkan atau menyalahkan seseorang. Misalnya, “Eh lo din, ngak peka amat sih ama perasaan gue, gabut banget si lo, jadi sedih ane” #nangid emoticon. Ya kurang lebih seperti demikian, maka bisa ditebak, gabut yang dimaksud adalah “Belaga Buta”.

Belaga Buta jika di dalam bahasa indonesia yang baik dan benar. Dapat juga diartikan sebagai pura-pura tidak tahu atau pura-pura tidak melihat.

4. Gabut = GAjelas BeUT / nGak jelas banget

Nah, kata gabut yang satu ini seringkali ditujukan kepada orang-orang yang ngak jelas di dalam menuliskan status, cerita, berbicara, tingkah laku dan lain sebagainya. Intinya ngak jelas lah, sehingga di dalam berkomentar orang seringkali menjudge seseorang itu sedang gabut. Contoh komentarnya “Ngemeng apa si lu, gabut banget deh . .”.

5. Gabut = GAk BUtuh

Ada juga yang mengartikan kata gabut sebagai “ngak butuh”. Misalnya saja di dalam suatu status atau komentar. “Apaan sih, gue dah enek ama lo. Gue gabut ama loh. Pergi sono, kita putus . .”

- Kesimpulan dan penutup

Ya dari semua penjelasan yang tersebut diatas. Pada intinya gabut memiliki banyak arti atau pengertian yang berbeda-beda. Seiring berjalan nya waktu, mungkin dimasa yang akan datang juga ada lagi arti yang berbeda dari kata gabut ini. Namun pada intinya, arti kata gabut itu, ya seperti yang tersebut diatas.

Apa sih arti gabut itu ? pengertian kata gabut dalam bahasa gaul di media sosial / dunia maya / internet
4/ 5
Oleh

2 comments

April 3, 2018 at 6:45 PM delete

EH MIN NANGID APA GAK ALAY TUH . CAPSLOCKJEBOL-,-

Reply
avatar

Leave your comment