Tuesday, January 9, 2018

Cara cepat mengatasi komputer dan laptop yang lemot, ngelag dan not responding di saat bermain game dan browsing di internet

Komputer, laptop, dan notebook seringkali mengalami banyak masalah. Diantaranya seperti beratnya kinerja cpu komputer yang mengakibatkan laptop / komputer menjadi lemot, lelet, ngelag, hang, lambat dan berbagai aplikasi yang dibuka menjadi not responding. Hal tersebut tentunya dapat diakibatkan atau disebabkan oleh berbagai hal. Selengkapnya anda dapat membacanya di postingan yang ini (Penyebab komputer dan laptop menjadi lemot, ngelag, lelet dan not responding di saat membuka aplikasi, bermain game dan browsing di internet (windows 7 8 10 etc)).

Cara cepat mengatasi komputer dan laptop yang lemot, ngelag dan not responding di saat bermain game dan browsing di internet

Berbagai masalah tersebut biasanya sering terjadi pada komputer dan laptop yang Berbasis atau ber OS windows. Entah itu windows 7,8,10 dan lain sebagainya. Pasti sedikit banyak akan mengalami yang namanya error, lemot, ngelag dan juga not responding. Apalagi jika hardware komputer dan laptop anda sudah tua, usang, jadul dan low end. Pasti komputer / laptop anda akan semakin sering menjadi lemot. Karena memang, berbagai aplikasi dan OS terbaru dimasa kini banyak memakan kinerja CPU dan Ram. Sehingga komputer jadulpun akan semakin tertinggal dan semakin menjadi lemot jika terus di paksakan untuk memakai OS dan aplikasi terbaru.

Nah, Untuk mengatasi dan memperbaiki komputer atau laptop yang lemot, lelet, ngelag dan berat di saat sedang membuka aplikasi. Seperti disaat sedang bermain game dan browsing di internet. Maka ikuti saja cara dibawah ini.

- Scan komputer / laptop dengan antivirus terupdate

Komputer dan laptop yang sering lemot dan ngelag. Indikator pemakaian cpu selalu saja di angka 100% di setiap saat. Walaupun sudah melewati menit-menit awal setelah booting windows. Maka patut dicurigai, komputer atau laptop anda sudah terjangkiti atau sudah terinfeksi oleh virus. Khususnya seperti malware, spyware, trojan dan lain sebagainya. Yang diam-diam memakan kinerja cpu dan ram komputer anda.

Maka dari itu, segera scan komputer anda dengan antivirus yang terpercaya, terupdate dan banyak mendapatkan review positif dikalangan para pengguna antivirus lain nya. Agar komputer anda menjadi lebih baik dan lebih cepat seperti sedia kala.

- Jangan memakai lebih dari 1 antivirus

Setiap saat antivirus yang terinstal di komputer anda. Selalu saja memonitor kinerja aplikasi atau software dan berbagai proses yang dijalankan di komputer anda. Jika ada lebih dari 1 antivirus di komputer atau laptop anda. Maka hal tersebut dapat menyebabkan komputer menjadi lemot dan ngelag. Hal tersebut disebabkan karena banyak kinerja cpu dan ram yang termakan oleh banyak antivirus yang aktif di komputer / laptop anda secara bersamaan.

- Bersihkan sampah di komputer anda

Download software pembersih file sampah di windows. Seperti software ccleaner, jet cleaner dan lain sebagainya. agar kinerja dan performa komputer anda semakin maksimal. Jika tidak dibersihkan, maka setiap hari akan ada banyak file sampah yang terakumulasi di komputer anda. Sehingga nantinya lama-kelamaan banyak registry, shortcut, cache, dan berbagai file sampah lain nya yang memenuhi hard disk anda. Pada akhirnya nantinya komputer dan laptop anda menjadi penuh sampah, dan akan menjadi lemot.

- Defragment hard disk

Dengan mendefragment hardisk. Anda dapat menstabilkan kinerja dan performa hardisk anda. Sehingga nantinya prosesing data dari hardisk ke cpu menjadi lebih stabil dan cepat. Cara mendefrag hardisk cukup mudah. Cukup menuju my computer, lalu klik kanan pada salah satu partisi hardisk (misal drive c). Kemudian klik properties dan pilih tools lalu klik defragment now. Pilih salah satu drive kemudian mulai mendefragment.

1. My computer
2. Klik kanan drice C
3. Klik properties
4. Pilih / klik tools
5. Klik Defragment now…
6. Pilih drive yang mau di defrag
7. Kemudian klik analyze disk
8. Jika ada lebih dari 0% fragment, kemudian langsung saja
9. Klik defragment disk

- Jangan membuka banyak aplikasi dan game terlalu banyak secara bersamaan

Jika komputer dan laptop anda memiliki spek yang rendah. Maka jangan membuka atau menginstal berbagai game dan software yang berat-berat. Serta jangan memulai banyak aplikasi secara bersamaan. Hal ini dapat menyebabkan kinerja cpu, gpu, dan ram komputer anda menjadi semakin berat. Sehingga menyebabkan komputer atau laptop anda menjadi semakin lemot.

Hal ini juga berlaku pada browser yang anda miliki. Semakin banyak tab pada browser yang anda buka. Maka semakin banyak pula kinerja cpu dan ram yang termakan oleh browser anda. Sehingga browser anda dapat membuat kinerja pc / komputer menjadi berat. Hal tersebut lah yang menyebabkan komputer dan laptop anda menjadi lemot ketika digunakan untuk browsing.

- Pasang alat pendingin pada komputer atau laptop anda

Jika komputer atau laptop menjadi overheat. Maka kinerja cpu aka menjadi semakin berat. Sehingga nantinya komputer akan menjadi lemot bahkan malah akan mati sendiri / shutdown / restart. Hal tersebut dikarenakan cpu kepanasan dan tidak kuat menahan beban prosesing data yang dijalankan. Maka dari itu, jika anda suka berlama-lama di depan komputer atau laptop. Jangan lupa pasang perangkat cooler pada komputer atau laptop anda.

- Kesimpulan dan Penutup

Ya begitula sedikit banyak cara untuk mengatasi dan memperbaiki komputer atau laptop anda yang sering menjadi lemot dan ngelag. Apalagi aplikasi yang anda buka seringkali mengalami not responding. Pada intinya untuk mencegah komputer menjadi lemot dan ngelag, yang anda lakukan cukup dengan.

1. Upgrade hardware komputer / laptop anda (Tambah kapasitas ram, vga, cpu, dll)
2. Gunakan OS yang ringan (misal, windows 7)
3. Jangan menginstall software atau game yang diluar jangkauan hardware anda (misal: antivirus, aplikasi editing, game berat)
4. Jangan membuka banyak aplikasi secara bersamaan
5. Matikan berbagai update software secara online yang ada di komputer anda
6. Perbarui antivirus anda
7. Jangan menggunakan lebih dari 1 antivirus
8. Rutin scan Komputer / laptop anda
9. Bersihkan file sampah
10. Defragment hardisk
11. Pasang cooler atau pendingin pada komputer / laptop anda

Cara cepat mengatasi komputer dan laptop yang lemot, ngelag dan not responding di saat bermain game dan browsing di internet
4/ 5
Oleh

Leave your comment